Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Sehat

Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Sehat

Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Sehat – Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan. Tidur adalah sebuah bentuk istirahat yang paripurna.

Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, Tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi segar sehingga siap menghadapi tantangan di hari itu. Namun, terkadang muncul berbagai faktor yang menyebabkan waktu istirahat tersebut jadi terganggu.

Ketika ini terjadi dan kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, badan akan terasa tidak nyaman dan suasana hati menjadi kacau. Nah, supaya kamu tidak mengalami hari yang buruk karenanya, yuk, simak tips untuk meningkatkan kualitas tidur di bawah ini!

1. Buat jadwal tidur yang rutin
6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Terbukti Efektif

Kualitas tidur yang buruk salah satunya bisa disebabkan oleh jadwal tidur yang tidak teratur. Agar kamu terhindar darinya, mulai sekarang, cobalah untuk mengatur waktu tersebut.

Tetapkan jadwal jam berapa kamu harus tidur dan bangun setiap harinya. Usahakan disiplin menaati waktu yang telah ditetapkan. Perlahan, tubuhmu akan terbiasa dan kualitas tidur semakin meningkat.

2. Matikan lampu kamar tidur
6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Terbukti Efektif

Dilansir Sleep Foundation, saat hendak tidur, tubuh bersiap untuk merilis melatonin, yaitu turunan hormon serotonin yang berfungsi untuk memicu rasa kantuk. Produksi hormon tersebut bisa terhambat karena adanya paparan cahaya.

Nah, pastikan sebelum tidur, kondisikan ruangan menjadi gelap. Matikan lampu utama juga lampu tidur. Jika produksi melatonin lancar, maka tidur akan jadi lebih berkualitas.

3. Matikan gawai
6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Terbukti Efektif

Sleep Foundation melansir, gawai memancarkan sinar biru yang menghambat produksi melatonin dan mengurangi rasa kantuk. Hal ini juga mengganggu dua tahapan awal menjelang tidur yaitu fase slow-wave dan rapid-eye movement (REM).

Karena dapat menurunkan kualitas tidur, usahakan untuk tidak menggunakan gawai sebelum tidur. Matikan semua barang elektronikmu dan letakkan jauh dari jangkauan agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya.

4. Lakukan kebiasaan relaksasi sebelum tidur
6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Terbukti Efektif

Supaya tidur semakin berkualitas, kamu bisa melakukan relaksasi secara rutin setiap 30 menit menjelang waktu tidur. Membaca buku, menarik napas dalam, atau peregangan ringan akan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Menurut laporan dari Very Well Mind, rutinitas tersebut akan memberi sinyal ke otak bahwa waktu tidur akan segera tiba. Begitu selesai melakukan aktivitas ringan itu, tubuh pun siap untuk beristirahat. Dengan begitu, kamu akan memperoleh tidur yang berkualitas.

5. Hindari mengonsumsi makanan berlemak di sore hari
6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Terbukti Efektif

Mengonsumsi makanan berat, apalagi berlemak sebagai menu makan malam ternyata dapat menurunkan kualitas tidur. Dilansir Very Well Mind, makanan berlemak dapat mengganggu kerja sistem pencernaan yang berdampak pada pengaturan waktu tidur.

Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Mereka lebih ramah bagi pencernaan. Semakin mudah makanan untuk dicerna, semakin baik kualitas tidur yang akan didapat.

Jangan lupa pula untuk memberikan jeda waktu 2–3 jam antara waktu makan dan tidur. Dengan begitu, kamu terhindar dari heartburn dan insomnia.

6. Jangan bekerja di dalam kamar
6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Terbukti Efektif

Kamar tidur harusnya identik dengan ruangan untuk beristirahat. Jika kamar tidur juga difungsikan sebagai ruang kerja, otak tidak lagi mengasosiasikan kamar tidur sebagai ruang untuk tidur. Akibatnya, waktu istirahatmu pun jadi terganggu, seperti dilansir Very Well Mind.

Oleh karena itu, berusahalah untuk bekerja di ruang kerja khusus. Pergilah ke kamar hanya jika kamu ingin tidur. Dengan begitu, tubuh akan lebih rileks sehingga kamu bisa cepat terlelap.