Tips Mengobati Infeksi Telinga Pada Bayi Tanpa Antibiotik

Tips Mengobati Infeksi Telinga Pada Bayi Tanpa Antibiotik

Tips Mengobati Infeksi Telinga Pada Bayi Tanpa Antibiotik – Infeksi telinga terjadi ketika saluran eustachius (tuba eustachius) tersumbat atau meradang, yang menyebabkan terbentuknya cairan di telinga bagian tengah. Infeksi telinga tidak hanya terjadi pada orang dewasa, faktanya masalah ini juga sering dialami oleh bayi, terutama mereka yang masih di bawah usia 3 tahun.

Tuba eustachius adalah sebuah saluran kecil yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan tenggorokan bagian belakang. Tentu hal ini akan membuat kita bingung, karena infeksi telinga bisa memunculkan berbagai keluhan dari demam hingga masalah pada tidur mereka. Bayi akan cenderung lebih rewel dari biasanya saat mengalaminya.

Hal ini membuat kita lebih sulit untuk mengobati jika terjadi infeksi yang sama di masa yang akan datang. Demi menghindari hal buruk itu terjadi suatu saat, kita bisa melakukan pengobatan rumahan berikut yang dilansir Healthline dan sumber lainnya. Baca lebih lanjut, yuk!

1. Cermati dulu gejalanya
7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

Sebelum kita memberi tindakan untuk meredakan sakit akibat infeksi telinga yang dialami bayi, kita harus memastikan jika telinga mereka memang mengalami infeksi. Dilansir Healthline ada beberapa gejala bayi sedang mengalami infeksi telinga, perhatikan gejala berikut:

  • Emosi tidak stabil
  • Menarik atau memukul telinga (jika tidak diikuti gejala lain, gejala ini tidak dapat dipastikan)
  • Kehilangan selera makan
  • Tidur terganggu
  • Demam
  • Keluar cairan dari telinga bayi

Beberapa gejala di atas merupakan gejala umum yang biasa ditunjukkan oleh bayi saat mengalami infeksi telinga. Namun pastikan terlebih dahulu sebelum memberi tindakan untuk meredakan sakitnya ya, kamu juga tidak perlu terburu-buru menggunakan antibiotik.

2. Gunakan kompres hangat
7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

Coba letakkan kompres hangat dan lembap di telinga si Kecil selama sekitar 10 hingga 15 menit. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit. Kompres hangat memang terkenal efektif untuk meredakan rasa sakit, selain itu rasa hangat yang dihasilkan selalu sukses membuat siapa pun jadi jauh lebih tenang.

Daripada terburu-buru memberi antibiotik untuk menangani infeksi pada telinganya, akan jauh lebih baik jika kita mencoba penanganan sederhana seperti ini. Dilansir Medical News Today, dokter biasanya menyarankan pengasuh atau orangtua untuk mengawasi anak selama 2 hingga 3 hari untuk memberi sistem kekebalan bayi kesempatan melawan infeksi tanpa perlu antibiotik.

3. Coba beri parasetamol setelah konsultasi dengan dokter
7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

Infeksi pada telinga tidak hanya menyebabkan rasa nyeri, tapi juga menimbulkan gejala lain, salah satu gejala yang kerap terjadi adalah demam. Oleh karena itu, jika bayi berusia di atas 6 bulan, kamu bisa memberi mereka acetaminophen (Tylenol). Obat ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan demam yang bayi rasakan.

Akan tetapi, jangan asal memberikan obat kepada bayi. Sebelum itu, pastikan kamu konsultasi dengan dokter dan ikuti anjuran dosis sesuai yang tertera pada kemasan obat. Healthline melansir bahwa penggunaan obat akan lebih efektif jika pemberian dosis dilakukan sebelum tidur.

4. Teteskan minyak hangat di telinga
7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan meneteskan minyak zaitun atau minyak wijen hangat pada telinga anak. Namun, cara ini bisa kamu lakukan jika telinga bayi tidak mengeluarkan cairan dan kamu tidak mengindikasi adanya pecah pada gendang telinga.

Mengutip Medical News Today, minyak membantu melunakkan kotoran telinga, membuatnya lebih mudah untuk keluar dari saluran telinga. Selain itu, sebagian orang menyarankan, dengan memberi beberapa tetes minyak zaitun hangat ke telinga seseorang dengan infeksi telinga dapat membuatnya lebih tenang.

5. Pastikan bayi terhidrasi
7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

Untuk mengatasi infeksi telinga pada bayi, kamu disarankan untuk lebih sering memberi mereka asupan cairan agar tetap terhidrasi. Dengan seringnya menawarkan minuman pada anak akan membuat mereka lebih sering menelan.

Upaya ini dapat membantu membuka tuba eustachius sehingga cairan yang terperangkap dapat mengalir. Tuba estachius merupakan saluran yang menghubungkan ruang di belakang gendang telinga atau telinga tengah dengan tenggorokan dan bagian belakang rongga hidung.

6. Meninggikan posisi kepala bayi
7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

Kamu juga bisa meninggikan posisi kepala bayi. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki drainase sinus bayi. Cara ini bisa kamu lakukan dengan cara meletakkan satu atau dua bantal di bawah kasur mereka, bukan di bawah kepala, ya!

Cara ini bisa sangat bermanfaat untuk melancarkan drainase sinus, khususnya jika infeksi telinga yang dialami juga diikuti gejala pilek. Meninggikan posisi kepalanya akan membantunya untuk bernafas lebih lega dan nyaman.

7. Menggunakan tetes telinga homeopati
7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

Pengobatan homeopati memang tengah digandrungi akhir-akhir ini. Selain terkenal manjur, teknik ini dipercaya lebih aman bagi tubuh dan minim efek samping. Pengobatan ini dilakukan dengan berbagai bahan alami seperti tumbuhan, mineral, atau bagian-bagian tubuh hewan.

Untuk tetes telinga homeopati bisa mengandung ekstrak bahan alami. Contohnya bawang putih, mullein, lavender, calendula, dan St. John’s wort dalam minyak zaitun, bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit.