Tips Membuat Camilan Enak & Sehat Sekaligus Menyehatkan Usus

Tips Membuat Camilan Enak & Sehat Sekaligus Menyehatkan Usus

Tips Membuat Camilan Enak & Sehat Sekaligus Menyehatkan Usus – Makanan ringan, camilan, atau kudapan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama. Makanan yang dianggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.

Oat merupakan salah satu jenis serelia yang kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Jadi, buat kamu yang punya masalah usus, ini cocok banget karena banyak mengandung serat. Kamu enggan ngemil yang ini-itu di luar karena takut gemuk, ditambah khawatir soal usus dan tubuh walaupun sudah lihat bagian komposisinya?

Kenapa tidak coba buat camilan sendiri saja? Selain sehat dan terjamin kebersihannya, kamu juga bisa membuatnya bareng orang terdekat karena resep yang satu ini mudah dibuat. Mau dijadikan sarapan cepat maupun teman ngemil, ini sehat banget, lho, karena kaya serat, vitamin, dan mineral.

1. Bahan-bahan yang disiapkan
Camilan Sehat Bagus buat Usus, Cek Resepnya di Sini!
  • 1,5 cangkir oat
  • 6 sdm madu/selai
  • Air secukupnya
2. Buat adonannya
Camilan Sehat Bagus buat Usus, Cek Resepnya di Sini!

Siapkan mangkuk, lalu tuangkan oat ke dalamnya, kemudian campuran air secukupnya. Namun, pastikan jangan sampai adonannya menjadi bubur. Cukup campurkan air sampai oat saling merekat dan mengembang.

3. Pipihkan adonannya
Camilan Sehat Bagus buat Usus, Cek Resepnya di Sini!

Ambil adonan secukupnya. Pastikan tanganmu bersih, lalu pipihkan. Jangan lupa beri sedikit cekungan sebagai tempat menaruh madu atau selaimu nanti.

4. Tambahkan isian
Camilan Sehat Bagus buat Usus, Cek Resepnya di Sini!

Tambahkan madu atau selai kesukaanmu 1 sdm. Kalau kurang, kamu bisa tambahkan sesuai selera ke dalam pipihan tadi. Asalkan pipihannya cukup. Kemudian, tutup dan bulatkan.

Usahakan jangan sampai ada yang pecah, karena oat ball (bola oat) nanti gak jadi lumer di mulut.

5. Oat ball siap disajikan
Camilan Sehat Bagus buat Usus, Cek Resepnya di Sini!

Kamu juga bisa ajak orang terdekatmu dan berkreasi bersama mereka. Ajak mereka membuat hiasan yang indah. Agar tampak menarik dan lebih enak, kamu bisa beri taburan seperti kacang atau ukiran buah. Sekalian bisa melahap keduanya.

Sehat itu penting. Sekarang, kamu gak perlu khawatir buat ngemil. Kamu sudah bisa bikin camilan enak yang kaya akan nutrisi dan tentunya semakin akrab dengan orang terdekat.

Camilan adalah makanan dalam porsi kecil yang dimakan di antara dua waktu makan. Kebanyakan orang menganggap bahwa camilan adalah penyebab obesitas, padahal camilan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju jam makan besar. Untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, Kita dapat memilih camilan sehat yang akan membuat kita tidak kelaparan hingga jam makan tiba.

Camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti oatmeal, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks agar tubuh senantiasa berenergi. Menurut penelitian, makanan kaya serat diduga mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan. Jika tidak suka dengan rasa oatmeal yang hambar, campurkan saja dengan kacang-kacangan.