Rutinitas Dipagi Hari yang Bisa Atasi Rasa Lelah Setiap Hari

Rutinitas Dipagi Hari yang Bisa Atasi Rasa Lelah Setiap Hari

Rutinitas Dipagi Hari yang Bisa Atasi Rasa Lelah Setiap Hari – Rutinitas adalah  prosedur yang ada di kelas untuk diikuti dalam kegiatan sehari-hari. Secara khusus,  rutinitas mengacu pada prosedur khusus untuk melakukan tugas-tugas dalam kelas. Sebagian orang mungkin akan terbangun dengan sendirinya jika Matahari telah terbit. Sementara sebagian yang lain perlu mendapatkan bantuan untuk bangun pagi dengan menyalakan alarm.

Tak jarang, kita tergoda untuk menekan tombol snooze dan memutuskan untuk tidur kembali selama beberapa menit. Bukannya membantu menghilangkan rasa lelah dan kantuk, justru kebiasaan itu akan memperburuk rasa lelah.

Pada akhirnya, kita melewatkan rutinitas penting yang justru mampu mengatasi rasa lelah sepanjang hari. Mulai dari merapikan tempat tidur hingga sekadar bersantai di balkon untuk menikmati udara segar, berikut ini rutinitas di pagi hari yang mampu atasi rasa lelah sepanjang hari.

1. Minum segelas air
5 Rutinitas di Pagi Hari Ini Mampu Atasi Rasa Lelah Seharian

Beberapa orang mungkin merasa tidak terbiasa jika harus meminum air putih saat bangun dari tidur di pagi hari dan lebih memilih untuk menikmati secangkir kopi atau teh. Akan tetapi, minum air putih setelah bangun pagi jauh lebih bermanfaat bagi tubuh kita.

Air putih mampu memberi kita lebih banyak energi untuk melakukan berbagai aktivitas yang ringan hingga yang berat, serta membuat tubuh tetap terhidrasi. Mencukupi kebutuhannya setiap hari mampu menghilangkan rasa lelah, lesu, atau mengantuk sehingga kita jauh lebih produktif dan bersemangat.

2. Merapikan tempat tidur
5 Rutinitas di Pagi Hari Ini Mampu Atasi Rasa Lelah Seharian

Saat akan memulai aktivitas hari ini mungkin sebagian orang menunda untuk merapikan tempat tidur dan rumah hingga kembali dari kantor atau kampus. Dilansir Simple Recovery, menurut beberapa penelitian, rutinitas sederhana seperti ini justru mampu memperbaiki suasana hati kita, lho.

Merapikan tempat tidur setiap pagi menempatkan pikiran kita ke dalam pola pikir yang produktif dan dapat memicu kita untuk terus mengerjakan tugas-tugas lainnya. Rutinitas yang sederhana seperti ini dapat memacu kita untuk menghabiskan hari dengan lebih efisien. Hari kita jauh lebih produktif dan bermakna.

3. Lakukan peregangan
5 Rutinitas di Pagi Hari Ini Mampu Atasi Rasa Lelah Seharian

Saat tak memiliki waktu untuk berolahraga di luar rumah, melakukan latihan sederhana seperti peregangan ringan di pagi hari juga mampu menambah energi. Aktivitas ringan ini bisa membantu darah mengalir lebih lancar dan membangunkan otot yang tegang.

Dilansir Healthline, memasukkan beberapa peregangan ke dalam rutinitas pagi kita dapat membantu tubuh untuk menambah energi dalam beraktivitas. Ini juga dapat membantu kita menjalani hari dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Cukup lakukan gerakan ini minimal 10 menit. Rutinitas ini akan membantu meningkatkan aktivitas otak, otot, organ, dan membuat kita lebih fokus seharian.

4. Sarapan
5 Rutinitas di Pagi Hari Ini Mampu Atasi Rasa Lelah Seharian

Kita membutuhkan sarapan untuk menjamin ketersediaan energi yang akan digunakan untuk jam-jam pertama saat beraktivitas. Studi pada jurnal Medical Journal of Lampung University tahun 2015 menjelaskan bahwa sarapan diandalkan sebagai cadangan energi untuk kelangsungan aktivitas di pagi hari. Makanan yang masuk akan memasok kebutuhan energi cukup besar ke dalam tubuh, yaitu sekitar 35 persen.

Selain itu, sarapan juga berfungsi untuk meningkatkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Tanpanya, seseorang akan mengalami hipoglikemia atau kadar glukosa di bawah normal yang nantinya akan mengakibatkan pusing dan sulit untuk berkonsentrasi.

5. Cari udara segar dan sinar matahari
5 Rutinitas di Pagi Hari Ini Mampu Atasi Rasa Lelah Seharian

Menghirup udara segar dan paparan sinar Matahari di pagi hari menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya adalah melepaskan hormon serotonin yang mampu meningkatkan energi dan perasaan bahagia.

Dilansir Physio Falmouth Plus, cukup luangkan waktu selama 10 menit untuk menghirup udara segar dan terpapar sinar Matahari pagi. Rutinitas ini dapat memberikan kejernihan dan fokus yang lebih besar pada otak, meningkatkan fungsi optimal yang membantu kita untuk berpikir, dan berkonsentrasi lebih baik.

Bangun dengan perasaan yang positif dan tubuh yang tetap segar sepanjang hari setelah tidur nyenyak adalah sesuatu yang diimpikan banyak orang. Mulai sekarang, coba terapkan kebiasaan di atas agar kamu bisa lebih bersemangat dan fokus.