Resep Camilan Kacang Dengan Rasa Manis yang Bikin Ketagihan

Resep Camilan Kacang Dengan Rasa Manis yang Bikin Ketagihan

Resep Camilan Kacang Dengan Rasa Manis yang Bikin Ketagihan – Kacang adalah istilah non-botani yang biasa dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. Dalam percakapan sehari-hari, kacang dipakai juga untuk menyebut buah atau bahkan tumbuhan yang menghasilkannya. Di Jakarta, kata “kacang” biasanya dimaksudkan untuk polong kacang tanah.

Bagi orang Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas satu ini. Yap, ampyang kacang tanah ini jadi salah satu jajanan dengan cita rasa manis, namun ada tekstur renyah dari kacang dan adonan gula yang mengeras.

Uniknya, ampyang bisa kamu tambahkan beberapa bahan, salah satunya jahe. Cita rasanya jadi manis dan pedas. Kalau pengin tahu cara membuat ampyang kacang jahe, kalian bisa langsung simak resep lengkapnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan
Resep Ampyang Kacang Jahe, Camilan Manis yang Bikin Ketagihan

Bahan-bahan:

  • 300 gram kacang tanah
  • 250 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 2 ruas jahe, parut
  • 100 ml air
2. Sangrai kacang tanah sebentar
Resep Ampyang Kacang Jahe, Camilan Manis yang Bikin Ketagihan

Pertama, nyalakan api kompor, lalu masukkan kacang tanah ke dalam wajan tanpa minyak. Kemudian, sangrai kacang tanah hingga terlihat agak kering,. Setelah agak kering, langsung angkat dan pindahkan kacang ke dalam wadah. Sisihkan dan dinginkan sebentar.

3. Masak gula dengan kacang hingga mengental
Resep Ampyang Kacang Jahe, Camilan Manis yang Bikin Ketagihan

Siapkan panci, lalu masukkan air, gula merah, gula pasir, dan parutan jahe. Masak menggunakan api kecil sambil sesekali di aduk-aduk agar rata. Masak hingga gula merah dan gula pasirnya larut merata.

Setelah gulanya larut dan mendidih, langsung masukkan kacang tanah sangrai, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. Masak hingga berbuih dan cairannya mulai mengental.

4. Taruh adonan di atas wadah datar
Resep Ampyang Kacang Jahe, Camilan Manis yang Bikin Ketagihan

Setelah larutan gulanya mulai mengental, kacang sudah bisa langsung diangkat. Siapkan wadah datar, lalu alasi dengan baking paper atau kertas minyak.

Selanjutnya, ambil secukupnya adonan ampyang kacang menggunakan sendok, lalu taruh di atas wadah datar yang sudah dialasi kertas minyak tadi. Bentuk agak bundar, lalu biarkan hingga adonannya mengering dan mengeras sendiri.

5. Saat sudah mengeras, ampang siap dinikmati
Resep Ampyang Kacang Jahe, Camilan Manis yang Bikin Ketagihan

Setelah adonan ampyang kacang mulai mengeras, lepaskan adonan dari alasnya secara perlahan-lahan. Taruh dalam wadah yang sudah disiapkan dan ampyang kacang jahe bisa langsung dinikmati. Cocok banget kamu jadikan camilan penghilang bosan.

Gimana, resep ampyang kacang jahe di atas sangat mudah, kan? Kalian bisa langsung mencobanya untuk dijadikan teman pendamping kopi atau teh saat sedang bersantai. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Pengertian “kacang” tidak sama dengan nut dalam bahasa Inggris, tetapi lebih dekat dengan pengertian pulse ditambah dengan kedelai, kacang tanah dan sejumlah sayuran legum (kacang panjang).

Kacang biasanya mengandung protein dan/atau lemak yang cukup tinggi, sehingga banyak yang dihargai sebagai bahan pangan yang penting. Biji legum kering yang besar dan mengandung banyak tepung biasanya tidak disebut “kacang”, melainkan “kara” atau “koro”. Dalam konteks pangan, “kacang” dipakai pula untuk menyertai nama produk pangan olahan yang biasanya dibuat dari kacang tanah.