Ragam Hidangan Enak Tapenade yang Terbuat Dari Zaitun Hitam

Ragam Hidangan Enak Tapenade yang Terbuat Dari Zaitun Hitam

Ragam Hidangan Enak Tapenade yang Terbuat Dari Zaitun Hitam – Cailletier, juga dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama Italia Taggiasca, adalah kultivar zaitun yang ditanam terutama di wilayah Alpes-Maritimes dekat Nice dan Riviera di Ponente, Italia.

Ini paling dikenal dengan nama Niçoise, yang menandakan metode penyembuhannya. Zaitun tak harus berbentuk minyak untuk bisa dijadikan bumbu masak. Sebab, buahnya pun ternyata dapat diproses sedemikian rupa demi menghasilkan bumbu terbaik dalam memaksimalkan suatu santapan. Tapenade merupakan olahan yang terbuat dari zaitun hitam, caper, serta anchovy atau sejenis ikan teri.

Perpaduan bahan tersebut menghasilkan rasa yang cenderung asin. Bahan ini bisa disimpan cukup lama sebagai penunjang rasa masakan. Ada cara dalam penggunaan tapenade untuk memaksimalkan makanan. Bahkan kamu bisa menjadikannya penambah rasa pada aneka hidangan menggugah selera ini.

1. Crostini tapenade
5 Masakan Ini Makin Enak dengan Tapenade, Bumbu Serbaguna dari Zaitun

Tapenade memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan selai, meskipun masih tersisa tekstur dari beberapa bahan yang dicampur. Oleh sebab itu, komponen ini pun bisa dijadikan olesan dalam kreasi roti.

Biar lebih terasa seperti makanan Italia, kamu dapat mengadaptasi crostini untuk diproses. Gunakan roti baguette atau lainnya yang sudah diiris. Kemudian panggang di atas wajan dan lengkapi memakai tapenade dan keju.

2. Tapenade mini tart
5 Masakan Ini Makin Enak dengan Tapenade, Bumbu Serbaguna dari Zaitun

Mini tart menjadi makanan selanjutnya yang pas untuk disandingkan bersama tapenade. Bahkan, kenikmatannya berlanjut karena penggunaan mozarella yang bikin isian jadi meleleh begitu dinikmati.

Biar lebih gampang dimasak, kulit tart bisa dipotong-potong dari pastri siap pakai. Masukan ke dalam cetakan, dan susun filling mulai dari tapenademozarella, dan irisan tomat bila ingin menambah kesegaran.

3. Ayam tapenade
5 Masakan Ini Makin Enak dengan Tapenade, Bumbu Serbaguna dari Zaitun

Sebagai bahan serbaguna, tapenade akan terasa lebih serasi bila disandingkan bersama daging ayam. Rasanya akan jadi lebih unik sebab tapenade digunakan untuk isian dari bahan kaya protein tersebut.

Ada baiknya gunakan dada ayam dan potong bagian tengahnya, tambahkan tapenade, lalu masak dengan cara dipanggang atau dibakar. Bila sudah matang, kamu bisa menikmati ayam tersebut bersama keju atau sayuran kesukaan.

4. Tapenade basmati
5 Masakan Ini Makin Enak dengan Tapenade, Bumbu Serbaguna dari Zaitun

Basmati adalah jenis beras populer yang sering digunakan pada masakan ala Timur Tengah. Karakteristiknya tampak dari bentuk beras yang cenderung lebih panjang. Selain itu, basmati pun bisa dikreasikan supaya lebih enak, lho.

Salah satu cara memasak basmati dilakukan dengan menumis bawang-bawangan dan bumbu di atas sedikit minyak, tambahkan beras dan biarkan sebentar. Setelah itu, baru masukan air atau kaldu, tapenade, serta perasa, lalu biarkan sampai matang.

5. Tuna tapenade
5 Masakan Ini Makin Enak dengan Tapenade, Bumbu Serbaguna dari Zaitun

Kenikmatan tapenade tidak berhenti sampai pada olahan nasi, sebab kamu masih bisa berkreasi dengan ikan supaya santapan ini terasa lebih menggugah ketika dimasak. Jenis yang digunakan pun adalah ikan kaya manfaat, yakni tuna.

Seperti pada pengolahan daging ikan lainnya, tuna tidak memerlukan banyak bahan untuk bisa dimasak dengan enak. Cukup marinasi memakai lada dan garam, lalu panggang. Setelah matang, sajikan dengan tapenade di atasnya.

Tapenade jadi bumbu perasa enak yang sekaligus mampu membangkitkan selera makan. Terlebih, bahan yang digunakan juga mengandung zaitun hingga ikan teri yang membuatnya terasa berbeda dari kebanyakan bumbu yang biasa kita konsumsi.

Cailletier adalah kultivar penggunaan ganda, digunakan baik untuk ekstraksi minyak dan sebagai zaitun meja.  Terlepas dari kenyataan bahwa batu itu relatif besar, ia memberikan hasil minyak (20-25%).  Minyaknya memiliki kualitas lembut yang manis, dan disukai oleh konsumen minyak zaitun pemula. 

Ini memiliki rasa almond dan hazelnut segar. Untuk rasa yang lebih pahit dan kuat, sebaiknya panen sebelum akhir tahun.  Di Prancis kultivar digunakan dalam tiga sebutan resmi yang disetujui : “AOC Huile d’Olive de Nice”, “AOC Olive de Nice ” dan “AOC Pâte d’Olive de Nice”; di Italia kualitas kultivar Taggiasca diberikan oleh Protected Designation of Origin – peraturan PDO .