Penyakit Hati ini Buat Kamu Iri Melihat Kesuksesan OrangLain

Penyakit Hati ini Buat Kamu Iri Melihat Kesuksesan OrangLain

Penyakit Hati ini Buat Kamu Iri Melihat Kesuksesan OrangLain – Perasaan dengki yang menjadi penyakit hati adalah yang pertama karena inilah yang mudah sekali memasuki perasaan seseorang. Sifat iri memang paling gampang membuat diri terjatuh dalam lubang kegelapan. Perilaku inilah yang harus sekali dibuang dalam setiap hati seseorang. Hati adalah penentu atau cerminan dari sikap dan perbuatan manusia. Isi hati seseorang hanya diketahui dirinya sendiri dan Allah.

Manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan Allah dengan berbagai kelebihan, seperti dapat merasakan sedih, senang, marah melalui hatinya. Isi hati seseorang dapat menjadi penentu akhlaknya. Hal ini dikarenakan apabila seseorang memiliki hati yang baik, maka akhlaknya juga pasti baik dan apabila seseorang memiliki hati yang buruk, maka akhlaknya pun pasti akan buruk.

Tentu kamu setuju bahwa rasa iri itu bukanlah hal yang baik. Apalagi ketika kamu sering merasa iri pada temanmu sendiri. Melihat salah seorang teman berhasil diterima di Poker Online IDN Universitas unggulan, misalnya kamu langsung sakit hati. Belum lagi mayoritas kawan di sekitarmu memiliki kehidupan percintaan yang indah. Sebagai jomblo kamu cuma bisa gigit jari, melihat kemesraan mereka bareng pasangannya.

1. Ada rasa kurang percaya diri sama kemampuanmu sendiri
5 'Penyakit' yang Membuat Iri sama Kesuksesan Teman Sendiri

Perasaan iri itu kerap muncul salah satunya diakibatkan karena kamu kurang percaya diri. Sebenarnya baik dirimu maupun teman-teman di sekitarmu punya peluang yang sama untuk berhasil, kok. Hanya saja mereka lebih berani mencoba tantangan dan menaklukkannya.

Sementara kamu sendiri selalu saja berkeyakinan, bahwa kemampuanmu gak akan bisa menandingi mereka. Nah, kalau mikirnya saja sudah begitu, ya layak bila kamu gak mendapatkan kesuksesan yang sama. Jangan iri dan menyalahkan hasil kerja keras orang lain, dong!

2. Menganggap temanmu itu hidupnya dipenuhi keberuntungan sementara kamu tidak
5 'Penyakit' yang Membuat Iri sama Kesuksesan Teman Sendiri

Tidak semua berkah yang kita terima itu dipengaruhi oleh faktor keberuntungan. Sebagian besar di antaranya tentu saja merupakan buah dari kerja keras. Begitu pula dengan apa yang teman-temanmu miliki sekarang. Jika kamu merasa iri karena salah seorang teman seumuranmu sudah punya rumah dan mobil sendiri, lihat dulu usahanya selama ini seperti apa.

Mungkin di saat kamu masih suka hura-hura menghabiskan uang jajan dari orangtua, dia sudah mulai membangun usaha kecil-kecilan. Rasanya pantas, jika sepuluh tahun kemudian dia sudah memanen hasil kerja kerasnya itu. Jangan asal iri saja, deh!

3. Menilai kesuksesan teman dari hasil yang kelihatan saja, bukan usahanya
5 'Penyakit' yang Membuat Iri sama Kesuksesan Teman Sendiri

Melihat teman semasa kecilmu dulu hidupnya sudah berkecukupan, lantas membuatmu merasa iri setengah mati. Kok, dia bisa ya punya usaha di mana-mana? Sementara kamu sekarang masih jadi karyawan biasa. Nah, harusnya pertanyaanmu gak berhenti sampai di sini. Tapi cari tahu juga, bagaimana caranya dia bisa mendapatkan segala kemewahan itu.

Tidak mungkin, dong temanmu baru merintis usaha sehari-dua hari. Pasti dulunya dia juga mulai dari nol, kok. Jangan cuma silau akan hasilnya saja, tanpa mau tahu suka dan duka ketika dia sedang berproses dulu.

4. Menjadikan pencapaian teman sebagai kambing hitam dari kegagalanmu
5 'Penyakit' yang Membuat Iri sama Kesuksesan Teman Sendiri

Bahkan kamu sempat berpikir bahwa kegagalan yang dialami saat ini juga dipengaruhi oleh keberhasilan orang di sekitarmu. Bagaimana tidak, berada di tengah-tengah orang sukses, tentu saja membuatmu terlihat kerdil, dong. Padahal pemikiran tersebut gak ada benarnya, lho. Justru sebaliknya. Seharusnya kamu bersyukur memiliki kawan-kawan yang sukses.

Sebab dari mereka kamu bisa belajar bagaimana caranya meraih cita-cita. Bayangkan, saat memulai usahanya dulu, temanmu gak punya mentor sama sekali. Kegagalan demi kegagalan harus dia hadapi sendiri. Sementara kamu, bisa langsung belajar dari pengalaman mereka. Saat jatuh pun, pasti teman-temanmu ini gak akan tinggal diam, kok. Gimana, masih mau merasa iri?

5. Kamu tidak bersyukur dengan apa yang dimiliki sekarang
5 'Penyakit' yang Membuat Iri sama Kesuksesan Teman Sendiri

Dalam hidup kamu gak boleh melihat ke atas terus. Sekali-kali tengoklah ke bawah juga. Masih banyak orang di sekitarmu yang memiliki kehidupan, yang jauh dari kata layak. Bersyukur kamu punya pekerjaan dan tempat tinggal. Sementara mereka, besok mau makan apa saja bingung, karena gak ada uang.

Kalau terus memandang ke arah mereka yang kaya raya saja, kamu hanya akan merasa iri, dong. Padahal tak sedikit orang yang mau bertukar nasib denganmu, lho.

Jangan sepelekan perasaan iri, sebab bila dibiarkan itu bisa membawa dampak negatif bagi dirimu sendiri. Misalnya, membuatmu jadi minder dan gak fokus sama masa depan, karena sering membandingkan diri sendiri dan orang lain. Daripada iri, lebih baik jadikan keberhasilan mereka sebagai motivasi. Kalau teman-temanmu bisa, tentu kamu juga bisa.

Akhlak dalam bahasa Arab berasal dari kata khuluk yang berarti tingkah laku, perangai, atau tabiat. Secara terminologi, akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh sesuatu keinginan secara mendasar untuk melakukan suatu perbuatan. Dalam Islam, akhlak terbagi menjadi dua yaitu akhlakul karimah atau akhlak baik dan akhlakul mazmumah atau akhlak buruk.

Salah satu akhlakul mazmumah adalah iri dengki. Dalam bahasa Arab, iri dengki adalah hasad. Iri dengki ini disebabkan dari hati yang tidak merasa senang apabila melihat orang lain lebih bahagia dari dirinya.