Manfaat yang Dapat Kamu Peroleh Dengan Mengkonsumsi Natto

Manfaat yang Dapat Kamu Peroleh Dengan Mengkonsumsi Natto

Manfaat yang Dapat Kamu Peroleh Dengan Mengkonsumsi Natto – Nattō  adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan Bacillus subtilis, biasanya dimakan untuk sarapan. Sebagai sumber protein dan probiotika yang kaya, nattō dan miso dulunya merupakan sumber gizi utama pada zaman feodal di Jepang.

Tidak semua orang menyukai makan nattō karena tidak menyukai bau dan aromanya yang kuat, atau teksturnya yang licin. Di Jepang, nattō paling disukai oleh orang di wilayah timur, termasuk wilayah Kanto, Tohoku, dan Hokkaido. Proses pengolahannya dengan cara difermentasi hingga akhirnya siap untuk disantap.

Namun, natto terkenal memiliki aroma dan cita rasa yang kuat, sehingga membuatnya tampak berbeda dari idn poker apk kebanyakan jenis makanan. Meskipun  natto dianggap sebagai makanan yang ‘aneh’ karena cita rasa dan aromanya, faktanya makanan ini justru memiliki segudang manfaat di dalamnya.

1. Menyehatkan sistem pencernaan tubuh
5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas Jepang

Natto menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini karena natto memiliki bakteri baik yang mampu menyehatkan organ pencernaan.

Bakteri baik yang terdapat dalam makanan ini dapat membantu menghalau beragam bakteri jahat yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Segala bentuk permasalahan pencernaan pun dapat teratasi dengan sangat baik.

2. Meningkatkan kesehatan otak tubuh
5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas Jepang

Natto adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak probiotik baik bagi tubuh. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi gejala kecemasan yang dirasakan.

Tak heran jika kemudian natto dianggap sebagai obat antidepresan alami untuk dikonsumsi. Tentunya menu makanan ini juga cocok dikonsumsi di kala suasana hati sedang tak baik.

3. Menguatkan imunitas
5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas Jepang

Kandungan beragam vitamin dan probiotik ternyata dapat kamu temukan secara utuh pada olahan natto. Tentu saja hal ini membuat natto menyimpan banyak manfaat, khususnya yang berkaitan pada imunitas.

Beragam kandungannya mampu meningkatkan antibodi yang ada di dalam tubuh, sehingga mampu menghalau beragam virus atau bakteri jahat. Selain itu, kandungan nutrisinya juga berperan penting dalam memaksimalkan fungsi imun tubuh.

4. Menjaga kesehatan tulang
5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas Jepang

Tak hanya susu saja yang dapat kamu jadikan sumber protein untuk memperoleh kesehatan tulang yang maksimal. Faktanya natto pun juga dapat memainkan peran yang baik untuk kesehatan tulang.

Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang ada di dalam natto. Kandungan ini kemudian akan membantu proses mobilitas seseorang menjadi lebih mudah, bahkan fungsinya pun bisa jadi lebih maksimal.

5. Memberikan berat badan yang ideal
5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas Jepang

Bagi kamu sedang menerapkan pola hidup sehat atau diet, maka natto bisa menjadi pilihan menu makanan yang harus dikonsumsi. Natto dapat membantu program dietmu menjadi lebih mudah.

Makanan ini memiliki kandungan serat dan probiotik alami yang sangat bermanfaat untuk menstabilkan berat badan. Pengonsumsian dengan porsi yang tepat tentu tak akan menyulitkanmu dalam memperoleh manfaatnya.

Beraneka manfaat baik dari natto tentunya sangat penting dalam memaksimalkan segala fungsi tubuh yang dibutuhkan. Meski cita rasa dan aromanya tak selezat sajian lain, namun manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan.

Nattō biasanya dimakan dengan nasi hangat, dicampur dengan kecap asin. Di Hokkaido dan Tohoku utara, nattō disajikan dengan gula. Nattō juga digunakan untuk makanan lain, misalnya nattō sushi, nattō toast, dalam sup miso, salad, okonomiyaki, dengan spaghetti, atau digoreng. Nattō yang dikeringkan dapat dimakan sebagai makanan ringan. Selain itu juga ada es krim nattō.