Lima Manfaat Makanan Fermentasi yang Wajib Diketahui

Lima Manfaat Makanan Fermentasi yang Wajib Diketahui

Lima Manfaat Makanan Fermentasi yang Wajib Diketahui – Fermentasi dalam pemrosesan bahan pangan adalah pengubahan karbohidrat menjadi alkohol dan karbon dioksida atau asam amino organik menggunakan ragi, bakteri, fungi atau kombinasi dari ketiganya di bawah kondisi anaerobik. Mungkin beberapa makanan atau minuman fermentasi yang paling banyak digemari dan yang populer adalah yoghurt, tempe dan kimchi.

Tidak hanya enak, makanan-makanan fermentasi ini sarat akan manfaatnya, lho! Fermentasi adalah sebuah proses pengawetan makanan alami. Melalui proses ini, mikroorganisme seperti ragi dan bakteri akan mengubah zat karbohidrat, seperti pati dan gula yang diubah menjadi alkohol atau asam.

Nah, alkohol atau asam ini nantinya menjadi pengawet alami yang memberikan kekenyalan serta rasa yang kuat pada makanan yang difermentasi. Proses ini juga dapat memicu pertumbuhan bakteri yang menguntungkan untuk kesehatan, yaitu probiotik. Yuk, mari kita lihat apa saja manfaat makanan fermentasi yang wajib diketahui!

1. Membuang racun dalam tubuh
Kenali 5 Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan, Kaya Probiotik!

Bakteri baik yang ada dalam makanan fermentasi ini berperan dalam proses detoksifikasi atau pengurangan kadar racun dalam tubuh. Bakteri dan kandungan asam yang ada dalam makanan fermentasi terbukti ampuh meluluhkan berbagai jenis racun dan logam berat dalam tubuh, seperti merkuri dan aluminium.

Proses detoksifikasi ini krusial karena dapat menempati bakteri baik di lapisan usus. Tujuannya agar bakteri baik dapat mengeluarkan protein antimikroba yang bisa membunuh bakteri jahat.

2.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kenali 5 Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan, Kaya Probiotik!

Telah disebutkan di atas bahwa makanan fermentasi mengandung probiotik. Probiotik memiliki peran signifikan karena mampu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak hanya probiotik, makanan fermentasi juga kaya akan zat besi, vitamin C, dan seng yang berguna untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kita mendapatkan asupan gizi dan mikroorganisme yang dibutuhkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.

3.  Makanan jadi lebih mudah dicerna
Kenali 5 Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan, Kaya Probiotik!

Proses fermentasi akan mempermudah pemecahan nutrisi dalam makanan sehingga menjadikannya lebih mudah dicerna. Proses fermentasi juga dapat membantu memecah dan menghancurkan antinutrien, seperti fitat dan lektin yang merupakan senyawa yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan yang mengganggu penyerapan nutrisi.

Terlebih, sekitar 80% dari sistem kekebalan tubuh kita terletak pada usus. Dengan ini, makanan fermentasi dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh sehingga bisa mencegah berbagai masalah pencernaan.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kenali 5 Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan, Kaya Probiotik!

Saluran pencernaan manusia dihuni oleh berbagai bakteri dan mikroorganisme dalam jumlah yang sangat banyak. Dalam prosesnya, makanan fermentasi membantu menyeimbangkan bakteri yang dapat membantu sistem pencernaan ketika menyerap nutrisi.

Alhasil, populasi bakteri dan mikroorganisme tersebut berperan dalam membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi di usus. Bakteri-bakteri baik ini yang nantinya ada dalam tubuh, akan semakin efektif dalam menyerap nutrisi dan terhindar dari macam-macam masalah pencernaan.

5. Meningkatkan mood
Kenali 5 Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan, Kaya Probiotik!

Wah, tidak hanya baik bagi kesehatan, makanan fermentasi ternyata bisa memberikan dampak baik pada mood juga, lho! Dilansir Healthline, hypothalamic-pituitary-adrenal axis yang menghubungkan saluran pencernaan dengan otak, membuat saluran pencernaan dapat mengirimkan sinyal yang disampaikan oleh sel saraf sehingga bisa memengaruhi emosi seseorang.

Makanan hasil fermentasi dapat memunculkan suasana hati yang bahagia akibat serotonin, zat kimia yang berkontribusi terhadap perasaan seseorang. Hal ini bisa terjadi sebab, probiotik yang ada dalam makanan fermentasi berguna untuk menyeimbangkan bakteri jahat dalam usus kita dan memengaruhi pelepasan serotonin.