Lima Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Dikonsumsi

Lima Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Dikonsumsi

Lima Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Dikonsumsi – Protein adalah nutrisi penting bagi tubuh manusia. Mereka adalah salah satu blok bangunan jaringan tubuh dan juga dapat berfungsi sebagai sumber bahan bakar. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Meski membutuhkan waktu lama ketika dicerna, namun tak menyebabkan kadar gula darah tinggi seperti halnya karbohidrat.

Sebagai bahan bakar, protein menyediakan kepadatan energi sebanyak karbohidrat: 4 kkal per gram; Sebaliknya, lipid menyediakan 9 kkal per gram. Guna memenuhi asupan protein tubuh, beberapa makanan berprotein perlu dikonsumsi setiap harinya.

Telur memang merupakan makanan tinggi protein yang lengkap. Tetapi, sebenarnya telur bukan satu-satunya makanan tinggi protein. Ada beberapa makanan yang punya kandungan protein tinggi. Nah, berikut lima makanan tinggi protein yang baik untuk dikonsumsi.

1. Kacang Almond
5 Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi, Tak Kalah dengan Telur 

Kacang almond merupakan makanan tinggi protein yang paling sedehana untuk dikonsumsi. Tak perlu repot-repot, kacang almond bisa dijadikan pilihan camilan yang menyehatkan. Kacang jenis ini juga mengandung vitamin E, tembaga dan magnesium.

Manfaat kacang almond dapat membuat gula darah stabil dan mencegah oksidasi. Selain itu, almond juga cocok bagi kamu yang sedang melakukan diet.

2. Tempe
5 Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi, Tak Kalah dengan Telur 

Orang Indonesia pasti sangat mengenal makanan satu ini. Makanan yang berbahan dasar kedelai ini kaya protein dan serat. Dikutip dari Women’sHealth, sifat fermentasi dalam pembuatan tempe bisa membantu menyeimbangkan mikrobioma dan usus.

Tempe bisa ditemui dengan mudah di sekitar kita. Apalagi bahan makanan satu ini bisa diolah dalam berbagai menu sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu, tempe bisa dijadikan referensi lain makanan berprotein selain telur.

3. Tuna
5 Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi, Tak Kalah dengan Telur 

Ikan tuna merupakan makanan yang banyak mengandung protein, omega-3 dan asam amino. Kandungannya sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung. Cara mendapatkannya pun terbilang mudah. Sekarang, tuna mudah dijumpai dalam bentuk kemasan kaleng. Kamu bisa mengolahnya dengan proses yang mudah.

Mengkonsumsinya secara rutin dapat mencukupi asupan protein yang dibutuhkan tubuh. Ikan tuna juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta cocok untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Dada Ayam
5 Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi, Tak Kalah dengan Telur 

Dada ayam adalah sumber protein yang rendah lemak dibandingkan jenis daging lainnya. Setiap 3 ons dada ayam tanpa kulit, dapat menghasilkan 26 gram protein dan 2,7 gram lemak jenuh. Nutrisi lain seperti selenium juga bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Makanan ini pun dapat dijadikan pilihan bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Namun, cara mengolahnya harus diperhatikan dengan baik. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi kulitnya yang tinggi lemak. Selain enak ternyata dada ayam  juga kaya manfaat.

5. Keju
5 Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi, Tak Kalah dengan Telur 

Keju umumnya hanya dijadikan pelengkap di berbagai jenis hidangan. Padahal keju termasuk salah satu jenis makanan yang berprotein tinggi. Kandungan lainnya seperti kalsium, magnesium dan potasium sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa jenis keju yang disarankan yakni mozarella atau cottage. Kamu bisa menjadikan keju sebagai varian lain untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Bosan, kan, kalau telur melulu? Kelima makanan tadi memiliki kandungan protein yang tinggi. Pilihan lain untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.