Lima Jenis Penyakit yang Dapat Dilindungi lewat Cuci Tangan

Lima Jenis Penyakit yang Dapat Dilindungi lewat Cuci Tangan – Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai bagian dari ritual keagamaan, ataupun tujuan-tujuan lainnya. Tangan adalah bagian tubuh yang hampir selalu kotor. Saat bersentuhan dengan orang, hewan, makanan, dan permukaan, tangan mengambil ribuan kuman, bakteri, virus, dan kotoran lainnya yang dapat membuat kamu sakit jika kotoran ini memasuki tubuh.

Banyak orang yang juga sering menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan tanpa disadari, ini dapat memungkinkan inokulasi langsung kuman ke dalam selaput lendir. Untungnya, mencuci tangan memiliki kekuatan untuk meminimalkan atau bahkan menghilangkan risiko tertular berbagai jenis penyakit bagi kamu sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Lalu, Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 kira-kira apa saja penyakit yang bisa dicegah penularannya melalui mencuci tangan? Jawabannya ada di penjelasan berikut ini.

1. Salmonellosis
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Salmonella adalah genus bakteri enterobakteria Gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan demam tifoid, demam paratipus, dan keracunan makanan.
Dijelaskan dalam laman Medical News Today, salmonella merupakan bakteri yang hidup di usus hewan dan manusia, dan biasanya ditularkan melalui makanan yang terinfeksi yang belum sepenuhnya dimasak atau dicuci bersih.

Bakteri ini juga bisa menyebar saat menyentuh reptil, amfibi, atau hewan ternak yang terinfeksi, yang kotorannya kemudian dapat menginfeksi apa pun yang kontak dengannya. Jika kamu tidak rajin menjaga kebersihan tangan, ini meningkatkan peluang untuk tertular salmonella.

2. Staph
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Staphylococcus (dalam bahasa Yunani staphyle berarti sekelompok anggur dan coccos yang berarti granula) adalah genus dari bakteri gram positif. Di mikroskop mereka tampak berbentuk bulat serta bergerombol seperti sekelompok anggur. Kondisi ini bisa menjadi sangat berbahaya jika individu terinfeksi jenis staph yang kebal antibiotik yang disebut Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA), menurut laman WebMD.

Infeksi staph bisa tampak seperti bisul, lecet, atau sekadar kemerahan pada kulit. Bakteri yang membandel bisa hidup menempel pada benda mati, seperti handuk atau peralatan olahraga. Dengan mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda atau sebelum makan, kamu sudah mengurangi risiko penularan bakteri ini.

3. E. coli
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Escherichia coli (biasa disingkat E. coli) adalah salah satu jenis spesies bakteri Gram negatif. Pada umumnya, bakteri yang ditemukan oleh Theodor Escherich ini dapat ditemukan dalam usus besar manusia.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Protection menemukan bahwa mencuci tangan dengan air dingin, hangat, dan panas semuanya bekerja dengan baik untuk membersihkan bakteri E. coli.

Ditambah, orang yang menggunakan losion secara teratur memiliki lebih sedikit bakteri setelah mencuci tangan, hal ini dimungkinkan lantaran kemampuan losion untuk menyembuhkan kulit kering dan pecah-pecah, memberikan lebih sedikit tempat bagi kuman untuk bersembunyi.

4. Norovirus
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Norovirus adalah genusvirus di dalam keluarga Caliciviridae. Norovirus hanya memiliki satu spesies, yaitu Norwalk virus. Virus ini merupakan penyebab paling umum gastroenteritis nonbakterial di seluruh dunia.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), cuci tangan lebih efektif dalam melawan norovirus dibandingkan menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol atau membersihkan permukaan benda-benda.

Menurut studi yang dilaporkan di Royal Society Open Science, membersihkan permukaan hanya mengurangi penularan norovirus hingga maksimum 60 persen. Sementara itu, mencuci tangan dapat sepenuhnya mencegah penularan penyakit.

5. Flu
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk.Dilansir Scientific American, mencuci tangan dapat menurunkan risiko terkena penyakit pernapasan hingga 45 persen, sementara pembersih tangan tanpa bilas, seperti hand sanitizer, dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol dan menggosoknya sampai kering. Hand sanitizer juga hanya bekerja dengan baik jika sebelumnya tanganmu sudah cukup bersih dan tidak memiliki minyak atau kotoran.

Ternyata, kebiasaan sesederhana mencuci tangan bisa memberikan dampak yang sangat besar. Jadi, untuk menghindari semua penyakit di atas, pastikan kamu mencuci tangan setidaknya sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, dan sebelum menyiapkan makanan.