Konsumsi Makanan Super ini yang Punya Manfaat Super Juga

Konsumsi Makanan Super ini yang Punya Manfaat Super Juga

Konsumsi Makanan Super ini yang Punya Manfaat Super Juga – Makanan super adalah istilah yang digunakan kepada makanan yang memiliki nutrisi dan manfaat yang relatif tinggi bagi kesehatan. Namun lembaga Cancer Research UK menyatakan bahwa istilah “makanan super” tidak berdasarkan pada definisi secara ilmiah untuk menyebut hal tersebut melainkan hanya istilah pemasaran produk saja.

Makanan yang disebut “super” sering kali merupakan makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, atau nutrisi lainnya yang relatif lebih tinggi dibandingkan makanan lain. Istilah “makanan super” tidak digunakan oleh pakar nutrisi yang sering kali meragukan manfaat makanan super yang dipromosikan oleh pihak tertentu. Menilik data Badan Pusat Statistik (BPS) dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2019, konsumsi buah dan sayur di Indonesia baru sebesar 209,89 gram per orang per hari.

Sementara, anjuran yang ditetapkan oleh idn poker apk Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI adalah 400 gram per orang per hari. Tentu ini amat disayangkan, mengingat buah dan sayuran lokal mudah didapat dan murah. Tak hanya itu, manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita sangat besar. Tampaknya sebagian besar masyarakat masih sebatas mengetahui manfaat buah dan sayur hanya untuk mencegah sembelit.

1. Mencegah peningkatan berat badan berlebih
5 Manfaat Super Jika Kamu Rajin Konsumsi Buah dan Sayur 

Buah dan sayur kaya akan karbohidrat kompleks seperti serat maupun hemiselulosa yang mempunyai kemampuan menahan air dan dapat membentuk cairan kental dalam saluran pencernaan.

Dengan kemampuan ini, serat dapat menunda pengosongan lambung, menghambat percampuran isi saluran cerna dengan enzim-enzim pencernaan, sehingga penyerapan zat-zat makanan juga lambat. Hal ini akan memberi efek rasa kenyang lebih lama karena lambung masih terisi makanan, sehingga bisa membantu mengontrol nafsu makan.

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi umumnya juga mengandung rendah kalori, rendah kadar gula dan lemak, yang mana dapat membantu mencegah terjadinya obesitas.

Inilah alasan kenapa memperbanyak asupan buah dan sayuran sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan.

2. Menjaga tekanan darah lebih stabil
5 Manfaat Super Jika Kamu Rajin Konsumsi Buah dan Sayur 

Laporan dalam jurnal Ilmu Gizi Indonesia tahun 2019 menjelaskan bahwa konsumsi tinggi buah dan sayuran (tinggi akan kalium dan magnesium) secara konsisten berhubungan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

Selain itu, penelitian tentang Dietary Approaches to Stop Hypertension atau diet DASH juga menunjukkan hasil bahwa tekanan darah tinggi secara signifikan dapat diatasi dengan pola makan yang tinggi akan sayuran dan buah, serta rendah natrium dan lemak jahat.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
5 Manfaat Super Jika Kamu Rajin Konsumsi Buah dan Sayur 

Kandungan serat yang tinggi dalam buah dan sayur dapat memengaruhi penyerapan lemak dengan cara mengikat asam lemak, kolesterol, dan garam empedu di saluran cerna.

Dengan demikian, konsentrasi kolesterol dalam darah akan menurun. Penurunan kadar kolesterol dalam darah ini pada akhirnya akan mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

4. Kadar gula darah lebih stabil
5 Manfaat Super Jika Kamu Rajin Konsumsi Buah dan Sayur 

Mungkin kamu heran, bagaimana konsumsi buah yang umumnya memiliki rasa manis, tetapi bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh? Ya, ini tak lepas dari peran karbohidrat di dalam buah dan sayur.

Mekanisme buah dan sayur dalam memperbaiki kadar gula darah yaitu berhubungan dengan kecepatan penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah.

Karbohidrat secara umum akan diurai menjadi glukosa. Namun, di dalam buah dan sayur terdapat karbohidrat kompleks yang sukar dicerna, sehingga lambat diserap masuk ke aliran darah. Inilah yang membuat kadar gula tidak akan melonjak secara drastis.

5. Mengurangi risiko kanker usus
5 Manfaat Super Jika Kamu Rajin Konsumsi Buah dan Sayur 

Kanker usus besar disebabkan oleh kontak sel-sel dinding usus dengan zat-zat karsinogen, terutama jika kontak tersebut terjadi dalam waktu yang lama dan konsentrasi karsinogen yang tinggi.

Adanya serat makanan yang didapat dari konsumsi buah dan sayur membuat feses dapat menyerap air lebih banyak, sehingga volumenya menjadi besar dan teksturnya menjadi lunak.

Volume feses yang besar dengan tekstur lunak dapat mengencerkan senyawa karsinogen dan menurunkan konsentrasinya, sehingga dapat mengurangi terjadinya kontak antara zat karsinogenik tersebut dengan dinding usus besar serta mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

Luar biasa bukan manfaat dari buah dan sayur? Mengetahui pentingnya peran konsumsi buah dan sayur bagi tubuh, jangan sampai terlewat, ya! Ingat, buah dan sayuran adalah bagian penting dalam pola makan sehat bergizi seimbang.

Sejak Juli 2007, Uni Eropa melarang suatu produk dipasarkan sebagai “makanan super” kecuali didampingi oleh bukti ilmiah dan medis yang mendukung hal tersebut.

Berbeda dengan istilah makanan super, makanan fungsional digunakan untuk menjelaskan makanan yang memiliki manfaat khusus terhadap fisiologis tubuh secara spesifik, misal terhadap hati atau ginjal, untuk meningkatkan kondisi maupun pencegahan penyakit. Istilah makanan fungsional digunakan di Uni Eropa dan Jepang, dan bukan merupakan obat maupun suplemen.