Inilah Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dengan Cara Aman

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dengan Cara Aman

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dengan Cara Aman – Kulit kepala merupakan area pada kepala manusia yang dibatasi oleh wajah  manusia di sebelah depan, dan leher pada batas bagian belakang. Kulit kepala memainkan peran penting dalam estetika wajah. Kerontokan rambut atau proses kebotakan menjadi kekhawatiran umum pada pria dan wanita.

Itu dapat ditangani dengan berbagai  dengan obat-obatan atau transplantasi rambut. Jika kulit kepala berat dan longgar akibat penuaan, dahi akan merendah dan terlihat berjajar. Prosedur pengangkatan alis dapat mengatasi masalah ini. Bagi beberapa orang, menjaga kesehatan kulit kepala dinilai tidak sepenting menjaga perawatan kulit wajah dan tubuh.

Padahal, jika kamu tidak merawat dan menjaganya, akan timbul masalah pada rambut. Salah satunya adalah kerontokan. Maka dari itu, melakukan Download IDNPlay perawatan dan menjaga kesehatan kulit kepala sangat dianjurkan agar kulit kepala terawat dengan baik.

1. Jangan terlalu sering keramas
5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala yang Mudah dan Gak Perlu Salon!

Dilansir Healthline, rambut yang lepek memang cukup mengganggu penampilan. Gak jarang, kaum hawa yang merasakan hal tersebut, buru-buru keramas.

Namun, jika kamu terlalu sering keramas, justru ini akan membuat minyak alami pada rambut hilang. Kulit kepala juga bisa menjadi kering.

Pada umumnya, rambut lepek adalah hal yang wajar karena minyak alami pada rambut berperan sangat baik untuk menghidrasi kulit kepala. Beberapa ahli merekomendasikan waktu yang tepat untuk keramas adalah sekitar tiga atau empat kali dalam seminggu.

2. Memakai minyak alami
5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala yang Mudah dan Gak Perlu Salon!

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan minyak alami untuk membantu menghidrasi serta menutrisi kulit kepala. Sebagai referensi, kamu bisa memakai minyak almon, minyak jarak, dan minyak zaitun untuk memijat kulit kepala.

Saat memijat kulit kepala dengan salah satu minyak tersebut, kamu bisa menambahkan essential oil. Essential oil berperan untuk memberikan manfaat ekstra pada minyak yang digunakan.

Adapun jenis essential oil yang bisa kamu pakai, antara lain lavender, rosemary, pepermin, hingga tea tree oil. Kini, sudah tidak sulit lagi kan mendapatkannya?

3. Mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan Omega-3
5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala yang Mudah dan Gak Perlu Salon!

Untuk memiliki rambut sehat dan berkilau, kamu bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan yang memiliki kandungan Omega-3. Dilansir Naturallycurly, Omega-3 memiliki nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut serta membantu mencegah rambut yang rontok.

4. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan
5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala yang Mudah dan Gak Perlu Salon!

Stres oksidatif terjadi karena jumlah radikal bebas yang dapat merusak tubuh melebihi kadar antidoksidan yang masuk ke dalam tubuh. Selain berdampak buruk untuk kesehatan organ tubuh, kondisi ini juga dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala.

Maka dari itu, kamu anjurkan untuk mengonsumsi beberapa sumber antioksidan yang tinggi seperti buah dan sayur guna membantu merawat kesehatan kulit kepala dan rambut.

Kamu juga dapat menghindari konsumsi makanan manis secara berlebihan karena hal tersebut dapat memicu adanya perkembangan populasi jamur secara cepat di kulit kepala sehingga akan menyebabkan kotombe.

5. Mencukupi kebutuhan cairan
5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala yang Mudah dan Gak Perlu Salon!

Terpenuhinya kebutuhan cairan memang sangat baik untuk hidrasi tubuh, termasuk kulit kepala. Dilansir The Berkey, saat kebutuhan cairan terpenuhi, kulit kepala dapat menjaga tingkat keratin pada rambut, sehingga membuat volume pada rambut meningkat.

Cara ini juga mampu membatasi adanya penumpukan kotoran yang ada di kulit kepala. Dengan demikian, rambut jadi bersih dan kuat. Maka dari itu, sebaiknya kamu minum air mineral setidaknya 6 hingga 8 gelas air sehari agar kebutuhan akan cairan terpenuhi.

Salah satu gejala yang menandakan ada masalah pada kulit kepala adalah susahnya mengatasi kulit kepala gatal yang tidak tertahankan. Kebanyakan orang mungkin merasa bahwa kondisi ini dapat menghasilkan ketombe. Faktanya, ada beragam penyakit kulit kepala yang menyebabkan rasa gatal pada daerah tersebut.