Inilah Olahan Menyehatkan Buah Cranberry yang Pas Buat Diet

Inilah Olahan Menyehatkan Buah Cranberry yang Pas Buat Diet

Inilah Olahan Menyehatkan Buah Cranberry yang Pas Buat Diet – Cranberry adalah sekelompok semak kerdil hijau atau tanaman merambat di subgenus  Oxycoccus dari genus Vaccinium. Di Inggris, cranberry dapat merujuk ke spesies asli Vaccinium oxycocco.

Sementara di Amerika Utara,cranberry dapat merujuk ke Vaccinium macrocarponCranberry merupakan salah satu bagian dari keluarga buah berry yang memiliki warna merah menggugah selera.

Rasa cranberry cenderung lebih asam, sehingga cocok disantap sebagai penambah rasa untuk menciptakan kudapan segar. Buah mengandung antioksidan tinggi tersebut bisa dikreasikan dengan macam-macam hidangan, lho.

1. Cranberry cupcake
5 Olahan Menyegarkan dari Buah Cranberry, Wajib Dicoba!

Menikmati kue mangkuk belum lengkap rasanya bila tidak menggunakan bahan tambahan, untuk menciptakan rasa kudapan yang lebih legit dan menggugah selera. Salah satu varian tersebut didapat melalui pemakaian buah cranberry.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan cupcake adalah tepung terigu, susu, mentega, gula, baking powder, dan baking soda. Penggunaan cranberry beku pun dibutuhkan untuk menciptakan tekstur menarik terhadap makanan.

2. Cranberry jelly
5 Olahan Menyegarkan dari Buah Cranberry, Wajib Dicoba!

Jeli mempunyai tekstur makanan yang kenyal dan lembut, disertai karakteristik kudapan yang mudah hancur di mulut. Olahan ini pun dapat dijadikan penutup atau camilan segar ketika tengah hari.

Proses pembuatan jeli bisa dibuat menggunakan agar-agar ataupun gelatin. Campur dengan jus cranberry, gula, orange zest, dan tambahkan pula buah cranberry utuh supaya sajian lebih menarik.

3. Cranberry cake
5 Olahan Menyegarkan dari Buah Cranberry, Wajib Dicoba!

Siapa di antara kamu yang menggemari olahan kue buah? Biasanya makanan ini sering dimasak memakai buah kaleng atau buah kering yang lebih asam. Namun, kali ini kue bisa pula diproses dari cranberry utuh, lho.

Cukup campurkan buah segar tersebut bersama tepung terigu, susu, mentega, baking powder, gula, dan garam. Kemudian panggang beberapa saat. Sajikan bersama saus manis agar lebih nikmat.

4. Cranberry pavlova
5 Olahan Menyegarkan dari Buah Cranberry, Wajib Dicoba!

Pavlova menjadi kudapan pencuci mulut yang pas. Hidangan ini bisa disajikan dalam berbagai acara santai ataupun untuk memeriahkan suatu perayaan. Sebab, pavlova memiliki bentuk yang menarik dan tekstur agak crunchy.

Seperti diketahui, pavlova diolah menggunakan putih telur dan campuran krim tartar yang dipanggang. Sementara untuk mendampingi hidangan, kamu bisa membuat cranberry compote dan taruh di atas hidangan yang sudah matang.

5. Cranberry bread
5 Olahan Menyegarkan dari Buah Cranberry, Wajib Dicoba!

Tak cuma kue, cranberry pun termasuk buah yang cocok untuk disantap sebagai penambah rasa bagi olahan kaya karbohidrat seperti roti. Keberadaan buah akan membuat rasa roti menjadi lebih nikmat dan memiliki penampilan cantik.

Roti bisa diproses menggunakan tepung terigu, ragi, mentega, gula, garam, dan susu. Sementara itu, cranberry bisa dimasak lebih dulu bersama gula dan mentega, sebelum ditambahkan ke dalam adonan yang telah kalis.

Cranberry ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penambah rasa untuk aneka makanan sedap. Buat kamu yang gemar dengan olahan bercita rasa segar, lima kudapan di atas wajib untuk dicicipi dalam waktu dekat.

Cranberry adalah semak atau tanaman merambat yang rendah dan merambat hingga panjang 2 meter (7 kaki) dan tingginya 5 hingga 20 sentimeter (2 hingga 8 inci);  mereka memiliki batang ramping dan kurus yang tidak berkayu tebal dan memiliki daun kecil yang selalu hijau. The bunga gelap merah muda, dengan sangat berbeda melipat kelopak, meninggalkan gaya dan benang sari sepenuhnya terkena dan menunjuk ke depan.

Mereka diserbuki oleh lebah. Buahnya adalah berry yang lebih besar dari daun tanaman; awalnya berwarna hijau muda, berubah menjadi merah saat matang. Ini dapat dimakan, tetapi dengan rasa asam yang biasanya melebihi rasa manisnya.