Inilah Deretan Hidangan Khas Uzbekistan yang Nyaman di Perut

Inilah Deretan Hidangan Khas Uzbekistan yang Nyaman di Perut

Inilah Deretan Hidangan Khas Uzbekistan yang Nyaman di Perut – Masakan Uzbekistan didominasi oleh pertanian lokal seperti di kebanyakan negara. Ada banyak ladang gandum di Uzbekistan, sehingga roti dan mie menjadi makanan pokok di negara ini. Masakan Uzbekistan sendiri dicirikan sebagai “kaya akan mie”.

Sarapan menjadi kegiatan wajib bagi sebagian orang. Selain untuk mengisi perut yang kosong, sarapan juga dapat membuat semangat untuk menjalani hari. Setiap negara pastinya mempunyai menu sarapan yang bervariasi, tak terkecuali Uzbekistan.

Negara ini memiliki banyak menu menarik untuk dicoba, mulai dari salad segar, roti, hingga pasta. Ada yang komposisinya lebih banyak karbohidrat ataupun zat gizi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Berikut 5 kuliner khas Uzbekistan yang pas dijadikan menu sarapan.

1. Tuxum barak
Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Uzbekistan yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

Tuxum barak merupakan makanan tradisional yang berasal dari daerah Khorezm. Makanan ini terbuat dari campuram tepung, telur, air, dan garam. Semua bahan dicampur merata hingga membentuk adonan.

Adonan lalu diremas, digulung, dan dipotong-potong. Selanjutnya, adonan akan diisi dengan kombinasi telur kocok, susu, mentega, daun bawang cincang, dan tambahan rempah-rempah, seperti kunyit serta lada hitam.

Setelah selesai, adonan lalu direbus ke dalam air dan siap disajikan setelah mengapung ke permukaan. Makanan ini umumnya dihidangkan dengan krim asam atau yoghurt.

2. Obi non
Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Uzbekistan yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

Obi non atau dapat juga disebut lepyoshka yang merupakan roti pipih tradisional bertekstur lebih tebal dari naan. Umumnya, obi non memiliki bentuk cakram dengan bagian atasnya yang dihias.

Roti ini terbuat dari tepung, air, garam, dan ragi. Secara tradisional adonan tersebut dipanggang dalam oven tanah liat yang disebut tandyr.

Obi non sangat cocok dijadikan menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Roti juga makin nikmat saat dihidangkan bersamaan dengan teh hangat.

3. Shakarap
Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Uzbekistan yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

Shakarap merupakan salad sederhana yang tak hanya populer di Uzbekistan, tapi juga terkenal di Kirgistan. Salad ini terbuat dari tomat, bawang, garam, serta lada merah dan hitam.

Pembuatannya dan bahan-bahannya sangatlah praktis, hal tersebut membuatnya menjadi pilihan sarapan bagi banyak orang. Shakarap juga dapat menjadi lauk pendamping daging dan nasi, lho.

4. Tashkent Salad
Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Uzbekistan yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

Tashkent salad merupakan makanan yang bahan utamanya berupa daging sapi rebus dan lobak hijau. Kemudian bahan tambahan lainnya adalah mayones dan juga bawang. Mayones dapat digantikan dengan krim asam, tapi tentu rasanya akan berbeda.

Bahan-bahan yang diperlukan sangatlah sederhana. Selain cocok dijadikan menu sarapan, salad ini juga dapat disajikan untuk acara khusus.

5. Achicuk Salad
Bikin Nagih, 5 Kuliner Khas Uzbekistan yang Pas Dijadikan Menu Sarapan

Achicuk salad merupakan salad tradisional yang mempunyai banyak variasi. Namun, yang paling umum terbuat dari kombinasi tomat dan bawang. Untuk menambah cita rasa, maka ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti cabai, ketumbar, atau basil.

Semua bahan-bahan tersebut lalu diiris tipis. Kemudian dibumbui dengan garam. Salad biasanya dihidangkan di atas nasi pilau. Achicuk salad menjadi favorit banyak orang karena sehat, mudah dibuat, dan cocok untuk menemani hampir semua hidangan.

Menu sarapan khas Uzbekistan sangat bervariasi. Sebagian besar menyehatkan dan kaya nutrisi. Menu sarapannya bisa bikin semangat menjalani rutinitas, nih.

Kuliner khas Uzbekistan adalah palov (plov atau osh atau “pilaf”), yakni hidangan utama yang biasanya dibuat dengan nasi, potongan daging, parutan wortel dan bawang bombai. Hidangan ini biasanya dimasak di kazan (atau deghi) di atas api terbuka; kacang arab, kismis, berberis, atau buah-buahan dapat ditambahkan untuk variasi.

Meskipun sering dibuat oleh ibu rumah tangga untuk keluarga dan tamu, palov juga dibuat pada kesempatan khusus oleh para oshpaz yang memasak hidangan nasional ini di atas api terbuka, dan terkadang mereka menyajikan hidangan untuk porsi 1.000 orang dari satu kaldron pada hari libur atau perayaan seperti helatan pernikahan. Oshi nahor atau “plov pagi” disajikan pada pagi hari (antara jam 6 hingga 9 waktu setempat) saat pertemuan besar, seperti saat dihelatnya perayaan pernikahan.