Inilah Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Buat Para Ibu

Inilah Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Buat Para Ibu

Inilah Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Buat Para Ibu – Baby Blues Syndrome ini dikarenakan hormon. Tubuh Bunda mengalami perubahan yang besar setelah melahirkan. Karena kelahiran itu sendiri, yang sangat melelahkan, dan kemudian susu (ASI) akan keluar. Hormon yang dibutuhkan untuk melahirkan akan berkurang, dan hormon lainnya yang diperlukan untuk memproduksi ASI akan meningkat.

Semua ini akan memberikan efek yang besar dari segi emosional Bunda. Ditambah dengan adanya tanggung jawab baru untuk merawat bayi, merawat dan kesadaran bahwa hal baru ini akan membawa perubahan di hidup Bunda.

Tidak heran beberapa wanita sedikit kewalahan dengan perubahan ini. Kondisi ini menyebabkan ibu mudah Download IDNPlay sedih, lelah, mudah marah, menangis tanpa alasan, mudah gelisah, dan lain sebagainya. Menjadi ibu memang membutuhkan adaptasi.

1. Komunikasi dengan pasangan dan keluarga
Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter 

Ketika merasakan keadaan atau emosimu gak stabil, kamu harus segera mengomunikasikannya ke pasangan dan keluargamu. Dukungan dari pasangan sangat penting untuk menjaga dirimu agar tetap waras.

Ceritakan kegelisahan dan ketidaknyamananmu selama menjadi ibu baru. Ini karena mengasuh anak merupakan tanggung jawab berdua, yaitu ayah dan ibu, bukan ibu saja.

2. Menyempatkan untuk me time
Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter 

Menjadi ibu baru akan membawa banyak perubahan pada dirimu. Supaya kamu bisa beradaptasi dengan perubahan itu dan menjadi lebih baik, kamu bisa melakukan me time.

Jangan terlalu terbebani dengan mengurus anak! Sediakanlah waktu untuk merawat diri sendiri supaya kebahagiaan tetap terjaga!

3. Quality time bersama pasangan
Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter 

Setelah jadi ibu, kamu memang akan menghabiskan waktu bersama si kecil. Namun, kamu bisa sesekali mencoba menghabiskan waktu dengan suami, seperti jalan-jalan atau kencan berdua. Mengingat kembali momen-momen bahagia, akan membuat perasaanmu lebih baik.

4. Berbagi cerita
Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter 

Kamu gak boleh memendam semuanya sendirian. Bercerita dipercaya mampu sedikit meringankan beban atau masalah yang kamu hadapi.

Kamu bisa bersosialisasi dan bercerita dengan ibu baru lainnya mengenai perasaan apa  yang sedang kalian alami. Dengan ini, tentu kamu gak akan merasa sendirian dan kesepian menghadapi peran sebagai ibu baru.

5. Penuhi kebutuhan makanan harian
Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter 

Karena sibuk mengurus bayi, kamu gak boleh melupakan asupan makanan yang cukup setiap hari. Hal ini berguna untuk mengubah suasana hati atau mood kamu jadi lebih baik. Asupan makanan yang beragam ini, juga akan membantu memenuhi kebutuhan gizimu.

Setelah Bunda mengetahui tentang apa itu baby blues syndrome, selanjutnya yang perlu Bunda ketahui ialah Gejala dari Baby blues syndrome itu sendiri.

  • Bunda akan menangis tanpa alasan yang jelas,
  • Bunda merasa mudah kesal,
  • Cepat merasa lelah,
  • Hilangnya atau tidak memiliki rasa percaya diri,
  • Bunda akan mudah tersinggung,
  • Bunda akan sulit untuk istirahat,
  • Dampaknya, Bunda akan enggan untuk memperhatikan si Kecil.