Inilah Bahan Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan Sehat Lho

Inilah Bahan Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan Sehat Lho

Inilah Bahan Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan Sehat Lho – Camilan adalah makanan dalam porsi kecil yang dimakan di antara dua waktu makan. Kebanyakan orang menganggap bahwa camilan adalah penyebab obesitas, padahal camilan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju jam makan besar.

Untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, Kita dapat memilih camilan sehat yang akan membuat kita tidak kelaparan hingga jam makan tiba. Pada umumnya, camilan dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, biskuit, es krim, atau kacang berondong. Namun camilan yang seperti ini lebih banyak mengandung lemak dan karbohidrat tinggi dengan nilai gizi yang minim.

Padahal banyak pilihan camilan sehat bersumber dari buah, sayur, kacang, dan biji-bijian, serta produk olahan susu rendah lemak. Di supermarket pasti banyak cemilan yang bisa kamu beli baik Poker IDN yang sehat ataupun tidak. Tapi, tahukah kamu, kalau kamu bisa membeli beberapa bahan makanan yang bisa kamu jadikan cemilan di rumah. Apa saja itu?

1. Ubi
7 Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan dan Gak Mengandung Micin

Ubi memang sangat enak karena rasanya manis. Beberapa orang makan ubi rebus sebagai makanan utama ketika diet. Ubi rebus memang enak karena rasa awalnya memang sudah manis. Tapi ada juga yang digoreng, tapi sebaiknya jangan sering – sering. Karena yang digoreng kurang sehat akibat minyak untuk menggoreng.

2. Singkong
7 Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan dan Gak Mengandung Micin

Singkong rebus juga menjadi makanan utama beberapa orang yang sedang diet. Singkong rasanya hambar, biasanya ditambah sedikit gula atau garam agar ada rasa yang lebih nikmat. Tak jarang orang makan singkong goreng lalu ditambah dengan bumbu–bumbu seperti barbeque atau lainnya.

3. Kentang
7 Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan dan Gak Mengandung Micin

Kentang biasanya direbus atau digoreng. Tapi, kentang goreng biasanya lebih enak karena teksturnya lebih padat. Tapi sayangnya, segala yang digoreng kurang sehat. Jika direbus, kentang akan sangat lembek. Makanya, beberapa orang mengkreasikan kentang rebus agar lebih nikmat dimakan.

4. Tempe
7 Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan dan Gak Mengandung Micin

Kreasi tempe bermacam–macam. Ada tempe goreng, tempe bacem, tempe mendoan, keripik tempe dan olahan tempe lainnya. Tempe memang enak dimakan, tapi kalau digoreng, harus ditiriskan minyaknya sampai kering. Terkadang, beli tempe di luar rumah, seringkali minyaknya tidak ditiriskan, karena memang ramai atau memang penjualnya seperti itu.

5. Tahu
7 Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan dan Gak Mengandung Micin

Tahu paling enak dimakan dengan cabe rawit, apalagi tahu isi. Tahu kosong rasanya hanya asin biasa saja, tapi kalau tahu isi, ada campuran sayur yang menjadikannya asin dan rasa sayur yang enak dimakan. Tahu goreng biasanya dimasak dengan masakan lain, misalnya sapo tahu. Tapi, tahu memang paling cocok sebagai cemilan di rumah.

6. Jagung
7 Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan dan Gak Mengandung Micin

Kalau jagung, pasti semuanya langsung ingat popcorn atau jagung rebus. Ya memang kreasi jagung tersebut sangat enak, tapi lebih sehat jagung rebus dibandingkan popcorn. Dan sekarang juga sedang tren jagung manis, dimana jagung rebus dilepaskan biji jagungnya menjadi butiran – butiran lalu diberi coklat meises, keju parut, atau bumbu barbeque sesuai selera.

7. Buah
7 Makanan yang Bisa Dijadikan Cemilan dan Gak Mengandung Micin

Buah memang enak dijadikan cemilan. Khasiat buah memang berbeda – beda, namun semuanya sehat. Tergantung selera kamu. Jika kamu suka pisang, kamu bisa makan pisang sebagai cemilan kamu. Atau mengkreasikan pisang itu menjadi pisang coklat atau sejenisnya. Tapi dimakan langsung juga sudah enak.

Makanan ringan tak harus chiki terus. Kadang, banyak penyedap rasa dan pengawet yang kurang baik untuk kesehatan. Boleh makan tapi jangan sering–sering. Jaga kesehatan dirimu sendiri.

Keju, yogurt, dan produk olahan susu lain merupakan sumber kalsium dan protein, serta vitamin dan mineral. Untuk mendapatkan camilan sehat, pilih produk rendah lemak. Sebagian lagi, memiliki tambahan gula. Sebaiknya kamu memilih produk dengan label tanpa pemanis tambahan atau label rendah kalori.

Camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti oatmeal, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks agar tubuh senantiasa berenergi. Menurut penelitian, makanan kaya serat diduga mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan. Jika tidak suka dengan rasa oatmeal yang hambar, campurkan saja dengan kacang-kacangan.