Inilah Bahan-bahan Alami yang Dapat Mengeluarkan Dahak

Inilah Bahan-bahan Alami yang Dapat Mengeluarkan Dahak

Inilah Bahan-bahan Alami yang Dapat Mengeluarkan Dahak – Dahak adalah lendir yang biasanya muncul saat Anda sedang batuk. Jika diperhatikan, warna dahak ini tidak selalu sama. Jangan anggap remeh perubahan warna dahak, karena hal ini bisa menjadi tanda adanya penyakit-penyakit tertentu. Dahak adalah sesuatu yang terasa kental dan lengket di belakang tenggorokan. Sebenarnya, selaput lendir memproduksi dahak sepanjang waktu guna melindungi sistem pernapasan. Namun, saat sakit, dahak ini terasa mengental dan mengganggu.

Selain bening, warna dahak bisa berubah menjadi putih, hijau, kuning, merah, merah muda, bahkan hitam. Warna dahak bisa menjadi tanda untuk memperkirakan penyebab yang mendasari munculnya keluhan. Lendir memiliki sifat yang lengket dan memerangkap debu, alergen, dan virus. Saat kamu sedang sakit, dahak terasa sangat kental karena menjebak zat asing.

Kadang, adanya dahak membuat kita merasa tidak nyaman sehingga kita merasa perlu mengeluarkannya. Nah, untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat kamu temukan di sekitarmu. Apa saja? Intip di bawah ini!

1. Air hangat
7 Bahan Alami untuk Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu mengencerkan dahak, membuatnya lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Menurut studi dalam jurnal Rhinology tahun 2008, minuman hangat bermanfaat untuk mengatasi bersin, batuk yang mengganggu, sakit tenggorokan, dan kedinginan.

Cobalah memperbanyak minum air hangat saat batuk atau merasa ketidaknyamanan di tenggorokan. Pilihan cairan baik lainnya adalah kaldu hangat, air jeruk nipis hangat, atau teh hangat tanpa gula.

2. Madu
7 Bahan Alami untuk Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak

Madu adalah obat rumahan yang populer untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ditambah, penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Sebuah studi dalam jurnal Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine tahun 2007 menguji efek madu soba pada infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak. Pada penelitian itu, para orangtua melaporkan bahwa madu memberikan manfaat terbaik untuk mengatasi gejala, dibandingkan dengan pengobatan standar atau tanpa pengobatan.

Untuk mengatasi batuk, kamu dapat mengonsumsi satu sendok makan madu setiap 3 sampai 4 jam, sampai gejalanya mereda. Namun, ingatlah bahwa madu tidak cocok untuk bayi di bawah usia 12 bulan.

3. Air garam hangat
7 Bahan Alami untuk Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak

Berkumur dengan air garam hangat dapat mengencerkan dahak di tenggorokan dan meredakan batuk, menurut laman Medical News Today. Buat larutan air garam dengan menambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat.

Gunakan campuran ini untuk berkumur dan biarkan di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat. Lakukan beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

4. Thyme
7 Bahan Alami untuk Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak

Thyme memiliki sifat antimikroba sekaligus dapat membantu mengencerkan dahak. Bahkan, seperti dijelaskan di laman Byrdie, thyme telah lama digunakan untuk mengobati batuk dan infeksi saluran pernapasan atas.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa membuat teh dari daun thyme. Tambahkan juga lemon segar dan madu untuk menambah rasa. Minum beberapa kali sehari sampai gejala mereda.

5. Minyak eucalyptus
7 Bahan Alami untuk Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak

Menggunakan minyak esensial eucalyptus dapat membantu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya. Dilansir Healthline, eucalyptus bekerja dengan membantu mengencerkan lendir, sehingga dapat dikeluarkan dengan lebih mudah. Jika kamu mengalami batuk yang mengganggu, minyak esensial eucalyptus dapat meredakannya.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa membeli minyak esensial eucalyptus yang banyak tersedia di pasaran. Gunakan dengan cara menghirup uapnya melalui diffuser atau menggunakan balsam yang mengandung bahan ini. Namun, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter jika kamu ingin menggunakannya pada anak-anak.

6. Bawang putih
7 Bahan Alami untuk Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak

Bawang putih adalah salah satu bahan pereda batuk yang baik. Ini karena rute utama ekskresi minyak atsiri bawang putih adalah melalui paru-paru, mengutip Byrdie.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menambahkan bawang putih mentah ke saus salad, bahan makanan lainnya, atau dicampurkan ke dalam smoothie. Smoothie yang terdiri dari sayuran hijau, jahe, dan bawang putih adalah kombo yang ampuh untuk memperkuat kekebalan tubuh dan mengatasi dahak yang mengganggu.

7. Jahe
7 Bahan Alami untuk Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak

Jahe memiliki sifat terapeutik yang kuat, karenanya bahan ini sering digunakan untuk mengobati batuk, pilek, hingga hidung tersumbat.

Jahe membantu meredakan batuk dan menenangkan saluran udara, sambil mengeluarkan lendir yang membandel. Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology tahun 2013 menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang dimurnikan di dalam akar jahe dapat mengendurkan otot-otot di saluran udara.

Kamu bisa mengonsumsi jahe mentah atau bersama dengan madu untuk efek yang lebih kuat. Caranya, masukkan satu sendok teh parutan jahe dan dua sendok makan madu dengan satu gelas air hangat. Minum dua kali per hari selama beberapa hari.