Ini Perbedaan Antara Sarden & Makarel yang Harus Kamu Tahu

Ini Perbedaan Antara Sarden & Makarel yang Harus Kamu Tahu

Ini Perbedaan Antara Sarden & Makarel yang Harus Kamu Tahu – Ikan kaleng merupakan ikan dan produk ikan yang telah melalui pemrosesan, dikemas dalam kaleng kedap udara, dan diberikan panas untuk mematikan bakteri di dalamnya serta mematangkannya. Pengalengan merupakan salah satu jenis metode pengawetan makanan dan mampu memperpanjang usia simpan makanan hingga lima tahun.

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki tingkat keasaman yang rendah (pH cenderung tinggi, lebih dari 4.6) sehingga bakteri dapat tumbuh dengan mudah. Dibutuhkan sterilisasi dengan temperatur yang tinggi, umumnya hingga 130 derajat celcius.

Mengonsumsi ikan merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia sebagai identitas dari negeri yang erat dengan Poker Online IDN maritimnya. Salah satu jenis ikan yang paling umum dikonsumsi adalah ikan sarden dan makarel. Pada umumnya masih banyak orang yang kesulitan dalam membedakan dua jenis ikan ini, padahal keduanya merupakan jenis yang berbeda.

1. Lokasi habitat
5 Perbedaan Antara Sarden dan Makarel, Jangan Sampai Ketukar!

Meski sering dianggap kembar, namun kedua jenis ikan ini memiliki lokasi habitat yang saling berjauhan, lho.

Untuk ikan makarel sendiri, ternyata berasal dari perairan Atlantik dan dapat ditemukan dengan mudah di sana. Sementara, ikan sarden lebih umum ditemukan di Samudera Hindia dan Pasifik Barat Indonesia (Selat Bali).

2. Berbeda jenis keluarga
5 Perbedaan Antara Sarden dan Makarel, Jangan Sampai Ketukar!

Kamu tentunya dapat melihat perbedaan antara satu jenis ikan dengan ikan lainnya melalui klasifikasi kelas yang mereka miliki. Jika ikan sarden ternyata merupakan satu keluarga dengan ikan haring & sad, maka ikan makarel merupakan satu keluarga dengan ikan tuna. Tentunya dari segi kelasnya pun berbeda.

3. Perbedaan dari segi daging ikan
5 Perbedaan Antara Sarden dan Makarel, Jangan Sampai Ketukar!

Hal selanjutnya yang dapat kamu bedakan antara jenis makarel dan jenis sarden adalah melalui perbedaan dari segi daging yang dimiliki kedua ikan.

Ikan makarel cenderung memiliki daging dengan tekstur yang lebih kenyal, keras, bahkan hingga lunak. Sementara, ikan sarden memiliki daging yang jauh lebih lunak atau bahkan mudah hancur.

4. Ukuran fisik
5 Perbedaan Antara Sarden dan Makarel, Jangan Sampai Ketukar!

Tak sulit dalam membedakan keduanya bila kamu melihat dari ukuran fisik antara makarel dan sarden. Ikan makarel pada umumnya memiliki ukuran yang lebih besar, sekitar 35-45 cm dan tentunya cukup jauh bila dibandingkan dengan ukuran ikan sarden. Dari ukuran fisiknya, maka kamu dapat membedakannya dengan mudah.

5. Sirip ikan
5 Perbedaan Antara Sarden dan Makarel, Jangan Sampai Ketukar!

Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam membedakan keduanya dari segi ukuran fisik, maka kamu dapat melihat bagian sirip antara makarel dan sarden. Keduanya memiliki jumlah sirip yang berbeda. Dimulai dari makarel yang memiliki jumlah 7-9 sirip pada bagian punggung hingga ekor. Sementara, ikan sarden memiliki satu sirip pada bagian tengah punggung

Sumber panas dan cara memanaskannya bervariasi, mulai dari penggunaan  panci tekan hingga paparan ke uap panas sembari pemindahan dengan  konveyor. Sterilisasi dapat dilakukan sebelum maupun setelah kaleng ditutup. Membusuknya daging ikan dikarenakan keberadaan bakteri yang mencerna ikan serta mengeluarkan aroma dan rasa yang tidak sedap bagi daging ikan.