Ide Kreasi Menu Masakan Sederhana Dengan Rumput Laut Kering

Ide Kreasi Menu Masakan Sederhana Dengan Rumput Laut Kering – Rumput laut adalah bentuk ganggang yang tumbuh di laut. Mereka adalah sumber makanan untuk kehidupan laut dan beragam warna dari merah ke hijau ke coklat ke hitam.

Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina. Nori adalah rumput laut kering yang saat ini ramai dijual dalam kemasan siap santap.

Makanan memiliki karakteristik berwarna kehijauan dan cukup asin ketika dimakan secara langsung atau dijadikan bungkusan untuk olahan tertentu. Membuat suatu santapan dengan nori tidak selalu harus masuk ke dalam kategori makanan mewah.

Tempura nori 

5 Ide Menu Makan Simpel dengan Nori, Gak Harus Mahal!

Tempura adalah gorengan andalan yang dimiliki oleh berbagai restoran bertemakan masakan Jepang. Makanan ini cocok dijadikan pendamping hidangan utama atau sekadar disantap sebagai camilan ringan.

Bila tempura lebih sering disajikan dalam bentuk balutan tepung keriting bareng udang. Kini, kamu bisa membuat makanan ini dengan versi lebih ekonomis. Caranya cukup ganti seafood tersebut menggunakan lembaran nori siap makan.

Telur dadar nori 

5 Ide Menu Makan Simpel dengan Nori, Gak Harus Mahal!

Telur dadar menjadi lauk sederhana yang sangat cocok ketika disandingkan bersama nasi putih hangat. Makanan ini bahkan bisa dibuat dalam sekejap mata, karena begitu sederhana untuk diolah sendiri di rumah.

Namun, biar rasa telur dadar bertambah spesial. Kamu bisa menjadikan nori sebagai tambahan perasa untuk makanan tersebut. Bahkan penggunaan rumput laut kering ini bebas kamu gunakan seberapa banyak, biar terasa makin yummy.

Bola-bola nasi nori 

5 Ide Menu Makan Simpel dengan Nori, Gak Harus Mahal!

Siapa di antara kamu yang memiliki anggota keluarga dengan kebiasaan sulit makan? Bila iya, maka kreativitas selanjutnya bisa menginspirasi untuk membuat orang-orang tertarik mencicipi. Terutama bila yang dimaksud adalah anak-anak.

Bola-bola nasi ini walaupun sederhana, tapi rasa yang dihasilkan sangat luar biasa. Tinggal campur nasi hangat bareng mentega biar umami. Masukkan potongan rumput laut kering dan bentuk bola-bola mini sebelum disajikan.

Tempe goreng nori 

5 Ide Menu Makan Simpel dengan Nori, Gak Harus Mahal!

Kelezatan nori dapat pula kamu temukan di dalam salah satu gorengan favorit masyarakat Indonesia, seperti tempe goreng. Hidangan ini akan memiliki kombinasi rasa yang menarik dan aroma nikmat ketika digabungkan jadi satu.

Nori sendiri dapat dimasukkan ke dalam adonan tepung, supaya lebih gampang menempel saat tempe dicelupkan. Siapkan minyak panas, lalu masak hidangan tersebut sampai benar-benar matang secara merata. Santap bareng nasi, deh!

Tahu nori

5 Ide Menu Makan Simpel dengan Nori, Gak Harus Mahal!

Penganan ini menjadi inspirasi lauk makan yang menarik untuk dicoba, terutama kalau kamu merupakan pencinta tahu. Bahan makanan yang berasal dari kedelai tersebut akan bertransformasi menjadi tambah sedap saat dimakan bareng nori, lho.

Pembuatannya pun bisa diawali dengan merekatkan nori ke permukaan tahu. Kemudian goreng beberapa saat sampai tahu matang. Biar lebih sedap, masak juga saus kesukaan dengan menambahkan cita rasa teriyaki di dalamnya. Kemudian siramkan.

Nori tidak harus dibentuk menjadi masakan mewah dan mahal. Sebab di tangan para kreatif, bahan ini sukses menyulap sajian sederhana sekalipun, menjadi terasa semakin istimewa. Yuk, coba salah satu olahan di atas!

Manfaat rumput laut yang terakhir berkaitan dengan fungsi jantung. Seperti yang dicatat dalam penelitian yang sama, makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh.

Tubuh kemudian menggunakan kolesterol untuk menggantikan unsur-unsur ini, yang dapat mengakibatkan penurunan total kolesterol hingga 18%. Manfaat rumput laut yang pertama adalah membantu fungsi tirod. Kelenjar tiroid mengontrol dan melepaskan hormon untuk produksi energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel.

Tiroid membutuhkan yodium agar berfungsi dengan benar. Tiroid bergantung pada yodium untuk menghasilkan hormon. Tanpa yodium yang cukup, kamu mungkin mulai mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher.