Hidangan Salad Sehat Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik

Hidangan Salad Sehat Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik

Hidangan Salad Sehat Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik – Salad adalah merupakan sejenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran atau buah-buahan . Salad dikategorikan sebagai makanan sehat karena dari komposisinya yang terdiri dari sayur dan buah-buahan kita dapat mengetahui bahwa salad adalah makanan yang banyak mengandung serat, nutrisi dan vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menjelajahi negara Kroasia memang tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi hidangan tradisionalnya yang menggugah selera. Salah satu kuliner khas Kroasia yang sangat direkomendasikan adalah jenis salad yang dikenal memiliki rasa nikmat sekaligus menyehatkan.

Hal ini dikarenakan, salad khas Kroasia dibuat menggunakan bahan seperti sayur-sayuran serta buah-buahan yang masih segar. Sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin menjaga berat tubuh ideal. Berikut Daftar Club388 jenis hidangan salad tradisional khas Kroasia yang patut untuk kamu coba.

1. Sokacka salata
5 Hidangan Salad Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan!

Sokacka salata merupakan hidangan tradisional klasik yang berasal dari wilayah Slavonia, Kroasia. Salad ini terbuat dari berbagai bahan seperti daging ayam, paprika, biji labu, tomat, daun bawang, telur, dan masih banyak lagi.

Kemudian beberapa bahan-bahan tersebut di potong berbentuk dadu. Untuk menambah rasa agar lebih nikmat, tambahkan cuka merah dan minyak biji bunga matahari.

Proses pembuatan hidangan ini cukup memakan waktu yang lama karena daging ayam direbus dan ditumis terlebih dahulu. Sokacka salata biasanya disajikan dengan dihiasi potongan daun peterseli pada bagian atasnya.

2. Varazdin salad
5 Hidangan Salad Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan!

Nama dari varazdin salad diambil dari tempat asalnya, yaitu kota Varazdin. Hidangan ini memiliki rasa yang paling lezat jika dibandingkan dengan semua jenis salad yang ada di negara Kroasia.

Varazdin salad terdiri dari fillet dada ayam, mentimun, apel, peterseli, dan lobak. Untuk proses pembuatannya, daging ayam di masak terlebih dahulu dengan berbagai jenis bumbu hingga matang kemudian di potong-potong.

Setelah itu, campurkan semua bahan di atas piring lalu tambahkan garam dan merica untuk memberikan rasa. Kamu juga dapat menikmati salad ini dengan menambahkan mustard dan mayones.

3. Becarska satrica
5 Hidangan Salad Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan!

Masyarakat Kroasia sering menyajikan becarska satrica sebagai hidangan pembuka. Salad ini cukup mudah untuk dibuat dan tidak memakan waktu yang lama.

Becarska satrica terdiri dari beberapa jenis sayur-sayuran, seperti paprika manis, daun bawang, dan peterseli. Kemudian, bahan-bahan tersebut dicampur lalu diaduk bersama krim asam, garam dan keju segar.

Becarska satrica biasa di santap bersama roti atau hidangan daging tradisional yang disebut kulen.

4. Durdevac salad
5 Hidangan Salad Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan!

Untuk pembuatan durdevac salad kamu harus menyediakan beberapa bahan di antaranya kacang, bawang, kubis, minyak biji labu, dan cuka.

Langkah pertama yang dilakukan adalah merendam kacang selama semalaman. Setelah itu, bahan-bahan lainnya dipotong-potong dan dicampur dengan kacang lalu membubuinya dengan garam dan merica.

Salad yang sudah jadi harus dimasukan ke lemari pendingin dan disajikan keesokan harinya. Biasanya, durdevac salad dimakan bersama daging panggang.

5. Octopus salad
5 Hidangan Salad Khas Kroasia dengan Cita Rasa Autentik, Menyehatkan!

Dalam bahasa Krosia, octopus salad dikenal dengan nama salata od hobotnice. Hidangan ini juga merupakan makanan klasik masyarakat Kroasia yang sangat mudah dijumpai di daerah pantai di negara tersebut.

Cara pengolahannya adalah gurita dibersihkan dahulu kemudian direbus dalam air mendidih hingga empuk. Setelah itu, campurkan daging gurita bersama beberapa bahan lainnya seperti irisan bawang merah, tomat, caper, peterseli serta cuka dan minyak zaitun.

Nah, itulah beberapa jenis salad khas Kroasia yang memiliki cita rasa menggugah selera. Dengan perpaduan bahan antara sayuran, buah, serta daging tentunya akan memberikan nutrisi dan protein bagi tubuh.