Deretan Teknik Memasak yang Dapat Menjaga Nilai Gizi Makanan

Deretan Teknik Memasak yang Dapat Menjaga Nilai Gizi Makanan

Deretan Teknik Memasak yang Dapat Menjaga Nilai Gizi Makanan – Teknik memasakapa yang paling sering kamu aplikasikan di dapur? Menggoreng, menumis, merebus mungkin adalah teknik memasak yang telah kamu kuasai. Namun, teknik memasak tak terbatas sampai di situ saja karena masih banyak teknik memasak lainnya yang mungkin belum pernah kamu gunakan. Cara mengolah makanan tidak kalah penting pula untuk diperhatikan.

Boleh jadi kita mengonsumsi makanan yang dikenal bergizi tinggi dan waktu yang digunakannya pun sesuai dengan ‘jam makan’ tubuh, tetapi semua itu jadi kurang berarti kalau makanan yang di sajikan telah kehilangan zat gizinya karena proses pengolahan dan penyajiannya kurang tepat. Cara pengolahan berkaitan erat dengan teknik memasak, sedangkan cara penyajian berkaitan erat dengan teknik combining antara satu bahan makanan dengan bahan makanan lainnya.

Teknik memasak yang sehat adalah bagaimana menciptakan masakan yang enak tanpa ‘mengorbankan’ kandungan gizi dari makanan tersebut, atau tanpa menambahkan unsur-unsur kurang penting dalam masakan secara berlebihan, semisal lemak jenuh, garam, atau penyedap rasa.

1. Memanggang
5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehat

Memanggang daging merah, unggas, atau ikan, termasuk cara bijak dalam memasak. Dengan memanggang kita tidak perlu menambah lemak apa pun pada makanan.

Namun perlu diingat, pada saat memanggang, kita pun harus berhati-hati agar daging yang kita panggang tidak sampai gosong. Tak hanya sehat, rasa juga penting dalam masakan.

2. Mengoven
5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehat

Proses mematangkan makanan dengan cara mengoven sangat mirip dengan memanggang. Bedanya, panas di oven datang dari atas daging daripada dari bawah.

Mengoven dapat memperpendek waktu memasak. Dengan demikian, kerusakan pada makanan relatif sedikit.

3. Menggunakan pressure cooker
5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehat

Memasak dengan menggunakan tekanan (pressure) termasuk cara yang sangat bagus dalam memasak daging, unggas, atau ikan. Pasalnya, cara ini dapat mempercepat waktu memasak.

Dengan teknik ini makanan bisa matang dalam waktu cepat tanpa banyak terkena suhu tinggi sehingga lebih banyak nutrisi yang terawetkan. Memasak dengan menggunakan tekanan sangat baik untuk potongan ketat daging atau membuat sup lezat dan minuman.

4. Menggoreng
5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehat

Menggoreng dengan mengaduk-aduk makanan adalah cara yang paling lazim dalam memasak, khususnya dalam memasak daging, unggas, ikan, dan sayuran karena menggunakan waktu memasak yang singkat. Agar lebih optimal, kita dapat menggunakan minyak kanola, yang merupakan lemak sehat memasak.

Penggorengan dengan cara mengaduk juga nyaman. Pasalnya, kita hanya membutuhkan satu panci besar untuk menggabungkan daging atau ikan dengan sayuran segar, nasi, atau mi.

5. Merebus
5 Macam Teknik Healthy Cooking Keluarga Sehat

Merebus termasuk cara yang paling umum dalam memasak makanan. Khususnya untuk mengolah sayuran. Sama seperti teknik memasak lain, agar zat gizi dari makanan tidak hilang, proses merebus sebaiknya tidak terlalu lama. Sebagai contoh, ketika kita akan memasak sayuran dengan cara merebus, sebaiknya kita biarkan air mendidih kurang lebih 2 menit hingga oksigen berkurang baru kemudian kita masukkan sayurnya.

Penamaan istilahnya pun bukan yang seperti kamu dengar biasanya karena buat para chef profesional, mereka menggunakan istilah khusus untuk menamainya. Setiap teknik memiliki perbedaan yang cukup detail meskipun bagi orang awam mungkin akan terlihat mirip.

Misalnya saja untuk teknik menggoreng atau frying yang terdiri dari beberapa jenis, seperti sautéingstir fryingpan fryingshallow frying, dan deep frying. Meski sama-sama menggunakan minyak dalam mengolah makanan, teknik memasaknya sangat berbeda. Begitu pun dengan teknik merebus yang juga terbagi menjadi beberapa jenis, seperti simmering dan boiling. Bingung dengan perbedaannya?