Deretan Hidangan Serba Praktis Dengan Bumbu Rahasia Mesir

Deretan Hidangan Serba Praktis Dengan Bumbu Rahasia Mesir

Deretan Hidangan Serba Praktis Dengan Bumbu Rahasia Mesir – Duqqa, du’ah, do’a, atau dukkah adalah bumbu mesir dan timur tengah yang terdiri dari campuran jamu, kacang-kacangan, dan rempah-rempah. Ini biasanya digunakan sebagai saus dengan roti atau sayuran segar untuk penganan.

Mesir punya sejuta makanan enak yang sangat menarik untuk dicicipi. Tak hanya itu, terdapat juga aneka bumbu rahasia yang membuat hidangan terasa lebih nikmat. Bumbu tersebut pun bisa digunakan dalam berbagai hidangan. Salah satu ‘bumbu rahasia’ yang jadi favorit adalah dukkah.

Rasanya unik karena mengandung kacang-kacangan, rempah, dan biji-bijian lainnya, seperti wijen, kacang hazel, kacang arab, jintan, biji ketumbar, sampai lada.  Dukkah pun akan sangat membantu dalam memproses aneka makanan supaya tambah lezat.

1. Roti dukkah
5 Santapan Praktis dengan Dukkah, 'Bumbu Rahasia' dari Mesir

Bikin roti sendiri memang memiliki segudang manfaat. Selain lebih gampang mengatur isian yang digunakan, rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera kamu atau anggota keluarga di rumah.

Roti biasa mungkin sudah terlalu umum. Namun, coba sesekali tambahkan dukkah dalam adonan tepung terigu dan ragi. Dijamin, roti rumahan buatanmu akan terasa lebih berbumbu dan disukai orang-orang.

2. Hummus dukkah
5 Santapan Praktis dengan Dukkah, 'Bumbu Rahasia' dari Mesir

Bicara soal masakan ala Timur Tengah, belum lengkap kalau nggak menyebut hummus. Hidangan lembut serupa bubur yang dimasak menggunakan bahan baku utama, berupa kacang arab.

Makanan ini biasanya dijadikan cocolan untuk aneka roti biar makin kenyang. Bahkan, hummus yang sudah diolah pun memerlukan tambahan dukkah, agar terasa lebih lengkap sekaligus aromatik.

3. Dukkah cracker
5 Santapan Praktis dengan Dukkah, 'Bumbu Rahasia' dari Mesir

Cracker jadi camilan yang pas buat teman berbincang atau sekadar nonton film di rumah. Selain itu, berbeda dengan biskuit kebanyakan, cracker cenderung mempunyai tekstur lebih garing dan aneka rasa unik.

Dalam beragam pilihan tersebut, kreasi cracker dengan dukkah menjadi opsi yang patut dimasukan ke daftar camilanmu berikutnya. Tinggal tambahkan tepung terigu, biji chia, air, dan garam. Adonan pun siap dimasak.

4. Telur dukkah
5 Santapan Praktis dengan Dukkah, 'Bumbu Rahasia' dari Mesir

Siapa, nih yang selama ini hanya menikmati telur rebus dengan perasa yang berasal dari garam dan lada? Gak ada yang salah dengan teknik itu, tapi kamu bisa bikin yang lebih enak apabila memakaikan dukkah.

Proses pemasakannya tidak perlu mencampurkan dukkah ke dalam air rebusan. Melainkan cukup matangkan telur secara terpisah, kemudian kupas kulitnya. Taruh dalam mangkuk dan bumbui bersama dukkah. Telur pun sudah siap dikonsumsi.

5. Dukkah popcorn
5 Santapan Praktis dengan Dukkah, 'Bumbu Rahasia' dari Mesir

Popcorn alias berondong jagung jadi sasaran berikutnya yang paling cocok dikombinasikan memakai dukkah. Bagaimana tidak, rasa makanan akan tambah gurih dan berbumbu, jadi kamu tak bosan menikmatinya.

Hidangan juga bisa diolah dengan mudah. Mulai dari menyiapkan wajan dan lelehkan mentega, masak popcorn sampai mengembang. Kemudian tambahkan ke tempat yang telah dibumbui dengan dukkah, dan aduk merata.

Penggunaan dukkah, mulai dari camilan sampai makanan utama akan menawarkan rasa berbeda pada setiap olahan. Serbaguna dan tentunya bikin nafsu makan meningkat. Gak nyesel deh, kalau kamu menyimpan bumbu ini di dapur.

Duqqa, du’ah , do’a , atau dukkah adalah Mesir dan Timur Tengah bumbu  yang terdiri dari campuran rempah – rempah , kacang-kacangan  (biasanya  kemiri ), dan rempah – rempah . Biasanya digunakan sebagai  saus dengan  roti  atau sayuran segar untuk hors d’œuvre. 

Duqqa versi pra-dibuat dapat dibeli di pasar rempah-rempah Kairo, di mana duqqa dijual dalam bentuk kerucut kertas, dengan versi paling sederhana adalah mint , garam, dan merica yang dihancurkan. Varietas kemasan yang ditemukan di pasar terdiri dari tepung gandum kering dicampur dengan jinten dan  jintan. Di wilayah  Hijaz itu telah menjadi bagian dari masakan daerah selama beberapa dekade.