Deretan Buah Dengan Kandungan Air Tinggi & Baik Untuk Tubuh

Deretan Buah Dengan Kandungan Air Tinggi & Baik Untuk Tubuh

Deretan Buah Dengan Kandungan Air Tinggi & Baik Untuk Tubuh – Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan multivitamin dan mineral. Untuk diketahui, buah-buahan merupakan makanan yang memiliki mikronutrien yang diperlukan untuk pembentukan hormon, aktivitas enzim, menambah energi, imunitas, dan sebagai antioksidan.

Selain itu, buah juga memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan zat besi. Air adalah komponen yang berperan dalam berbagai fungsi vital dalam kehidupan. Apalagi tubuh manusia dewasa 60 persen terdiri atas air. Jika jumlah cairan tubuh berkurang hingga melebihi ambang batas toleransi, maka akan terjadi dehidrasi.

Popkin, dkk., dalam studinya yang dipublikasikan oleh Nutrition Reviews tahun 2010 menyatakan bahwa dehidrasi dapat memberikan dampak buruk pada aktivitas fisik, kemampuan kognitif, menimbulkan gangguan kinerja hingga kerusakan berbagai organ tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, salah satunya dengan cara menjaga asupan buah-buahan berikut ini!

1. Jeruk
Kaya Kandungan Air, 5 Jenis Buah Ini Bisa Mencegah Dehidrasi

Jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan air yang tinggi. Dilansir Healthline, kandungan air dalam jeruk mencapai 88 persen, sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Jeruk juga mengandung  flavonoid, sejenis antioksidan dengan peran penting.

Berdasarkan riset yang dilakukan Xiao, dkk., dalam Mini-Reviews in Medicinal Chemistry tahun 2011 mengungkapkan bahwa flavonoid bisa berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan memiliki aktivitas antikanker, sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

2. Melon jingga
Kaya Kandungan Air, 5 Jenis Buah Ini Bisa Mencegah Dehidrasi

Cantaloupe atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama melon jingga adalah salah satu buah dengan kandungan air yang tinggi. Healthline melansir, buah ini mengandung 90 persen air dan kaya akan vitamin A. Selain itu, melon jingga juga mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir Everyday Health. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini agar tetap terhidrasi dengan baik, ya!

3. Semangka
Kaya Kandungan Air, 5 Jenis Buah Ini Bisa Mencegah Dehidrasi

Semangka memiliki kandungan air sebanyak 92 persen dari total berat buah keseluruhan. Healthline melansir, setiap satu cangkir atau setara dengan 154 gram semangka mengandung 118 mililiter air dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Selain itu, semangka juga rendah kalori yang baik untuk membantu menurunkan berat badan dengan memberikan rasa kenyang lebih lama. Likopen, antioksidan yang berperan mencegah kerusakan oksidatif juga terkandung dalam semangka.

4. Stroberi
Kaya Kandungan Air, 5 Jenis Buah Ini Bisa Mencegah Dehidrasi

Buah dengan rasa asam manis yang khas ini tidak hanya enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Cleveland Clinic melansir, stroberi memiliki kandungan air mencapai 91 persen dan kaya akan flavonoid. Studi dari Brigham and Women’s Hospital bahkan menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi buah beri seperti stroberi dan blueberry dapat membantu menunda penurunan daya ingat pada wanita hingga 2,5 tahun. Keren, kan?

5. Apel
Kaya Kandungan Air, 5 Jenis Buah Ini Bisa Mencegah Dehidrasi

Selain memiliki rasa manis dan sedikit asam yang menyegarkan, apel juga cocok dijadikan sebagai buah pilihan untuk menghidrasi tubuh, lho. Dilansir WebMD, setiap 100 gram apel mengandung 85,56 gram air, sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan. Apel bisa dijadikan camilan untuk dikonsumsi di antara jam makan. Enak, segar, dan menghindarkan tubuh dari ancaman dehidrasi.

Mencegah dehidrasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang cukup. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Bisa hidup sehat dan bahagia!

Sebagai contoh jeruk. Buah yang identik dengan warna oranye ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan berguna untuk melawan infeksi. Satu buah jeruk biasa yang berukuran sedang bisa menyediakan 70 miligram (mg) vitamin C.

Jumlah tersebut menyumbang 78 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa, yakni 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Selain itu, vitamin C dapat membantu mendorong pertumbuhan dan penyebaran limfosit, sejenis sel kekebalan yang meningkatkan antibodi melalui protein dengan cara melawan zat berbahaya dalam darah.