Cobalah Pola Kebiasaan Minum Air yang Bisa Buat Langsing ini

Cobalah Pola Kebiasaan Minum Air yang Bisa Buat Langsing ini

Cobalah Pola Kebiasaan Minum Air yang Bisa Buat Langsing ini – Minum adalah kegiatan mengonsumsi cairan melalui mulut. Air, misalnya, diperlukan untuk membantu proses fisiologis kehidupan. Kelebihan atau kekurangan air dalam tubuh juga berpengaruh terhadap masalah kesehatan manusia. “Minum” juga bisa mengacu pada kegiatan mengonsumsi alkohol, bergantung pada konteks kata tersebut digunakan.

Setiap harinya, manusia memerlukan 1-2 liter air untuk membantu proses fisiologis di dalam tubuhnya. Batas minimumnya adalah sekitar 1,6 liter (600 ml untuk urin, 200 ml untuk feses, dan 800 ml untuk kulit dan paru-paru). Air yang dibutuhkan termasuk air yang terkandung di dalam makanan. Dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh) dapat menimbulkan rasa haus. Rasa haus merupakan perasaan ingin minum dan tenggorokan yang kering. Hal ini diatur oleh hipotalamus untuk menanggapi perubahan kadar elektrolit di dalam tubuh, dan juga sebagai dampak perubahan volume peredaran darah.

Sering diabaikan, pola minum kita ternyata tak cuma berkontribusi terhadap kesehatan, tetapi juga dapat membantu Poker Online IDN menurunkan berat badan. Apa yang kita minum ternyata menyumbang 18 persen dari total kalori yang masuk ke dalam tubuh. Artinya, bila pola kebiasaan minum tidak diperhatikan, bisa-bisa asupan kalori harian tanpa disadari jadi berlebihan.

1. Jangan mengandalkan minuman berlabel “diet”
5 Pola Kebiasaan Minum Ini Bantu Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Karena lagi diet, banyak orang yang beralih ke minuman soda diet. Logika sederhananya label “diet” dianggap minim atau tanpa kalori sehingga tak akan membahayakan diet. Namun, studi tidak mengatakan demikian.

Menurut penelitian dalam American Journal of Public Health tahun 2014, 1 dari 5 orang yang kelebihan berat badan di Amerika Serikat (AS) mengonsumsi minuman berlabel “diet”. Setelah menganalisis data asupan makanan lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa peminum soda diet yang kelebihan berat badan dan obesitas ini sebenarnya mengonsumsi lebih banyak kalori secara signifikan per hari (masing-masing 88 kalori dan 194 kalori), dibandingkan dengan peminum soda manis yang kelebihan berat badan.

Meskipun temuan studi tidak membuktikan hubungan sebab akibat (artinya kita tidak bisa menyimpulkan kalau minum soda diet menyebabkan kenaikan berat badan), tetapi para peneliti mengingatkan bahwa orang-orang yang ingin menurunkan berat badan untuk tidak hanya mengandalkan beralih dari minuman bersoda biasa ke soda diet, tetapi juga mengurangi asupan kalori makanan.

2. Minum air putih sebelum makan
5 Pola Kebiasaan Minum Ini Bantu Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Minum sekitar 500 mililiter (ml) 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan pada orang dewasa yang obesitas, menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Birmingham, Inggris.

Penelitian ini merekrut 84 orang dewasa obesitas yang bersedia menjadi sukarelawan lewat para dokter mereka. Semuanya menerima konsultasi manajemen berat badan yang melingkup perubahan gaya hidup, pola makan yang lebih baik, dan rutin olahraga.

Peneliti secara acak membagi peserta menjadi dua kelompok. Mereka meminta satu kelompok yang terdiri dari 41 sukarelawan untuk minum 500 ml air setengah jam sebelum makan. Air soda, minuman berkarbonasi, atau minuman manis tidak diperbolehkan.

Sebanyak 43 partisipan lainnya hanya diminta untuk membayangkan dirinya kenyang sebelum makan.

Partisipan yang minum air sebelum tiga waktu makan besar mengalami penurunan berat badan rata-rata 4,3 kilogram (kg). Hanya melakukannya satu kali sehari, atau tidak sama sekali, menghasilkan penurunan rata-rata 0,8 kg.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Obesity tahun 2015. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasinya.

3. Awali hari dengan minum secangkir teh hijau
5 Pola Kebiasaan Minum Ini Bantu Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Baik mau panjang umur atau menurunkan berat badan, teh hijau layak dimasukkan ke dalam pola makanmu sehari-hari.

Menurut sebuah metanalisis yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity tahun 2009, sebanyak 11 studi ditinjau dan tim peneliti menemukan hubungan signifikan antara minum teh hijau dengan menurunkan dan menjaga berat badan.

Tim peneliti meyakini bahwa manfaat penurunan berat badan dari teh hijau dapat dikaitkan dengan kandungan kafein dan konsentrasi tinggi dari kelompok antioksidan yang sangat kuat yang dikenal sebagai katekin.

4. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari
5 Pola Kebiasaan Minum Ini Bantu Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Agar diet sukses, salah satu kunci pentingnya adalah sesederhana memastikan kebutuhan cairan terpenuhi setiap harinya agar hidrasi terjaga.

Sekitar 60 persen tubuh kita terdiri dari air, sehingga tak mengejutkan kalau air sangat penting untuk mendukung beberapa fungsi tubuh, seperti membawa nutrisi ke sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, serta melindungi organ dan jaringan.

Ketika kamu tidak cukup dengan cukup, itu bisa menghambat kemajuan penurunan berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Annals of Family Medicine tahun 2016 menemukan bahwa partisipan yang kurang terhidrasi lebih cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan partisipan yang terhidrasi.

Jadi, mulailah hari dengan segelas air putih, minum kopi bersama atau setelah sarapan. Bawa selalu botol minum di tas bila beraktivitas di luar rumah. Nikmati juga minuman lain seperti teh di sela waktu makan atau setelah makan malam. Apa pun tekniknya, cukupi kebutuhan cairanmu setiap hari, ya!

5. Minum protein shake sebelum tidur
5 Pola Kebiasaan Minum Ini Bantu Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Diet yang sehat sudah pasti dibarengi dengan olahraga rutin, dan yang gemar olahraga pasti sudah tahu pentingnya mendapatkan lebih banyak protein dalam pola makan harian.

Semakin banyak bukti, salah satunya penelitian dalam jurnal Frontiers in Nutrition tahun 2019, kalau saat sering berolahraga, mengonsumsi protein shake (atau camilan) sebelum tidur akan membantu otot tumbuh lebih kuat dan lebih besar daripada mereka yang melewatkan protein sebelum tidur.

Ini artinya, karena otot menggunakan lebih banyak energi daripada lemak saat istirahat, semakin banyak otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang bisa dibakar.

Agar diet yang kamu lakukan hasilnya optimal, silakan coba pola kebiasaan minum yang dijabarkan di atas tadi sebagai bagian dari pola makan sehat bergizi seimbang. Jangan lupakan juga pentingnya olahraga rutin, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik agar hasilnya maksimal.

Polidipsia adalah istilah kesehatan, yaitu kegiatan mengonsumsi air yang banyak dan dapat merupakan sebuah tanda berbagai macam penyakit (diabetes mellitus, diabetes insipidus, dan beberapa kondisi psikis).

Banyak penyakit di dunia disebabkan oleh kekurangan air minum yang bersih. Kekurangan air akan menyebabkan kematian akibat hipernatremia dan dehidrasi. Berkeringat dapat menghabiskan banyak cairan tubuh.

Overhidrasi merupakan kegiatan untuk mengurangi kadar garam dalam tubuh, kadang-kadang dilakukan atlet dengan cara meminum air yang banyak.