Berikut Resep Pancake Rendah Gula yang Tetap Enak dan Sehat

Berikut Resep Pancake Rendah Gula yang Tetap Enak dan Sehat

Berikut Resep Pancake Rendah Gula yang Tetap Enak dan Sehat – Panekuk (pancake) adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula  dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak.

Pancake atau panekuk seringkali menjadi menu sarapan yang praktis dan disukai banyak orang. Pancake bisa camilan yang mengenyangkan, karena terbuat dari campuran terigu, telur ayam, gula, dan susu.

Namun, bagi orang yang sedang diet ketat atau penderita diabetes, menu pancake terpaksa harus dihindari karena terkenal manis dan tinggi kalori. Nah, untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat resep pancake rendah gula yang tetap enak dan sehat. Yuk, intip resepnya berikut ini!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan
Resep Membuat Pancake Rendah Gula, Camilan Sehat yang Rasanya Enak

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pancake dibagi menjadi dua bahan, yakni bahan utama dan bahan saus. Berikut daftarnya.

Bahan utama:

  • 4 buti telur
  • 800 ml susu kedelai
  • 500 gram tepung terigu
  • 4 sdm gula diet
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdt baking powder
  • mentega/margarin secukupnya

Bahan saus:

  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdm gula diet
  • 100 gram stroberi (potong dadu kecil)
  • 100 gram nanas (potong dadu kecil)
  • 100 gram kiwi (potong dadu kecil)
2. Buat sausnya terlebih dahulu
Resep Membuat Pancake Rendah Gula, Camilan Sehat yang Rasanya Enak

Sebelum membuat pancake-nya, yuk kita buat sausnya terlebih dahulu! Pertama-tama, siapkan wadah bersih, masukkan semua bahan saus, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, masak saus dengan menggunakan api kecil. Aduk terus hingga mengental, lalu sisihkan sejenak.

3. Saatnya membuat adonan pancake
Resep Membuat Pancake Rendah Gula, Camilan Sehat yang Rasanya Enak

Siapkan wadah, campur tepung terigu, baking powder, garam, dan gula. Aduk hingga tercampur rata.

Siapkan wadah bersih lainnya, masukkan susu kedelai, telur, dan sedikit mentega cair. Kocok hingga berbuih.

Buat cerukan di tengah tepung, lalu tuang campuran telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan kocokan kawat hingga licin. Setelah itu, diamkan adonan selama 15 menit.

4. Panaskan wajan, lalu masak pancake hingga matang
Resep Membuat Pancake Rendah Gula, Camilan Sehat yang Rasanya Enak

Lelehkan mentega menggunakan wajan datar, tuang adonan pancake sebanyak satu sendok sayur, lalu ratakan. Masak adonan hingga permukaannya berlubang kecil.

Berikutnya, balik pancake dan masak kembali hingga matang. Ulangi proses ini hingga adonan habis. Sajikan pancake di piring, dan tuang saus yang sudah dibuat tadi di atas pancake.

5. Tips membuat pancake
Resep Membuat Pancake Rendah Gula, Camilan Sehat yang Rasanya Enak

Ada beberapa tips membuat pancake yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

  • Ayak tepung sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Mengayak tepung berfungsi untuk menyaring kotoran, sekaligus supaya adonan tidak menggumpal.
  • Hindari mengaduk adonan terlalu lama, karena dapat menyebabkan pancake terasa keras dan kenyal. Aduk adonan secukupnya saja.
  • Gunakan wajan antilengket berukuran sedang, supaya kamu tidak kesusahan saat memasak pancake.
  • Gunakan api ukuran sedang saat memasak pancake, supaya tingkat kematangannya sempurna. Api yang terlalu besar bisa membuat pancake cepat gosong.

Adonan biasanya dicampur bahan pengembang seperti baking powder, soda kue, ragi, bir, atau kocokan putih telur. Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang “ringan” karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras.

Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan buttermilk, yogurt, atau susu kedelai.