Berikut Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Rutin Makan Salmon

Berikut Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Rutin Makan Salmon

Berikut Manfaat yang Akan Kamu Dapat Jika Rutin Makan Salmon -Salmon merupakan ikan dari famili Salmonidae, salah satu jenis ikan berminyak yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Ikan ini didapatkan dengan cara ditangkap di alam liar atau dibudidayakan. Ikan ini dijual dalam bentuk daging ikan segar, beku, maupun dikalengkan. 99 persen salmon atlantik didapatkan dari budi daya, sedangkan 80 persen salmon pasifik didapatkan dari alam liar.

Secara nutrisi, ikan ini mengandung protein dan vitamin D yang tinggi. Ikan ini juga mengandung kolesterol dengan kadar yang bervariasi antara 23–214 mg/100 g tergantung spesiesnya. Ikan salmon yang telah dimasak mengandung DHA antara 500–1500 mg dan EPA antara 300–1000 mg per 100 gram sajian. Merawat kulit gak cuma tentang pakai produk perawatan yang sesuai kebutuhan kulit, tapi juga tentang gaya hidup dan pola makanmu. Kulit bisa menjadi barometer kesehatanmu.

Perawatan kulit ini itu akan sia-sia kalau gaya hidup poker deposit pulsa 10000 tanpa potongan dan pola makanmu tidak terjaga. Tentu saja, menutrisi kulit dari dalam menjadi tahap yang gak boleh dilewatkan siapapun. Alam telah menyediakan begitu banyak sumber nutrisi penting yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kulit, salah satunya adalah dari laut. Ikan mengandung lemak sehat seperti salmon ternyata bisa memberi manfaat kecantikan dan kesehatan kulit yang gak main-main, lho!

1. Bantu melembapkan kulit dari dalam
5 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Kulitmu

Ahli nutrisi menjelaskan melalui laman Telegraph kalau salmon bisa bantu melembapkan kulitmu dari dalam. Fatty fish atau ikan dengan kandungan minyak dan lemak sehat, merupakan salah satu sumber terbaik omega-3.

Menurut laman Health, lemak omega-3 tipe EPA (eicosapentaenoic acid) akan mengontrol produksi minyak untuk melembapkan kulitmu dari dalam. Kulit yang lembap akan menjaga elastisitas kulit, sehingga kulitmu tetap kenyal. Hal ini juga memperlambat proses penuaan berupa garis halus, keriput, hingga kulit mengendur.

2. Bantu melindungi kulit dari sinar UV
5 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Kulitmu

Ahli dermatologi mengatakan melalui laman Huffpost kalau ikan salmon juga sumber vitamin D yang baik. Vitamin ini memiliki efek fotoprotektif, artinya bantu melindungi kulit melawan efek negatif sinar UV.

Vitamin D juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit, sekaligus membantunya melawan radikal bebas. Namun bukan berarti kamu jadi malas pakai tabir surya, ya!

3. Bantu melawan penuaan
5 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Kulitmu

Salmon mengandung astaksantin, sebuah senyawa antioksidan yang memberi warna merah muda pada daging salmon. Selain itu, astaksantin juga bersifat anti-peradangan.  Makan ikan salmon akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak kolagen dan meredakan peradangan. Studi menunjukkan kalau astaksantin bantu mengurangi tampilan keriput, bintik-bintik, dan memperbaiki tekstur kulit.

4. Bikin kulit glowing alami
5 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Kulitmu

Sebagai sumber lemak sehat, ikan salmon akan membuat kulitmu glowing alami. Kulit memiliki minyak alami pada lapisan terluar untuk perlindungan, sekaligus menjaga kelembapan dan kandungan air dalam kulit.

Ketika tubuh mendapatkan asupan lemak sehat yang tinggi, kulitmu akan dapat bagiannya juga. Kulit akan memproduksi minyak alami sehat yang semakin kuat menjaga kesehatan kulit. Itulah yang membuat kulit mendapatkan tampilan glowing-nya.

5. Bantu mencegah kanker kulit
5 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Kulitmu

Selain melindungi kulitmu dari sinar UV, kandungan antioksidan pada ikan salmon juga membantu tubuhmu mencegah kanker kulit. Menurut Skin Cancer Foundation, omega-3 menghalangi senyawa yang mendukung perkembangan sel kanker. Sifat anti-peradangannya juga membantu, karena kanker kulit berkaitan dengan peradangan kronis. Selain itu, kandungan vitamin D yang terkandung pada salmon juga meningkatkan sistem imun untuk melawan kanker.

Ikan yang dibudidayakan mengandung kadar dibenzodioxin dan  polychlorinated biphenyl dengan kadar hingga 8 kali ikan salmon yang ditangkap di alam liar meski masih jauh di bawah kadar yang dikategorikan membahayakan. Meski demikian, manfaat memakan ikan salmon bagi kesehatan dikatakan jauh melebihi risikonya.

Daging ikan salmon secara alami berwarna jingga kemerahan karena keberadaan pigmen karotenoid astaxanthin dan canthaxanthin yang didapatkan ikan salmon dari krill dan zooplankton. Ikan salmon hasil budi daya tidak mendapatkan pakan alami tersebut dan dagingnya berwarna pucat, sehingga pakan ikan salmon budi daya ditambahkan pewarna identik astaxanthin (E161j) dan canthaxanthin (E161g) untuk memberi warna pada dagingnya dan menarik minat konsumen.

Alternatifnya adalah dengan memberikan pakan yang sesuai seperti udang namun cukup mahal. Alternatif lainnya yaitu menggunakan ekstrak ragi merah (Phaffia rhodozyma) yang memberikan pigmen yang sama. Namun asupan pigmen canthaxanthin yang berlebihan bagi manusia dapat mempengaruhi kesehatan mata.