Berikut Manfaat Luar Biasa Dari Oatmeal Bagi Kesehatan Kita

Berikut Manfaat Luar Biasa Dari Oatmeal Bagi Kesehatan Kita

Berikut Manfaat Luar Biasa Dari Oatmeal Bagi Kesehatan Kita – Oatmeal  mengacu pada persiapan gandum yang telah dikupas , dikukus dan diratakan, atau tepung kasar yang terbuat dari biji gandum yang dikuliti ( menir ) yang telah digiling (ditumbuk) atau dipotong baja . Oat giling juga disebut “oat putih”. Oat potong baja dikenal sebagai “oatmeal kasar”, “oatmeal Irlandia” atau “oat kepala peniti”.  Rolled oats secara tradisional tebal “oat kuno”, tetapi dapat dibuat lebih tipis atau lebih kecil.

Dan dapat dikategorikan sebagai “cepat” atau “instan”, tergantung pada waktu memasak. Istilah oatmeal digunakan untuk menggambarkan bubur gandum umum yang terbuat dari gandum yang digiling, dipotong baja, atau digulung.  Beberapa paket komersial menampilkan bahan-bahan lain, seperti gula, garam, perasa, pengental , vitamin atau mineral , sambil menyoroti masakan cepat (“instan”) dan porsi individual yang dikemas secara terpisah untuk kenyamanan.

Havermut atau yang lebih dikenal dengan oatmeal adalah bahan makanan yang berasal dari poker deposit pulsa 10000 tanpa potongan oat. Oatmeal instan yang kerap dikonsumsi di Indonesia adalah versi oat gulung yang dicincang halus. Oatmeal  merupakan pilihan yang cukup fleksibel untuk dikonsumsi pada momen apapun. Tak hanya itu, oatmeal juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, lho.

1. Oatmeal kaya nutrisi
Bisa Jadi Menu Diet Sehat, Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan!

Setengah cangkir oatmeal mengandung sekitar 150 kalori, 5 gram protein nabati, 27 gram karbohidrat dengan 4 gram sebagai serat pengisi, dan beberapa gram lemak.

Oatmeal juga dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral, termasuk zat besi, magnesium, seng, selenium, vitamin B, dan sejumlah kecil kalsium dan kalium.

Hal itu menjadikannya sebagai paket vitamin dan mineral yang mengesankan untuk makanan yang relatif rendah kalori yang membuat oatmeal menjadi bahan makanan yang padat nutrisi.

2. Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi
Bisa Jadi Menu Diet Sehat, Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan!HaverHavermut

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Food Research International, antioksidan polifenol yang ditemukan dalam gandum memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Pada tingkat sel, polifenol telah terbukti membantu mencegah penuaan dan penyakit dengan mengurangi stres oksidatif, yakni ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek yang tidak diinginkan.

Selain itu, polifenol juga dikaitkan dengan efek pencegahan terhadap penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan obesitas.

3. Mengandung serat beta-glukan sebagai pelindung kesehatan
Bisa Jadi Menu Diet Sehat, Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan!

Oatmeal mengandung beta-glukan, serat yang terbukti tidak hanya mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, tetapi juga mengurangi kolesterol dan konsentrasi gula darah.

Mengonsumsi oatmeal secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Beta-glukan juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu menjaga fungsi pencernaan, mencegah peradangan di usus, dan bertindak sebagai prebiotik.

4. Oatmeal Dapat Membantu Hidup Lebih Lama
Bisa Jadi Menu Diet Sehat, Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan!

Sebuah meta-analisis 2019 yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa mengonsumsi oatmeal dapat menurunkan risiko semua penyebab kematian, termasuk penyakit jantung, yang merupakan pembunuh utama bangsa.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi biji-bijian, termasuk mengonsumsi oatmeal untuk sarapan, dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari semua penyebab, termasuk penyakit jantung.

5. Dapat Mengendalikan Berat Badan
Bisa Jadi Menu Diet Sehat, Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan!

Ada sebagian orang yang menghindari mengonsumsi oatmeal karena kandungan karbohidratnya. Akan tetapi serat pati sehat ini sebenarnya mendukung pengelolaan berat badan.

Hal ini dikarenakan oatmeal adalah biji-bijian utuh, di mana mereka mempertahankan serat dan nutrisi utama sehingga menimbulkan perasaan kenyang yang bertahan cukup lama. Kamu dapat memulai hari dengan semangkuk oatmeal hangat yang dipadukan dengan buah segar, kacang-kacangan, atau selai kacang dan madu.

Butir gandum dikupas oleh tumbukan, dan kemudian dipanaskan dan didinginkan untuk menstabilkan menir gandum – benih di dalam sekam. Proses pemanasan menghasilkan rasa nutty pada oat. Menir gandum ini dapat digiling untuk menghasilkan oatmeal halus, sedang atau kasar. Oat potong baja mungkin berukuran kecil dan mengandung menir yang pecah dari proses dehusking (potongan ini dapat dikukus dan diratakan untuk menghasilkan oat gulung yang lebih kecil ).

Rolled oats adalah gandum utuh yang dikukus dan dipipihkan. Gandum kuno bisa kental dan butuh beberapa saat untuk direbus untuk membuat bubur. Oat gulung masak cepat ( quick oat ) dipotong kecil-kecil sebelum dikukus dan digulung. Oatmeal instan dimasak dan dikeringkan, seringkali dengan pemanis, seperti gula, dan perasa ditambahkan. 

Nah, setelah mengetahui manfaat oatmeal untuk kesehatan, kamu bisa mulai untuk memasok bahan makanan ini di dapurmu, nih.