Berikut Makanan Sehat yang Dikonsumsi Berlebihan Jadi Bahaya

Berikut Makanan Sehat yang Dikonsumsi Berlebihan Jadi Bahaya

Berikut Makanan Sehat yang Dikonsumsi Berlebihan Jadi BahayaMakanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak makanan sehat di luar sana yang baik untuk dikonsumsi agar tubuh jadi sehat dan kuat. 

Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi agar dapat tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal. Namun, banyak yang berpikir kalau semakin banyak makanan ini dikonsumsi, maka manfaatnya akan makin baik! Namun, ingatlah kalau sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Sesehat-sehatnya satu makanan, kalau konsumsinya kebanyakan malah bisa bikin tubuhmu kewalahan. Bisa-bisa malah jadi penyakit! Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 Inilah tujuh makanan sehat yang ternyata bisa bikin sakit kalau dikonsumsi berlebihan.

1. Omega-3 dan minyak ikan
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Asam lemak omega-3 dapat melawan inflamasi dalam tubuh, membantu perkembangan otak, hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dengan kata lain, asam lemak ini amat penting untuk kesehatan.

Selain omega-3, minyak hati ikan yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan overdosis vitamin A. Kondisi ini amat berbahaya untuk anak-anak dan dapat menyebabkan kecacatan janin pada ibu hamil.

2. Tuna (segar dan kalengan)
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Selain salmon, ikan tuna yang berlemak dianggap sehat karena merupakan sumber omega-3 yang baik dan tinggi protein.

Ikan tuna besar paling kaya akan metil merkuri, dan paling sering dijadikan steak atau sushi. Tuna yang lebih kecil mengandung jumlah metil merkuri yang lebih rendah, dan lebih mungkin hadir dalam bentuk kalengan. Ada dua jenis tuna kalengan dengan kandungan merkuri yang berbeda, yaitu:

  • Tuna putih: berwarna terang dan biasanya berasal dari ikan albakora. Tuna putih mengandung metil merkuri 4-5 kali lebih banyak dari tuna berat ringan
  • Tuna ringan: tuna ringan mengandung merkuri jauh lebih sedikit daripada tuna putih. Warnanya lebih gelap dan biasanya tidak berasal dari ikan albakora
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Untuk manusia, batas aman metil merkuri adalah 0,1 mikrogram/kilogram berat badan. Jika anak memiliki berat 25 kilogram, maka hanya bisa makan tuna putih kaleng 75 gram setiap 19 hari sekali.

Ada beberapa jenis ikan lain yang juga kaya akan omega-3 tetapi kecil kandungan merkuri. Ikan-ikan tersebut adalah salmon, makerel, sarden, dan trout.

3. Kayu manis
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Selain untuk masakan, kue, hingga minuman, kayu manis adalah rempah lezat yang berkhasiat. Kayu manis tinggi akan antioksidan, sehingga dapat melawan inflamasi hingga menurunkan kadar gula darah.

Akan tetapi, kayu manis pun berbahaya kalau dikonsumsi kebanyakan. Ini karena adanya senyawa kumarin yang berbahaya dalam dosis tinggi. Terdapat dua jenis kayu manis terkenal dengan kadar kumarin yang bervariasi, yaitu:

  • Cassia atau kayu manis biasa: lebih banyak beredar, cassia mengandung kumarin yang relatif tinggi
  • Ceylon atau kayu manis sejati: lebih sedikit beredar daripada cassiaceylon memiliki kadar kumarin yang lebih rendah
4. Pala
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Dari sup hingga ke kue, pala adalah rempah yang tidak kalah umum dibandingkan kayu manis. Akan tetapi, tahukah kamu kalau pala mengandung myristicin yang adalah zat psikoaktif?! Takaran yang direkomendasikan untuk pala adalah tidak lebih dari 10 gram.

Dalam dosis besar, myristicin pada pala dapat menyebabkan keracunan. Gejala-gejala yang disebabkan oleh keracunan myristicin meliputi:

  • Kejang-kejang
  • Aritmia
  • Mual
  • Pusing
  • Nyeri
  • Halusinasi
5. Hati
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Hati adalah organ yang paling bergizi dari tubuh hewan. Organ ini menyimpan nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin A, B12, dan tembaga.

Karena vitamin A larut dalam lemak, senyawa ini disimpan dalam tubuh. Jika menumpuk, maka dapat menyebabkan keracunan. Gejala-gejala dari keracunan vitamin A mencakup:

  • Masalah penglihatan
  • Nyeri tulang
  • Mengikis kepadatan tulang, sehingga lebih mudah cedera
  • Mual dan muntah
6. Sayuran cruciferous
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Sayuran cruciferous adalah keluarga sayur Brassicaceae yang mencakup sayur-mayur terkenal seperti brokoli, kubis Brussel, kale, kubis, hingga collard hijau.

Namun, sayuran cruciferous memiliki senyawa tiosianat yang mengganggu penyerapan yodium pada tubuh. Kebanyakan makan sayuran cruciferous dapat mengakibatkan hipotiroidisme, atau kelenjar tiroid jadi pasif. Gejala-gejala dari hipotiroidisme mencakup:

  • Pembesaran kelenjar tiroid
  • Penambahan berat badan
  • Sembelit
  • Kulit kering
  • Penurunan tingkat energi
7. Kacang Brasil
7 Makanan Sehat yang Malah Bahaya kalau Kebanyakan Dikonsumsi

Kacang Brasil adalah salah satu makanan sumber selenium terbaik. Senyawa ini dapat membantu metabolisme dan fungsi tiroid, serta meningkatkan sistem imun. Selain itu, selenium dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, memperlambat gangguan neurodegeneratif akibat usia, hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.