Berikut Lima Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Berikut Lima Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Berikut Lima Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan – Belimbing sayur merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Belimbing wuluh atau belimbing sayur ini merupakan buah asli dari Indonesia. Buah ini berasal dari Kepulauan Maluku dan kemudian tumbuh bebas di seluruh Indonesia bahkan sampai ke negara Malaysia, Filipina, dan sekitarnya.

Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu. Belimbing wuluh ini terkenal sebagai bumbu masak yang sangat lezat. Sering digunakan ke dalam masakan pindang maupun dijadikan sambal. Alternatif jika sedang tidak ada tomat di rumah.

Buah belimbing wuluh ini juga tumbuh sangatlah mudah dan selalu menghasilkan banyak buah. Lalu, apakah buah belimbing ini juga bermanfaat bagi kesehatan? Berikut 5 manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan.

1. Mengobati batuk
5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Belimbing wuluh dikenal dapat meredakan sakit batuk. Dengan menambahkan beberapa bahan, batuk yang sedang melanda akan berkurang dan sembuh. Caranya adalah sediakan buah belimbing wuluh, beberapa adas, dan gula secukupnya. Campurkan bahan-bahan tersebut lalu ditim selama beberapa jam. Setelah dingin, saring menggunakan kain dan bagi menjadi 2x minum (pagi dan malam) saat perut kosong.

2. Mengatasi diabetes
5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Manfaat lainnya adalah dapat mengatasi diabetes. Buah belimbing wuluh ini mengandung zat asam yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Caranya dengan menghaluskan 6 buah belimbing wuluh kemudian direbus dengan air sampai sisa setengah. Setelah itu saring, lalu minum sebanyak 2x sehari.

3. Efektif mengobati sakit gigi
5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Belimbing wuluh juga dikenal efektif meredakan sakit pada gigi yang berlubang. Caranya tentu sangat mudah. Pertama, potong belimbing wuluh dengan ukuran yang kecil, kemudian letakkan ke dalam gii yang berlubang. Sebelumnya, pastikan tidak ada makanan yang tersangkut pada gigi yang berlubang.

4. Mengatasi jerawat
5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Siapa yang tidak pusing ketika muncul jerawat di wajahnya. Jerawat ini juga dapat dihilangkan dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya dengan mengoleskan langsung atau dengan menghaluskannya terlebih dahulu kemudian dijadikan masker. Zat asam yang dimiliki oleh belimbing wuluh ini akan menimbulkan rasa perih di jerawat yang masih aktif. Tidak lupa mengoleskan peelembab setelah memakai belimbing wuluh agar wajah tidak kering.

5. Mencegah hipertensi
5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang sering muncul. Akibat dari pola makan yang tidak sehat dan bisa juga karena faktor genetik. Belimbing wuluh ini juga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Caranya adalah dengan merebus 3 buah belimbing wuluh dengan 2 gelas air. Rebus sampai air tersisa setengah gelas. Diminum sekali sehari sampai tekanan darah tinggi itu hilang.

Itulah 5 manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh. Meskipun sering dipakai sebagai bumbu masak, ternyata banyak juga khasiatnya untuk kesehatan.