Berikut Lima Cara Sehat saat Menjalani Hidup Penuh Tantangan

Berikut Lima Cara Sehat saat Menjalani Hidup Penuh Tantangan

Berikut Lima Cara Sehat saat Menjalani Hidup Penuh Tantangan – Saum atau bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu. Sama seperti  di tahun sebelumnya, pandemi Covid-19 masih belum juga kunjung selesai. Maka dari itu, sebaiknya kita tetap mengurangi aktivitas di luar rumah untuk melindungi diri dari penyebaran virus.

Walau begitu, jangan sampai menjadi alasan untuk bermalas-malasan seharian. Meski  di rumah, semua anggota keluarga harus tetap melakukan aktivitas yang produktif bersama.

Kondisi seperti ini membuat Mama harus lebih ekstra untuk memastikan agar seluruh anggota keluarga tetap sehat secara fisik dan mental. Pastikan agar keluarga punya porsi yang seimbang untuk belajar atau bekerja secara online, beribadah dan menjaga kondisi tubuh.

Nah, seperti apa tips sehat menjalani bersama keluarga di rumah? Kali ini Aplikasi IDN Poker77 telah merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Susun agenda selama bersama keluarga
1. Susun agenda selama Ramadan bersama keluarga

Agar tidak suntuk dan stres sepanjang hari, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga selama bulan. Kamu bisa mengajak Papa dan anak-anak untuk menyusun agenda kegiatan yang menyenangkan, namun tetap bermakna.

Buatlah daftar kegiatan selama bulan untuk keluarga. Misalnya mengaji setiap malam, mendengarkan ceramah menjelang waktu berbuka atau buat acara buka secara virtual dengan keluarga besar secara online.

2. Siapkan sajian makanan yang sehat dan spesial
2. Siapkan sajian makanan sehat spesial

Spesial bukan berarti harus mewah, namun yang paling penting adalah kebersamaannya dan prosesnya. Mama bisa mengajak Papa dan anak-anak untuk membuat sajian berbuka. Kalian bisa memasak makanan favorit setiap anggota keluarga, lalu menonton resep dan cara pembuatannya melalui YouTube.

Namun, perhatikan juga pilihan makanan yang akan disajikan untuk berbuka. Hindari menu gorengan dan minuman yang terlalu manis karena tak baik untuk kesehatan tubuh.

3. Makan bersama saat sahur dan berbuka
3. Makan bersama saat sahur berbuka puasa

Alangkah baiknya kegiatan sahur dan berbuka dilakukan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga. Selain bisa membuat hubungan jadi lebih dekat, makan sahur dan berbuka bersama keluarga akan membawa berkah.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Thabrani bahwa, “Makanlah bersama-sama dan janganlah sendiri-sendiri karena sesungguhnya makanan satu orang itu cukup untuk dua orang.”

Keberkahan akan datang kepada keluarga yang berkumpul untuk makan bersama. Apalagi semakin banyak jumlah orang yang ikut makan, maka keberkahan semakin bertambah.

Oleh karenanya, sayang sekali bila momen ini hanya dilewatkan dengan kesibukan masing-masing seperti main gadget seharian. Jangan sampai kebiasaan ini menjauhkan kita dari keluarga di rumah.

4. Lakukan aktivitas olahraga ringan bersama keluarga
4. Lakukan aktivitas olahraga ringan bersama keluarga

Selain menjaga kesehatan mental dan pikiran, kondisi tubuh pun harus tetap diperhatikan. Olahraga selama juga penting karena baik untuk kesehatan tubuh.

Mama bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan olahraga ringan. Hal ini agar tubuh tidak kaku karena telalu lama berdiam diri di rumah.

Namun jangan khawatir, olahraga tidak akan membuat tubuh cepat lelah dan haus jika kita tahu kapan waktu terbaik untuk melakukannya. Lakukanlah olahraga selepas sahur atau sore sambil menunggu waktu berbuka. Lakukan olahraga ringan saja, seperti senam atau yoga di rumah.

5. Peduli dan berbagi kepada sesama
5. Peduli berbagi kepada sesama

Kita selalu diingatkan untuk bahagia dan membagi kebahagiaan pada orang lain. Apalagi merupakan bulan terbaik untuk berbagi.

Mari ajak keluarga untuk peduli pada sesama dengan kegiatan yang positif, misalnya membagikan takjil atau sembako di depan rumah untuk teman-teman yang membutuhkan. Namun ingat untuk tetap memperhatikan physical distancing. 

Nah, itulah beberapa tips sehat menjalani bersama keluarga di rumah. Mari jadikan momen ini menjadi lebih berkesan bersama keluarga!