Berikut Kandungan Kacang Merah yang Bisa Menunjang Kesehatan

Berikut Kandungan Kacang Merah yang Bisa Menunjang Kesehatan

Berikut Kandungan Kacang Merah yang Bisa Menunjang Kesehatan – Kacang jogo adalah sejenis kacang dari jenis Phaseolus vulgaris. Dalam bahasa Inggris, kacang ini dikenal dengan nama Red Kidney Bean. Kacang merah tergolong jenis kacang yang menjadi kesukaan banyak orang.

Dalam masakan Indonesia, kacang ini dicampurkan ke dalam rendang atau dimasak sebagai sup, yang disebut sup kacang merah. Tak bisa dimungkiri, kacang dengan bentuk yang unik ini memang cocok dijadikan beragam olahan, mulai dari menu utama dengan rasa asin dan gurih, hingga menu selingan yang memiliki rasa manis.

Jika kamu termasuk salah satu penggemar kacang merah, tahukah kamu manfaat yang akan kamu dapat apabila rutin mengonsumsinya? Tak sekadar membuat kenyang dan memanjakan lidah, kacang merah juga mengandung berbagai nutrisi yang bisa menunjang kesehatan, lho. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Mencegah kanker
5 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan  

Penyakit kanker terjadi karena pertumbuhan sel yang abnormal di dalam tubuh, dan kerap kali tidak terkendali. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk di kulit dan usus besar.

Berdasarkan review ilmiah dalam Pakistan Journal of Food Sciences tahun 2015, kandungan dalam kacang merah yang bisa mencegah terjadinya kanker adalah asam fenolik (phenolic acids). Senyawa anti kanker ini berperan dalam melawan kerusakan oksidatif dan penyakit degeneratif, serta dapat bertindak sebagai penghambat perkembangan tumor.

Dalam penelitian terhadap tikus yang dipublikasi oleh International Journal of Cancer Research menunjukkan bahwa asupan kacang merah mampu mengurangi proses pembentukan tumor usus besar yang diinduksi oleh senyawa toksin azoxymethane. Sementara itu, pada perlakuan ekstrak kacang merah juga menunjukkan efek sitotoksis atau kerusakan sel kanker usus besar pada tikus.

2. Mengendalikan kadar gula darah
5 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan  

Kacang merah termasuk bahan pangan dengan angka indeks glikemik yang rendah, yakni hanya sekitar 20. Sebagai informasi, indeks glikemik ini menggambarkan seberapa cepat suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik makanan yang dikonsumsi, maka peningkatan gula darah pun akan semakin cepat.

Menurut United Kingdom National Health Service, mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah seperti kacang merah bisa membantu mengontrol gula darah. Hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi orang yang memiliki diabetes.

Di samping itu, Healthfully melansir bahwa kandungan karbohidrat yang dimiliki kacang merah pun tergolong slow release carbohydrates atau karbohidrat yang hancur secara perlahan di dalam sistem pencernaan. Sehingga, kacang merah tidak meningkatkan gula darah secara signifikan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
5 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan  

Sama seperti jenis kacang-kacangan lain, secara umum kacang merah juga mengandung tinggi serat dan protein, serta rendah lemak dan bebas kolesterol. Dilansir WebMD, mengurangi kolesterol dengan mengganti sumber protein hewani menjadi kacang-kacangan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga jantung pun jadi lebih sehat.

Selain itu, jurnal Advances in Nutrition tahun 2019 juga melaporkan bahwa meningkatkan konsumsi kacang-kacangan dapat secara signifikan mengurangi insiden dan kematian akibat penyakit jantung. Ini juga termasuk mengurangi insiden tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan kegemukan.

4. Menyehatkan pencernaan
5 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan  

Serat memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Kebanyakan serat biasanya didapatkan dari sayur, buah, dan kacang-kacangan. Merujuk data dari US Department of Agriculture (USDA), dalam 1 cup atau setara dengan 284 gram kacang merah dapat mengandung 28 gram serat.

Kandungan tersebut pada kacang merah dapat membantu mencegah konstipasi karena bisa dengan mudah terbuang dengan membawa serta sisa-sisa metabolisme lain. Di samping itu, kandungan serat larutnya juga bermanfaat bagi bakteri pencernaan, yang membuat pencernaan jadi lebih sehat, dilansir School Nutrition and Fitness.

5. Menurunkan berat badan
5 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan  

Selain serat, 1 cup kacang merah juga mengandung 411,4 gram protein, dan 620 kilo kalori, dilansir USDA. Komponen-komponen tersebut dapat membuat seseorang jadi lebih cepat kenyang, namun tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

Berdasarkan Journal of The American College of nutrition tahun 2008, orang-orang yang mengonsumsi kacang dilaporkan memiliki berat badan yang lebih bagus serta lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kacang. Dengan demikian, mengonsumsi kacang, termasuk kacang merah, bisa membantu mengurangi risiko terjadinya obesitas atau kegemukan pada seseorang.