Berikut Inilah Gejala dari Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut Inilah Gejala dari Kanker Kelenjar Getah Bening – Kanker getah bening adalah kanker yang menyerang sistem limfatik, yaitu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Seperti jenis kanker lain, kanker kelenjar getah bening sangat sulit disembuhkan.

Penyebab kanker getah bening masih belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit ini. Sebab, kanker jenis ini termasuk ganas menyerang sistem limfatik, sehingga kemungkinan sembuhnya sangat kecil apalagi bila terlambat terdeteksi.

Hal ini biasanya tergantung pada stadium kanker yang diderita. Oleh karena itu, simak informasi berikut agar kamu mengetahui gejala-gejala atau ciri-ciri kanker kelenjar getah bening sebagai upaya deteksi dini.

1. Berat badan turun secara drastis

13 Penyebab Berat Badan Turun Drastis yang Wajib Diketahui

Limfoma yang terindikasi terkena kanker nyatanya dapat memicu turunnya beran badan secara drastis tanpa penyebab yang diketahui.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena tubuh membakar lebih banyak energi untuk mencoba melawan sel-sel kanker yang ada pada tubuh. Akibatnya, berat badan akan berkurang 5 hingga 10 persen setiap bulannya.

2. Demam disertai mengigil dan keringat
7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien

Salah satu gejala kanker kelenjar getah bening yang sangat umum adalah demam. Sebab, demam merupakan pertanda saat imunitas seseorang sedang lemah, sehingga infeksi sangat mudah menyerang.

Dalam gejala kanker kelenjar getah bening, demam biasanya terjadi disertai tubuh yang kedinginan dan menggigil, serta keluarnya keringat yang sangat banyak pada malam hari.

3. Cepat lelah
7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien

Penderita kanker kelenjar getah bening akan sangat mudah mengalami kelelahan. Ini karena kelelahan merupakan tanda tubuh sedang tidak dalam keadaan sehat. Jadi, jika kamu merasa lelah terus-menerus tanpa alasan yang jelas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

4. Muncul ruam dan gatal
7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien

Kanker kelenjar getah bening yang hidup terlalu lama ternyata dapat menyebabkan kulit gatal hingga muncul ruam. Selain itu, ruam dan gatal tersebut akan menimbulkan benjolan pada kulit. Kondisi ini umumnya terjadi pada kanker jenis limfoma Hodgkin.

5. Nyeri di bagian dada atau punggung bawah
7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien

Kelenjar getah bening merupakan organ tubuh yang terletak pada timus, yaitu organ kecil yang berada di antara paru-paru dan tulang dada. Oleh karena itu, adanya kanker kelenjar getah bening akan memengaruhi timus dan menyebabkan nyeri dada.

Kanker kelenjar getah bening juga dapat menyerang limfa di sekitar punggung bawah, sehingga menimbulkan pembengkakan pada saraf sumsum tulang belakang.

6. Nyeri perut
7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien

Perut yang terasa nyeri atau kurang nyaman bisa juga menjadi gejala lain adanya kanker kelenjar getah bening. Biasanya nyeri perut ini akan terjadi secara konstan dan sulit dihilangkan. Saat mengalami kondisi ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

7. Bengkak di daerah kelenjar getah bening
7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien

Saat kanker mulai memasuki stadium awal, sel kanker yang berada di sekitar kelenjar getah bening akan menimbulkan bengkak atau benjolan. Biasanya, benjolan tersebut muncul di daerah leher, ketiak, dan pangkal paha.

Belum ada obat yang dinyatakan efektif mengobati kanker kelenjar getah bening. Oleh karena itu, jagalah kesehatan dengan hidup sehat serta kenali gejala atau ciri-ciri kanker kelenjar getah bening sebagai langkah deteksi dini. Dengan begitu, bila memang itu merupakan kanker, dokter bisa memberikan perawatan sebelum kanker menyebar atau makin parah.