Berikut Ide Menu Sehat Dari Olahan Udang & Bayam Untuk Diet

Berikut Ide Menu Sehat Dari Olahan Udang & Bayam Untuk Diet

Berikut Ide Menu Sehat Dari Olahan Udang & Bayam Untuk Diet – Makanan yang baik memang harus beragam, mulai dari ragam jenis sampai warnanya. Itulah mengapa kita dianjurkan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

Itu agar nutrisi yang masuk ke tubuh juga beragam dan jadi lengkap. Udang menjadi salah satu seafood kaya manfaat yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Sajian ini umum ditemui sebagai hidangan utama atau lauk pendamping dengan aneka tambahan komponen yang menarik.

Selain itu, udang pun sering kali dimasak bersama dengan sayur bayam. Sehingga keduanya bisa saling melengkapi untuk menciptakan rasa yang enak, sekaligus menggugah selera untuk mendampingi berbagai waktu makan.

1. Creamy garlic with shrimp and spinach

Makanan Jadi Lebih Variatif, 5 Ide Lauk dari Bayam dan Udang

Makanan yang satu ini memiliki dominasi rasa yang sangat gurih, sehingga paling pas apabila disantap bersama sepiring nasi hangat atau irisan roti. Selain itu, konsentrasi kekentalan makanan ini pun memberikan rasa cukup creamy.

Bila tertarik membuat creamy garlic shrimp and spinach, kamu bisa menumis bawang-bawangan bersama udang selama beberapa saat. Lalu tambahkan tomat kering, disusul dengan bayam dan heavy cream.

2. Stir fry shrimp and spinach
Makanan Jadi Lebih Variatif, 5 Ide Lauk dari Bayam dan Udang

Salah satu masakan sederhana yang paling disukai untuk pembuatan lauk praktis, tidak jauh dari proses tumis-menumis. Teknik tersebut pun cocok diterapkan bagi pemasakan bayam dan udang.

Bahan baku yang digunakan juga terbilang sederhana. Sebab kamu hanya memerlukan penambah rasa seperti jahe, bawang putih, sedikit bubuk cabai, garam, lada, serta sedikit minyak wijen.

3. Spinach shrimp pasta
Makanan Jadi Lebih Variatif, 5 Ide Lauk dari Bayam dan Udang

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa udang ataupun bayam senantiasa cocok bila disandingkan bersama aneka pasta. Dua bahan tersebut bisa memberikan rasa, sekaligus tekstur menarik pada masakan.

Khusus untuk olahan kali ini, kamu bisa memasak bayam bersama lelehan mentega, kaldu, dan heavy cream. Taburkan parmesan hingga rasanya pas, kemudian tambahkan udang yang telah dimasak. Setelah itu, campurkan ke atas pasta.

4. Shrimp and spinach risotto
Makanan Jadi Lebih Variatif, 5 Ide Lauk dari Bayam dan Udang

Risotto bisa dijadikan alternatif hidangan untuk makan malam, apabila ingin menikmati nasi dengan rasa yang lebih gurih, disertai tekstur agak lunak. Sensasi kelezatan makanan ini kian bertambah karena adanya tambahan dari udang dan bayam.

Terlebih dahulu, masak bawang-bawangan di dalam mentega. Lalu tambahkan beras dan aduk rata. Setelah itu, masukkan kaldu dan masak beberapa saat. Bila sudah hampir matang, tambah bayam, keju, penambah rasa, dan udang.

5. Shrimp and spinach curry
Makanan Jadi Lebih Variatif, 5 Ide Lauk dari Bayam dan Udang

Menikmati udang dan bayam bisa pula disajikan dalam kuah kari yang kental nan gurih. Sajian sedap tersebut memang paling cocok jika disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Bahan yang dipakai dalam pembuatan kari dimulai dengan menumis bawang-bawangan. Kemudian tambahkan rempah seperti jahe, ketumbar, kunyit, dan bubuk kari. Lengkapi dengan santan, bayam, udang, serta penambah rasa.

Bayam punya kandungan asam oksalat, sedangkan susu dan kedelai punya kandungan kalsium yang baik bagi tulang dan gigi. Namun, jika keduanya digabungkan, asam oksalat dapat bereaksi dengan kalsium membentuk endapan yang tidak larut bernama kalsium oksalat.

Zat ini terbentuk di dalam usus dan mempengaruhi penyerapan kalsium sehingga menyebabkan penyumbatan di perut. Itulah sebabnya, bayam sebaiknya tidak dimakan bersama lauk seperti tahu, tempe atau bahan lain yang mengandung kedelai.

Kenikmatan bayam dan udang ternyata bisa dijumpai dalam beragam kreasi lauk makan menarik. Yuk, coba praktikkan langsung di rumah!