Berikut Hidangan Yubuchobap yang Cocok Buat Menu Diet Lho

Berikut Hidangan Yubuchobap yang Cocok Buat Menu Diet Lho

Berikut Hidangan Yubuchobap yang Cocok Buat Menu Diet Lho – Masakan Korea adalah makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan cara memasak orang Korea. Mulai dari kuliner istana yang aneh sampai makanan khas daerah serta perpaduan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan serta cara penyiapannya yang sangat berbeda.

Secara sekilas, kuliner-kuliner di benua Asia tampak saling mirip satu sama lain. Misalnya, jika Indonesia ada tahu isi maka Korea Selatan punya makanan serupa yang disebut yubuchobap. Yubuchobap adalah sejanis camilan berat seperti kimbap dari Korea Selatan.

Bedanya, yubuchobap berupa tahu yang di dalamnya diisi dengan nasi dan sayuran seperti mentimun, acar kuning, dan wortel.Selain pas dijadikan bekal ke kantor atau ke sekolah, camilan ini juga pas untuk menemanimu ‘maraton’ nonton drama Korea malam ini.

1. Yujuchobap dikenal juga dengan sebutan fried tofu stuffed with seasoned rice
5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyang

Secara etimologi, yubuchobap berasal dari kata yubu yang merujuk pada tahu (bean curd) dan kata chobap yang berarti nasi sushi (sushi rice). Yubuchobap dikenal dengan julukan fried tofu stuffed with seasoned rice sebagai penamaan internasionalnya. Pasalnya, hidangan ini memang menggunakan tahu dan nasi yang telah dibumbui.

2. Yubuchobap memadukan tahu goreng dengan nasi berbumbu (serta sayuran dan bahan hewani)
5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyang

Untuk yubuchobap, bagian tahu yang digunakan adalah kulitnya. Tepatnya, kulit tahu itu digoreng hingga renyah. Sensasi manis dan juicy yang alami dari tahu sangat pas dipadukan dengan nasi berbumbu. Tak hanya itu, nasi berbumbu tersebut pun bahkan turut pula dilengkapi aneka sayuran hingga bahan hewani.

3. Yubuchobap diolah dengan proses yang terbilang tak rumit dan bahan yang sederhana
5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyang

Proses pengolahan yubuchobap terbilang tak rumit. Mulanya, bagian dalam tahu akan dikeluarkan. Selanjutnya, nasi yang telah dibumbui beserta bahan pelengkapnya lantas dimasukkan ke dalamnya. Bahan pelengkap itu dapat berupa bahan nabati seperti aneka sayuran dan bahan hewani seperti daging sapi, tuna, ataupun telur.

4. Yubuchobap lazim disantap sebagai menu makan siang, kudapan berat, dan bekal
5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyang

Agaknya, berdasarkan bahan-bahan yang digunakan sudah dapat ditakar kandungan gizi dan level mengenyangkan dari kuliner ini. Hal ini tak mengherankan mengapa yubuchobap kerap disantap sebagai menu makan siang ataupun kudapan berat. Selain itu, tahu isi ala Korea ini rupanya juga umum dijadikan bekal.

5. Yubu untuk yubuchobap sudah umum tersedia dalam bentuk frozen food secara komersil
5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyang

Usut punya usut, yubu alias bean curd untuk membuat yubuchobap ini telah umum dikomersilkan, lho. Biasanya yubu tersebut dijual dalam bentuk makanan beku (frozen food) berupa kulit tahu yang siap untuk digoreng tanpa perlu mengeluarkan isinya terlebih dahulu. Hal ini tentu saja membuat yubuchobap semakin praktis dibuat sendiri di rumah.

Mirip dengan konsep olahan tahu isi di Indonesia, Yubuchobap bisa dibilang olahan tahu isi versi Korea Gan. Bedanya, yang menjadi isian dalam Yubuchobap adalah nasi dengan potongan sayuran seperti mentimun, acar, dan wortel.

Terkadang isian Yubuchobap juga bisa ditambahkan dengan telur atau tuna. Biasanya menu ini menjadi salah satu menu cemilan yang dibawa anak sekolah atau jadi bekal di saat piknik.