Berikut Fakta Menarik dari Daun Kenikir Baik untuk Kesehatan

Berikut Fakta Menarik dari Daun Kenikir Baik untuk Kesehatan

Berikut Fakta Menarik dari Daun Kenikir Baik untuk Kesehatan – Kenikir adalah tumbuhan tropis anggota suku kenikir-kenikiran yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di egara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Kenikir (Cosmos caudatus) merupakan tumbuhan yang daunnya biasanya digunakan sebagai lalapan atau sayuran yang ada pada pecel.

Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh penjelajah Spanyol di abad ke-16. Tumbuhan dengan bunga berwarna ungu ini dijadikan sebagai sayuran lalap yang populer di Indonesia. Selain digunakan sebagai bahan makanan, kenikir juga secara luas digunakan sebagai obat tradisional khususnya di Asia Tenggara.

Berbagai senyawa yang ada di dalam daun kenikir membuatnya kaya khasiat yang baik untuk kesehatan, seperti sebagai antibakteri, antioksidan, membantu mencegah hipertensi, membantu mencegah osteoporosis, dan lainnya. Ingin tahu fakta menarik mengenai daun kenikir? Simak penjelasan berikut, ya!

1. Nutrisi kenikir yang perlu kamu ketahui
6 Fakta Daun Kenikir yang Kaya Manfaat Kesehatan, Cegah Hipertensi

Kenikir memiliki rasa yang segar dan wangi yang khas. Daun segarnya memiliki banyak kandungan nutrisi. Dilansir Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut nutrisi yang ada di dalam 100 gram daun kenikir:

  • Air: 87.6 g
  • Energi: 45 Kal
  • Protein: 3.7 g
  • Lemak : 0.5 g
  • Karbohidrat: 6.6 g
  • Serat: 5.8 g
  • Kalsium: 328 mg
  • Fosfor: 65 mg
  • Besi: 2.7 mg
  • Natrium: 6 mg
  • Kalium: 431.0 mg
  • Tembaga: 0.10 mg
  • Seng: 0.6 mg

Selain itu, daun kenikir juga mengandung beta karoten, vitamin B1, B2, dan asam folat yang berguna untuk kesehatan.

2. Kenikir kaya akan antioksidan
6 Fakta Daun Kenikir yang Kaya Manfaat Kesehatan, Cegah Hipertensi

Seperti berbagai sayur dan buah lainnya, kenikir kaya akan antioksidan. Menurut suatu review artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Journal of Natural Remedies pada tahun 2016, ekstrak daun kenikir memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan berpotensi untuk menangkal radikal bebas.

Dilansir review ilmiah yang diterbitkan oleh Global Journal of Pharmacology pada tahun 2014, daun ini juga mengandung berbagai macam senyawa kimia yang berkontribusi sebagai antioksidan. Di antaranya asam askorbat, kuersetin, dan chlorogenic acid.

3. Ekstrak daun kenikir juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur
6 Fakta Daun Kenikir yang Kaya Manfaat Kesehatan, Cegah Hipertensi

Menurut suatu tinjauan ilmiah yang diterbitkan oleh Journal of Research in Medical Science yang terbit pada tahun 2015, ekstrak daun kenikir menunjukkan aktivitas penghambatan pertumbuhan pada bakteri seperti Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, E. coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

Selain itu, ia juga efektif menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans yang menyebabkan penyakit kandidiasis. Dari semua manfaat yang disebutkan tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa ekstrak daun kenikir berpotensi memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

4. Daun kenikir membantu mencegah penyakit hipertensi
6 Fakta Daun Kenikir yang Kaya Manfaat Kesehatan, Cegah Hipertensi

Lebih lanjut, kenikir juga dapat membantu mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Suatu penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan oleh Journal of Pharmacology and Toxicology menunjukkan bahwa ekstrak air dari daun kenikir yang diuji pada tikus terbukti dapat menurunkan frekuensi detak jantung.

Selain itu, ekstrak tersebut dapat menurunkan tekanan darah karena adanya efek diuretik yang mampu meningkatkan pembuangan garam dalam tubuh. Menurut penelitian tersebut, efek diuretik yang terdapat pada daun kenikir hampir setara dengan obat antihipertensi.

5. Selain itu daun kenikir juga berpotensi mencegah osteoporosis
6 Fakta Daun Kenikir yang Kaya Manfaat Kesehatan, Cegah Hipertensi

Daun kenikir juga berpotensi untuk membantu mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang pada wanita menopause. Tumbuhan tersebut bekerja dengan cara melindungi fungsi serta kondisi tulang.

Hal ini dibuktikan pada suatu penelitian terhadap hewan uji coba yang terkena pengeroposan tulang. Mereka diberi ekstrak daun kenikir selama 8 minggu dan diperoleh hasil bahwa komposisi dan volume tulangnya membaik secara bertahap. Walaupu belum diuji secara langsung kepada manusia, ini merupakan potensi yang sangat baik.

6. Daun kenikir punya beberapa khasiat lain yang berhubungan dengan kesehatan
6 Fakta Daun Kenikir yang Kaya Manfaat Kesehatan, Cegah Hipertensi

Daun kenikir juga memiliki khasiat lain, seperti membantu mengurangi peradangan, membantu mencegah diabetes, dan membantu menurunkan kolesterol. Penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Universal Pharmacy and Bioscience pada tahun 2012 melaporkan bahwa ekstrak daun kenikir terbukti menunjukkan sifat antiinflamasi yang signifikan pada hewan uji. Hal ini diperkirakan karena adanya senyawa flavonoid yang bertindak sebagai agen antiinflamasi.

Lebih lanjut, penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Chemistry and Nutrition pada tahun 2014 menunjukkan bahwa hewan uji coba yang diberikan ekstrak daun kenikir selama 3 bulan menunjukkan penurunan yang signifikan pada trigliserida, kolesterol total, dan LDL atau kolesterol jahat. Selain itu, daun kenikir dapat membantu mencegah diabetes dengan menghambat enzim yang membantu penyerapan gula ke dalam darah.