Berbagai Makanan Sebagai Sumber Protein Bagi Para Vegetarian

Berbagai Makanan Sebagai Sumber Protein Bagi Para Vegetarian

Berbagai Makanan Sebagai Sumber Protein Bagi Para Vegetarian – Kandungan protein di dalam makanan sangat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membangun sel dan jaringan tubuh yang baru.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi juga dapat memperkuat tulang, mempercepat proses penyembuhan luka, dan menurunkan tekanan darah.

Agar olahraga maksimal, makanan sehari-harimu harus mengandung protein dan zat besi. Daging merah bisa dibilang sumber protein yang baik. Namun, lain ceritanya jika kamu adalah vegetarian.

1. Tahu, yogurt, dan selai kacang
5 Sumber Protein Sebelum Olahraga untuk Vegetarian

Kesulitan memenuhi kebutuhan protein pada vegetarian, sebenarnya bisa diatasi. Ada beberapa sumber protein ramah vegetarian seperti tahu, yogurt, dan selai kacang.

Di samping itu, masih ada susu serta keju. Semuanya mudah dicari dan bisa dibeli dengan harga yang relatif terjangkau, bukan?

2. Sereal whole grain, sayuran hijau, lentil, dan buah kering
5 Sumber Protein Sebelum Olahraga untuk Vegetarian

Selain protein, vegetarian tentunya membutuhkan asupan zat besi pula. Memang, daging merah menjadi sumber zat besi yang terbanyak. Apalagi, kandungan zat besi di dalamnya memang mudah diserap tubuh.

Namun, tidak perlu berkecil hati. Meski zat besi dalam sayuran sulit dicerna, kamu bisa menyantapnya secara bervariasi dengan sumber lain, seperti sereal whole grain, sayuran hijau, lentil, dan buah-buahan kering.

3. Jeruk dan sereal whole grain
5 Sumber Protein Sebelum Olahraga untuk Vegetarian

Maksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuhmu dengan vitamin C. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu coba.

Misalnya, konsumsi jeruk dengan sereal whole grain yang diperkaya zat besi. Kamu juga bisa menikmati jus jeruk bersama selai kacang.

Kamu juga perlu mengantisipasi makanan yang bisa mengganggu penyerapan zat besi di dalam usus. Kopi, bayam, dan polong-polongan adalah tiga jenis makanan yang perlu kamu awasi. Penting untuk mengombinasikannya dengan vitamin agar zat besi tetap terserap.

4. Telur, keju, susu sapi
5 Sumber Protein Sebelum Olahraga untuk Vegetarian

Vitamin B-12 juga jadi salah satu zat penting bagi tubuh. Sayangnya, vitamin ini hanya terdapat pada produk nonvegetarian.

Namun, tetap ada solusi bagi kalian yang tidak makan daging. Para vegetarian bisa memperolehnya dari telur, keju, susu sapi, yogurt, susu kedelai, atau sereal yang diperkaya vitamin B-12.

5. Suplemen
5 Sumber Protein Sebelum Olahraga untuk Vegetarian

Walaupun tidak dirancang untuk menggantikan pola makan, pelaku vegetarian sah-sah saja memilih suplemen. Terkadang, suplemen juga dibutuhkan.

Namun, alangkah baiknya tidak memilih suplemen secara asal-asalan. Diskusikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

Konsumsi makanan berprotein tinggi juga membantu Anda menjaga berat badan ideal. Hal ini dikarenakan meningkatnya metabolisme tubuh dapat memicu pembakaran lemak lebih banyak dan pembentukan massa otot. Selain itu, makanan berprotein tinggi juga dapat dijadikan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.

Pada orang yang bertubuh terlalu kurus, asupan protein penting untuk tercukupi agar berat badannya bisa bertambah dan menjadi lebih ideal. Namun, perlu diingat bahwa makanan berprotein tinggi tidak baik dikonsumsi oleh semua orang. Orang yang memiliki penyakit ginjal umumnya disarankan untuk mengurangi asupan protein, karena asupan protein yang berlebihan bisa membuat kerja ginjal semakin berat.