Beraneka Menu Lezat dan Menggugah Selera Dari Biji Gandum

Beraneka Menu Lezat dan Menggugah Selera Dari Biji Gandum

Beraneka Menu Lezat dan Menggugah Selera Dari Biji Gandum – Gandum (Triticum spp.) adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

Pada umumnya, biji gandum (kernel) berbentuk opal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm. Seperti jenis serealia lainnya, gandum memiliki tekstur yang keras. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ).

Gandum merupakan salah satu bahan idn poker apk makanan yang cukup populer menjadi aneka olahan. Tak heran bila memang gandum mengandung banyak kandungan karbohidrat di dalamnya sehingga banyak menjadi pilihan menu penggangi beras.

1. Bulgur wheat salad with beetroot, honey, and goat cheese
5 Ragam Olahan Berbahan Biji Gandum, Sumber Karbohidrat Penting!

Menu olahan gandum yang satu ini termasuk ke dalam daftar sajian salad. Tak hanya campuran gandum di dalamnya, namun ada pula potongan buah bit, keju kambing, dan madu. Tentunya ini akan memberikan sensasi rasa manis dan gurih.

2. Savory cream of wheat with onions and peas
5 Ragam Olahan Berbahan Biji Gandum, Sumber Karbohidrat Penting!

Pilihan menu berbahan gandum yang satu ini memiliki cita rasa gurih yang tak biasa. Hal ini karena memang gandum diberi campuran krim di dalamnya yang membuat sensasi rasanya menjadi creamy. Selain itu, ada pula tambahan bawang merah dan kacang polong yang dicampurkan ke dalamnya.

3. Wheat flour crepes
5 Ragam Olahan Berbahan Biji Gandum, Sumber Karbohidrat Penting!

Menu crepes juga dikenal sebagai pancake atau kue panekuk. Olahan ini menggunakan gandum utuh yang dipadukan dengan aneka bahan-bahan di dalamnya. Nantinya olahan gurih ini bisa dikombinasikan dengan saus dan bahan pelengkap.

4. Wheat cookies
5 Ragam Olahan Berbahan Biji Gandum, Sumber Karbohidrat Penting!

Menu biskuit adalah pilihan camilan alternatif yang bisa kamu cicipi. Hal ini karena memang olahan cookies ini menggunakan gandum utuh sebagai bahan utamanya. Cita rasanya akan berbeda dengan sensasi tekstur yang sedikit kasar, namun kaya serat.

5. Wheat porridge
5 Ragam Olahan Berbahan Biji Gandum, Sumber Karbohidrat Penting!

Pilihan menu ini termasuk yang paling cocok disajikan untuk sarapan. Hal ini karena memang gandum utuh diolah menjadi bubur dan dikombinasikan dengan berbagai pilihan bahan. Aneka bahan tersebut adalah blueberry dan kacang kenari.

Masyarakat prasejarah sudah mengenal sifat-sifat gandum dan tanaman biji-bijian lainnya sebagai sumber makanan. Berdasarkan penggalian arkeolog, diperkirakan gandum berasal dari daerah sekitar Laut Merah dan Laut Mediterania, yaitu daerah sekitar Turki, Siria, Irak, dan Iran. Sejarah Tiongkok menunjukkan bahwa budidaya gandum telah ada sejak 2700 SM.

Gandum merupakan makanan pokok manusia, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku. Gandum dapat diklasifikasikan berdasarkan tekstur biji gandum (kernel), warna kulit biji (bran), dan musim tanam. Berdasarkan tekstur kernel, gandum diklasifikasikan menjadi hardsoft, dan durum.