Beraneka Macam Olahan Fondant Potato yang Kaya Karbohidrat

Beraneka Macam Olahan Fondant Potato yang Kaya Karbohidrat

Beraneka Macam Olahan Fondant Potato yang Kaya Karbohidrat – Kentang (Solanum tuberosum) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang”. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini. Fondant potato merupakan salah satu proses pengolahan kentang yang dipotong silinder dan dimasak bersama aneka bumbu.

Hidangan ini bisa dijadikan pendamping atau makanan utama yang kaya karbohidrat. Terdapat aneka macam olahan fondant potato yang bisa dimasak.

1. Classic fondant potato
5 Kreasi Fondant Potato, Olahan Kentang Berbalut Mentega yang Gurih

Fondant potato versi klasik terasa sangat enak dan praktis untuk diolah. Selain itu, kamu bisa membuat makanan ini dengan mudah karena hanya mengandalkan bahan-bahan umum yang tersedia di dapur.

Pertama-tama, potong kentang dan masukkan ke dalam wajan yang telah diolesi minyak. Taburkan dengan garam serta lada. Kemudian balik setelah ujung permukaan kentang menjadi kecokelatan. Tambahkan mentega dan rosemari ke dalam wajan, lalu susul dengan kaldu. Biarkan sesaat dan masukkan ke dalam panggangan hingga kentang tersebut menjadi lebih lembut saat dikonsumsi.

2. Garlic thyme fondant potato
5 Kreasi Fondant Potato, Olahan Kentang Berbalut Mentega yang Gurih

Bila kamu senang dengan olahan kentang yang memiliki tekstur ekstra lembut dan mempunyai rasa bumbu yang terasa tajam, maka hidangan yang pas untuk kamu masak adalah garlic thyme fondant potato.

Proses pembuatan hidangan ini pun tidak jauh-jauh dari versi klasiknya. Sebab kamu bisa menambahkan irisan bawang putih dan daun timi bersamaan dengan lelehan mentega yang dimasukkan ke dalam wajan.

3. Fondant sweet potato
5 Kreasi Fondant Potato, Olahan Kentang Berbalut Mentega yang Gurih

Fondant potato bisa pula diadaptasi dengan menggunakan bahan baku dari ubi sehingga perpaduan rasanya jadi lebih kaya, terutama bila kamu menginginkan sentuhan rasa manis alami terhadap makanan.

Proses pemasakkan fondant sweet potato sama saja dengan yang lain. Namun, kamu bisa membuat saus dari sirup maple untuk disajikan bersama ubi fondant tersebut agar terasa semakin legit untuk disantap.

4. Steik fondant potato
5 Kreasi Fondant Potato, Olahan Kentang Berbalut Mentega yang Gurih

Ketika menikmati steik, bahan yang diperlukan tidak cuma sepotong daging tebal berbumbu, melainkan perlu adanya penetralisir dari saus dan sumber karbohidrat yang bisa didapatkan dari olahan kentang.

Alih-alih menggunakan kentang tumbuk, kali ini komponen yang bisa kamu sajikan di dalam piring daging tersebut adalah fondant potato yang gurih dan lembut. Siapkan pula sayuran segar supaya makanan makin seimbang.

5. Cheese fondant potato
5 Kreasi Fondant Potato, Olahan Kentang Berbalut Mentega yang Gurih

Menikmati olahan kentang sudah pasti sangat serasi bila dihadirkan dengan bermacam-macam keju sehingga sensasi makanan ini akan lebih meleleh saat disajikan untuk menu makan malam.

Proses pengolahan yang membedakan antara fondant potato biasa dan versi cheese terletak pada penggunaan cream cheese hingga parmesan yang turut dimasukkan ke dalam loyang untuk dipanggang beberapa saat.

Fondant potato menjadi cara baru dalam menikmati kentang panggang agar semakin enak dan berbeda untuk dicicipi. Nah, setelah mengenal ragam makanan di atas, adakah menu favorit yang hendak kamu masak?

Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba  (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk.

Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Bunga sempurna dan tersusun majemuk. Ukuran cukup besar, dengan diameter sekitar 3cm. Warnanya berkisar dari ungu hingga putih.