Beragam Olahan Cumi Asal Eropa Barat yang Bercita Rasa Lezat

Beragam Olahan Cumi Asal Eropa Barat yang Bercita Rasa Lezat

Beragam Olahan Cumi Asal Eropa Barat yang Bercita Rasa Lezat – Cumi-cumi disantap dalam berbagai hidangan; dalam bahasa Inggris, nama kuliner  calamari sering dipakai untuk hidangan -hidangan cumi-cumi selain juga di pakai untuk beberapa hidangan gurita, terutama cumi-cumi/gurita goreng (calamari goreng).

Eropa Barat mempunyai beberapa olahan cumi dengan aneka rasa dan juga cara penyajian. Terdapat cumi goreng, cumi panggang, hingga yang memiliki isian.

Semua hidangan mampu membuat lidah bergoyang dan juga sukses bikin ketagihan sekali coba. Berikut lima olahan cumi nikmat asal Eropa Barat yang terkenal akan kelezatannya.

1. Calamari ripieni
5 Olahan Cumi Lezat Khas Eropa Barat, Kenyal dan Gurih!

Calamari ripieni adalah hidangan Italia yang berupa olahan cumi yang mempunyai berbagai isian. Cumi umumnya diberi isian beragam bahan, seperti bawang putih, remah roti, caper, kacang pinus, peterseli, dan bawang. Dalam pembuatannya, disarankan hanya menggunakan cumi segar.

Semua bahan lalu dipanggan ke dalam oven hingga tekstur cumi menjadi empuk. Hidangan ini biasanya disantap dengan saus tomat, terkadang dengan tambahan ikan teri.

2. Encornets farcis
5 Olahan Cumi Lezat Khas Eropa Barat, Kenyal dan Gurih!

Prancis mempunyai olahan cumi yang akan membuat lidah bergoyang. Hidangan ini bernama encornets farcis. Makanan ini dibuat dengan cumi-cumi yang diisi dengan berbagai bahan beraroma yang terbuat dari campuran remah roti, susu, mentega, wortel, seledri, bawang, dan perasa, seperti thyme serta peterseli.

Ketika dihidangkan, cumi-cumi dapat disajikan dengan saus lezat yang dibuat dengan kaldu, bawang merah, dan mentega, serta dibumbui dengan daun salam.

3. Rabas
5 Olahan Cumi Lezat Khas Eropa Barat, Kenyal dan Gurih!

Bagi yang suka dengan makanan yang digoreng, maka dapat mencoba rabas yang merupakan hidangan khas Spanyol. Cumi goreng ini terdiri dari irisan cumi yang dilumuri sedikit tepung atau dilapisi tepung roti sebelum mengalami proses penggorengan. Cumi digoreng hingga renyah.

Olahan cumi ini paling lezat saat dibumbui dengan sedikit garam dan dengan diberi sedikit perasan lemon. Rabas terbaik adalah yang terbuat dari cumi segar yang mrmpunyai gigitan lembut dan rasa air laut alami.

4. Calamari in zimino
5 Olahan Cumi Lezat Khas Eropa Barat, Kenyal dan Gurih!

Italia memang mempunyai olahan cumi yang sangat beragam, salah satunya adalah calamari in zimino. Hidangan yang berasal dari Tuscany dan Liguria ini umumnya memerlukan bahan-bahan, seperti cumi-cumi, white wine, pasta tomat, lobak Swiss atau bayam, bawang putih, minyak zaitun, peterseli, seledri, bawang bombai, garam, dan lada hitam.

Hidangan ini biasanya dipasangkan dengan roti yang berguna untuk meresap kaldu. Makanan ini juga dapat dihidanglan sebagau lauk untuk nasi.

5. Lulas com ferrado
5 Olahan Cumi Lezat Khas Eropa Barat, Kenyal dan Gurih!

Olahan cumi khas Portugal yang menjadi andalannya adalah lulas com ferrado. Hidangan ini berasal dari daerah Algarve. Makanan ini terbuat dari cumi-cumi, kentang, bawang putih, white wine, peterseli, lemon, merica, minyak zaitun, daun salam, garam, dan lada hitam.

Pertama-tama, bawang putih, daun salam, dan merica dicokelatkan ke dalam minyak zaitun. Kemudian dikombinasikan dengan cumi-cumi yang wajib digoreng di kedua sisi dengan menggunakan api kecil. Campuran tersebut lalu diberi tambahan white wine dan sedikit air bila perlu. Setelah semua proses selesai, hidangan ini menggunakan peterseli sebagai hiasan.

Terdapat berbagai cara untuk menyiapkan dan memasak cumi-cumi, dengan setiap negara dan wilayah memiliki resepnya sendiri. Cumi-cumi goreng terdapat dalam hidangan Mediterania. Di Lebanon, Suriah dan Armenia, hidangan tersebut disajikan dengan saus tarator. Di Selandia Baru, Australia dan Afrika Selatan, hidangan tersebut dijual dalam toko-toko ikan dan kentang goreng.