Beragam Menu Kuah Jahe Hangat yang Cocok Disantap Saat Hujan

Beragam Menu Kuah Jahe Hangat yang Cocok Disantap Saat Hujan

Beragam Menu Kuah Jahe Hangat yang Cocok Disantap Saat Hujan – Jahe (Zingiber officinale) adalah tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah.

Rasa dominan pedas yang dirasakan dari jahe disebabkan oleh senyawa keton bernama  zingeron. Jahe termasuk dalam famili Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh.

Jahe menjadi salah satu rempah yang tidak saja dapat menghilangkan aroma kurang sedap pada idn poker apk suatu masakan, melainkan mampu diolah sedemikian rupa sehingga dapat membuat tubuh jadi hangat. Dalam pilihannya, jahe kerap kali diolah menjadi teman untuk kuah suatu makanan sehingga rasa yang dihasilkan makin nendang.

1. Sup ayam jahe
5 Hidangan dari Kuah Jahe yang Dapat Menghangatkan Badan dalam Sekejap

Sup ayam selalu cocok disajikan dalam waktu apapun, lebih-lebih lagi saat musim hujan telah tiba. Proses pembuatan yang sederhana dengan bahan baku seadanya membuat sup ini jadi idola. Namun supaya masakan tambah hangat ketika dimakan, kamu bisa menambahkan jahe ke dalam kuah lho!

2. Wedang ronde
5 Hidangan dari Kuah Jahe yang Dapat Menghangatkan Badan dalam Sekejap

Indonesia memiliki sajian nikmat yang tidak kalah populer dengan bahan baku berupa kuah jahe, ia adalah wedang ronde. Makanan ini mudah sekali ditemui terutama di tempat-tempat dingin.

Selain kuah, dalam seporsi ronde kamu pun akan menemukan bola-bola berisi kacang yang makin menambah rasa nikmat pada hidangan.

3. Mi kuah jahe
5 Hidangan dari Kuah Jahe yang Dapat Menghangatkan Badan dalam Sekejap

Mi memang kerap kali dijadikan pelarian ketika ingin menikmati suatu makanan hangat dalam waktu singkat. Namun olahan mi kali ini agak berbeda karena kuah yang disajikan turut mengandung rempah seperti jahe. Mi yang dimasak pun bisa berupa udonramen, atau mi lain yang kamu sukai.

4. Sup wortel dan jahe
5 Hidangan dari Kuah Jahe yang Dapat Menghangatkan Badan dalam Sekejap

Bagi kamu pencinta olahan sup bertekstur kental, maka sajian wajib yang perlu hadir ketika musim hujan tiba adalah perpaduan antara wortel dan jahe. Kedua bahan tersebut tentu perlu dimasak dengan cara direbus atau ditumis menggunakan sedikit perasa, kemudian lumatkan adonan memakai food processor.

5. Kembang tahu kuah jahe
5 Hidangan dari Kuah Jahe yang Dapat Menghangatkan Badan dalam Sekejap

Kembang tahu kuah jahe ini menjadi salah satu sajian yang sangat populer di kalangan pencinta Chinese food. Rasa manis dan hangat berpadu menjadi satu dalam tiap suapan dan tentunya olahan sangat lembut sehingga cocok disajikan untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Nah, itu dia kelima olahan yang bisa disajikan bersama kuah jahe untuk menambah sensasi hangat pada tubuh ketika dikonsumsi. Jahe diperkirakan merupakan tumbuhan pribumi Asia Tenggara.  Penyebarannya diperkirakan mengikuti migrasi yang dilakukan oleh Suku Bangsa Austronesia pada abad ke-4 SM menyeberangi Kepulauan Melayu  dari CIna Tenggara sampai ke Taiwan. Jahe pun menjadi tumbuhan khas wilayah tersebut bersamaan dengan lengkuas, temu putih dan lempuyang.

Tumbuhan jahe dikategorikan sebagai tumbuhan kultigen dan tidak tersedia lagi dalam bentuk liar di alam. Hal ini disebabkan karena jahe telah kehilangan kemampuannya tumbuh melalui biji seperti kebanyakan jenis rempah-rempah lainnya dan hanya bisa berkembang biak melalui reproduksi vegetatif menggunakan akarnya yang merupakan akibat dari seleksi buatan yang dilakukan manusia. Tumbuhan ini telah lama didomestikasi di India  dan Tiongkok.