Beragam Cara Meringankan Sakit Punggung Saat Lagi Hamil

Beragam Cara Meringankan Sakit Punggung Saat Lagi Hamil

Beragam Cara Meringankan Sakit Punggung Saat Lagi Hamil – Nyeri punggung adalah nyeri atau kekakuan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Sakit punggung adalah hal yang umum dialami oleh ibu hamil antara bulan kelima dan ketujuh. Pada saat itu, rahim yang biasanya bertempat di panggul, bergeser ke perut yang memberi banyak tekanan pada punggung bawah dan tengah.

Nyeri punggung umumnya bukan suatu kelainan, namun merupakan gejala dari berbagai jenis penyakit yang diderita. Sakit punggung selama kehamilan tentu saja bukanlah hal yang menyenangkan. Kabar baiknya, ada banyak pengobatan yang bisa kamu lakukan untuk membantu meringankannya, atau bahkan meredakannya sepenuhnya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meringankan sakit punggung selama kehamilan.

1. Terapkan postur yang baik
5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil, Mudah kok!

Saat bayi tumbuh semakin besar, pusat gravitasi bergeser ke depan. Agar tidak jatuh, kamu dapat mengimbanginya dengan bersandar, karena ini dapat meregangkan otot-otot di punggung bawah dan mengurangi nyeri.

Berikut beberapa prinsip yang perlu kamu ingat selama kehamilan:

  • Berdiri tegak
  • Jangan mengunci lutut
  • Saat berdiri, gunakan kuda-kuda lebar yang nyaman
  • Duduk dengan berhati-hati
  • Duduk di kursi yang menopang punggung atau taruh bantal kecil di punggung bawah
2. Olahraga teratur
5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil, Mudah kok!

Olahraga teratur saat hamil dapat membuat punggung selalu kuat dan meringankan nyeri punggung. Jadi, dengan pengawasan penyedia layanan kesehatan, biasakan untuk melakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki atau olahraga air.

Kamu juga dapat meminta tips peregangan dan latihan yang mungkin membantu. Terapkan latihan peregangan ini untuk mengatasi nyeri punggung sehari-hari.

3. Berikan dukungan saat tidur
5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil, Mudah kok!

Tidur nyenyak bisa terasa sulit didapat selama kehamilan, salah satu alasannya adalah karena nyeri punggung.

Untuk menopang punggung dan mencegah rasa sakit, lipat handuk tebal memanjang dan letakkan di punggung bagian bawah. Ini akan memberikan kamu dukungan sepanjang malam. Atau, cobalah tidur miring dengan menaruh bantal di antara kedua lutut untuk mengurangi ketegangan pada panggul dan punggung bawah.

Tidur miring dapat mengoptimalkan aliran darah ke bayi, sedangkan tidur telentang sangat tidak nyaman dan tidak baik untuk ibu hamil atau bayi. Bantal tubuh sangat membantu untuk menopang dada, pinggul, dan punggung bagian bawah.

Ada baiknya untuk tidak makan setidaknya dua jam sebelum tidur untuk membantu kamu mendapatkan tidur yang nyenyak.

4. Bersantai dengan meditasi
5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil, Mudah kok!

Meditasi adalah teknik yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Untuk melakukan meditasi, kamu hanya perlu duduk atau berbaring di tempat yang tenang dan fokus pada pernapasan dengan menghirup dan mengembuskan napas dalam-dalam. Kamu bisa bermeditasi dalam keheningan atau dengar mendengarkan audio terpandu.

Meditasi telah terbukti memicu respons relaksasi biologis, yang merangsang otak mengendalikan pelepasan hormon stres. Saat stres berhasil dikendalikan, efek racunnya, seperti tekanan darah tinggi dan ketegangan otot, akan berkurang.

Meditasi teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan level toleransi rasa sakit yang akan sangat berguna untuk menangani nyeri punggung.

5. Cari perawatan kiropraktik
5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil, Mudah kok!

Ahli kiropraktik menggunakan berbagai teknik untuk meredakan sakit punggung. Nah, kamu mungkin akan dapat mengatasi masalah nyeri punggung selama kehamilan di bawah perawatan dari terapis kiropraktik yang berpengalaman.

Kiropraktik memanfaatkan manipulasi sendi, kerja jaringan lunak, dan latihan untuk mencegah kamu merasakan ketegangan otot, kompresi saraf, dan ketidaksejajaran sendi.

Ahli kiropraktik mampu mendeteksi ketidakseimbangan dan membantu memperbaikinya dan biasanya ini adalah praktik yang aman untuk ibu hamil. Karenanya, mengatasi nyeri punggung pada ibu hamil bukanlah hal sulit bagi kebanyakan ahli kiropraktik.