Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari Demi Jaga Kesehatan

Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari Demi Jaga Kesehatan

Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari Demi Jaga Kesehatan – Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikrob, kebersihan juga bererti bebas dari virus, bakteria patogen, dan  bahan kimia berbahaya. Kebanyakan orang tidak menyukai kegiatan bersih-bersih. Namun, mau tidak mau, ada beberapa hal yang perlu dibersihkan setiap hari dan sayangnya kebanyakan orang tidak melakukannya.

Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sihat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri mahupun orang lain. Benda-benda tersebut mudah dipenuhi dengan organisme merugikan dan selalu kita sentuh setiap harinya.

Jika tidak dibersihkan, dikhawatirkan ini akan membuat kuman semakin menumpuk dan merugikan kesehatan. Untuk tahu apa saja benda-benda yang wajib dibersihkan setiap hari, simak sampai selesai pembahasan berikut ini.

1. Botol air minum  
Jaga Kesehatan, Ini 5 Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Upaya mengurangi limbah plastik dengan membawa botol air sendiri dapat menjadi bumerang bagi kesehatan jika kamu tidak membersihkannya setiap hari. Penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Civil and Environmental Engineering pada 2017 menyebutkan bahwa jumlah rata-rata bakteri dalam botol air minum reusable orang dewasa adalah sekitar 75 ribu bakteri per mililiter.

Jadi, jaga kebersihan botol dengan mengosongkan botol air di setiap penghujung hari dan mencucinya dengan sabun cuci piring antibakteri dan air panas. Atau, jika kamu ingin mengurangi pertumbuhan bakteri, beralihlah ke botol tembaga yang memiliki efek antimikroba alami.

2. HP
Jaga Kesehatan, Ini 5 Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Setiap harinya, kita menyentuh dan menempelkan HP ke wajah hingga ratusan kali. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Microbiology tahun 2017 menyebutkan bahwa para peserta memiliki enam jenis pertumbuhan bakteri yang berbeda di HP mereka. Jenis yang paling umum adalah Acinetobacter baumannii, sumber utama infeksi di rumah sakit, dan Staphylococcus aureus yang resisten antibiotik.

Karena alasan ini, HP menjadi benda yang wajib dibersihkan setiap hari. Untungnya, membersihkan HP tidaklah sulit, menyeka dengan kain yang dibasahi dengan alkohol dapat dengan cepat membunuh banyak bakteri yang tidak diinginkan.

3. Gagang pintu
Jaga Kesehatan, Ini 5 Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Gagang pintu adalah benda yang sudah pasti kita sentuh setiap harinya. Jadi, tidak heran jika permukaan benda tersebut mengandung banyak kuman.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Continental Journal of Medical Research pada tahun 2012, di antara 180 gagang pintu dan kenop yang diseka oleh para peneliti, sekitar 87 persen memiliki kontaminasi bakteri. Sebanyak 30 persen terbukti positif mengandung Staphylococcus aureus, 16 persen dites positif untuk E. coli, dan 26 persen terkontaminasi dengan Klebsiella pneumoniae, bakteri yang terkait dengan perkembangan pneumonia dan bronkitis.

Terdengar mengerikan, bukan? Untungnya, pembersihan sederhana dengan kain yang diberi antibakteri dapat menghilangkan sebagian besar bakteri yang menempel pada gagang pintu.

4. Piring
Jaga Kesehatan, Ini 5 Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Untuk menjaga kebersihan seluruh rumah, penting untuk tidak membiarkan piring kotor di wastafel selama berhari-hari. Sebab, kombinasi partikel makanan dan air di wastafel menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Faktanya, National Science Foundation menemukan bahwa wastafel dapur memiliki konsentrasi bakteri tertinggi kedua di seluruh rumah.

Jadi, bila memungkinkan, cuci piring dengan sabun dan air segera setelah digunakan. Kemudian, keringkan dan simpan piring di tempat yang kering dan bersih. Juga, pastikan untuk menyeka wastafel dengan pembersih antibakteri atau campuran pemutih dan air.

5. Handuk piring dan tangan
Jaga Kesehatan, Ini 5 Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Handuk piring mungkin tidak terlihat kotor mengingat benda ini digunakan untuk mengelap piring yang sudah dicuci. Namun, handuk piring dinyatakan sebagai tempat paling terkontaminasi di dapur dalam studi yang didanai oleh United States Department of Agriculture.

Hal yang sama juga berlaku untuk handuk kecil yang dipakai untuk mengelap tangan. Handuk tangan menjadi lebih cepat kotor karena digunakan lebih dari sekali per hari dan sering digunakan oleh oleh beberapa orang dalam keluarga. Terlebih, kebanyakan orang tidak mencuci tangan mereka dengan cukup bersih. Karena alasan ini, handuk tangan harus diganti setiap hari.