Beberapa Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!

Beberapa Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!

Beberapa Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!Kesehatan adalah kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan.

Tidak makan dan minum dalam menjalankan puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan, lho, Bela. Agar selalu bersemangat dalam beribadah, kamu harus memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Hmm, memangnya bisa tetap bugar meski perut dalam keadaan kosong? Tentu saja bisa dong! Caranya, Daftar Live22 kamu bisa ikuti lima tips sehat saat puasa a la Popbela! Dijamin badanmu nggak akan lemas!

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
5 Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!

Nggak bisa dipungkiri, menahan dahaga dalam kurun waktu yang tak sebentar akan membut tubuhmu mengalami dehidrasi. Nah, untuk mengembalikan cairan tubuh, usahakan minum dua liter air mineral ketika jam buka puasa, malam hari dan sahur. Dengan begitu, tubuhmu akan tetap sehat meski berpuasa.

2. Tetap melakukan olahraga
5 Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!

Ketika puasa, tidak sedikit orang yang mengindari olahraga. Padahal, menggerakan tubuh dan otot masih harus tetap dilakukan, lho. Cara menyiasatinya, kamu bisa memilih olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, atau sekedar melakukan pekerjaan rumah. Jika rutin dilakukan tubuh akan tetap terasa segar dan sehat meski sedang berpuasa.

3. Jangan berlebihan ketika sahur atau berbuka
5 Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!

Menahan lapar seharian pasti membuat kamu cenderung mengonsumsi makanan secara berlebihan ketika berbuka puasa. Tapi, ada baiknya kamu menghindari hal ini ya, Bela. Pasalnya, lambung akan ‘kaget’ jika kamu makan berlebihan dalam satu waktu. Apalagi, ketika perut dalam keadaan kenyang, umumnya kamu akan merasakan kantuk. Wah, jangan sampai timbanganmu geser ke kanan, ya!

4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
5 Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!

Sudah bukan rahasia lagi kalau sayur dan buah menyimpan manfaat baik untuk tubuh. Selain kaya akan vitamin, buah dan sayur juga tinggi dengan serat yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Wow, tips sehat saat puasa ini wajib kamu lakukan.

5. Kurangi makanan asin dan berlemak
5 Tips Sehat Saat Puasa, Tubuh Segar Ibadah Lancar!

Makanan dengan rasa gurih dan asin serta berlemak akan menyenangkan indera perisa kamu, namun kalau dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih ketika sedang berpuasa. Makanan asin umumnya akan membuat kerongkongan terasa kering dan rasa haus. Sedangkan makanan berlemak membuat perut jadi mudah lapar yang dapat memicu kenaikan berat badan.

Jadi itu dia lima tips sehat saat puasa yang wajib kamu lakukan selama bulan Ramadan ini. Selamat berpuasa and stay healthy, Bela!