Beberapa Sup lezat khas Rusia Dengan Cita Rasa yang Unik

Beberapa Sup lezat khas Rusia Dengan Cita Rasa yang Unik

Beberapa Sup lezat khas Rusia Dengan Cita Rasa yang Unik – Masakan Rusia adalah sebutan untuk berbagai masakan yang mencakup hidangan istana Kekaisaran Rusia, masakan nasional Federasi Rusia, dan republik bekas Uni Soviet seperti Ukraina dan Kazakhstan.

Sebagai negara terbesar di dunia yang berada di dua benua, Eropa dan Asia, masakan yang sama bisa memiliki resep yang berbeda-beda bergantung pada iklim dan wilayahnya di Rusia. Masakan Rusia sangat dipengaruhi masakan Prancis. Katarina yang Agung sangat menyukai kebudayaan Prancis dan mendatangkan koki dari Prancis Rusia adalah negara dengan luas wilayah terbesar di dunia yang terbentang di timur Eropa dan utara Asia.

Negara dengan ibu kota Moskow ini memiliki banyak keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu daya tarik yang dimiliki Rusia adalah kulinernya. Terdapat berbagai jenis makanan khas yang harus dicicipi jika berkunjung ke sana, seperti sajian sup.

1. Rassolnik
5 Sajian Sup Khas Rusia Bercitarasa Lezat, Yuk Coba!

Salah satu sup populer dari Rusia adalah Rassolnik. Sup ini memiliki aroma unik yang berasal dari acar mentimun, pearl barley, sayuran, herbs segar, dan jerohan ayam, sapi, atau babi.

Dahulu, Rassolnik merupakan hidangan bagi para raja dan bangsawan. Namun, kini semua orang bisa menikmati Rassolnik yang bercitarasa unik.

2. Okroshka
5 Sajian Sup Khas Rusia Bercitarasa Lezat, Yuk Coba!

Okroshka merupakan hidangan sup dingin klasik dari Rusia. Okroshka sendiri berasal dari kata kroshit yang artinya memotong. Bahan dasarnya berupa potongan sayur, daging, dan kentang yang dimasukkan ke dalam kvass, sejenis fermentasi minuman gandum, atau ke dalam kefir.

Okroshka memiliki berbagai versi. Namun, dari keseluruhan versi tersebut biasanya selalu mengandung kombinasi sayur dan daging.

3. Ukha
5 Sajian Sup Khas Rusia Bercitarasa Lezat, Yuk Coba!

Ukha adalah sup berbahan dasar ikan dengan kuah yang jernih. Supaya rasa kuahnya sedap, jenis ikan yang digunakan tidak boleh sembarangan. Biasanya, Ukha menggunakan ikan jenis northern pikebreamwels catfish, dan ruffe.

Bahan-bahan seperti sayuran, bumbu, dan herbs ditambahkan untuk meningkatkan citarasa Ukha. Rasanya yang menyegarkan sangat memanjakan lidah penikmatnya.

4. Shchi
5 Sajian Sup Khas Rusia Bercitarasa Lezat, Yuk Coba!

Salah satu sup yang terkenal di Rusia yang memiliki rasa asam adalah Shchi yang berbahan dasar kol segar atau yang sudah difermentasi. Kol dicampur dengan berbagai bahan lain seperti daging dan sayur.

Umumnya daging yang digunakan adalah daging sapi, daging ayam, atau daging babi. Namun, sekarang dapat pula menggunakan daging ikan sebagai bahan Shchi.

5. Borscht
5 Sajian Sup Khas Rusia Bercitarasa Lezat, Yuk Coba!

Borscht adalah sup yang berbahan dasar bit, sehingga memiliki warna merah menyala yang khas. Bit sebagai dasar sup kemudian dipadukan dengan daging dan berbagai sayuran, seperti kol, bawang, kentang, dan wortel. Borscht disajikan dengan sour cream dan dapat dinikmati panas atau dingin.

Menurut cerita, Borscht dulunya berasal dari Ukraina, tetapi karena rasanya cocok di lidah orang Rusia, akhirnya diadopsi menjadi salah satu makanan tradisional Rusia dengan sedikit modifikasi.

Sejumlah hidangan yang dianggap asli Rusia, seperti sapi muda Orloff, sapi Stroganoff, ayam Kiev, dan Charlotte Russe adalah hasil kreasi koki Prancis. Beberapa hidangan dari luar Rusia telah dianggap sebagai makanan asli Rusia. Pelmeni berasal dari Siberia, dan shashlik daging kambing atau domba dipelajari dari suku-suku di Pegunungan Kaukasus pada abad ke-19.

Makanan Rusia yang paling dikenal adalah sup shchi. Bahan dasarnya hanya kubis dan bawang bombay. Sup ini digemari karena tidak mengenal perbedaan kelas, kaya atau miskin. Orang Rusia mengenal ungkapan “Makanan kami adalah shchi dan kasha (bubur).

Makanan istimewa dihidangkan dalam kesempatan khusus dan perayaan Gereja Ortodoks. Ketika berpuasa daging, orang Rusia membuat shchi dari sauerkraut. Hidangan istimewa untuk Natal adalah kutia, dan blini untuk Maslenitsa, serta Paskha untuk Paskah.