Beberapa Penyebab Radang Tenggorokan yang Wajib Dikenali

Beberapa Penyebab Radang Tenggorokan yang Wajib Dikenali – Radang tenggorokan akut biasanya terjadi kurang dari dua minggu yang menyerang secara mendadak dan reda setelah beberapa waktu. Tenggorokanmu tiba-tiba terasa tak nyaman bahkan nyeri saat menelan? Bisa jadi itu disebabkan oleh radang tenggorokan.

Radang tenggorokan akut umumnya ditandai dengan gejala sakit tenggorokan. Keluhan ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus, termasuk virus Corona yang sedang mewabah saat ini. Mayo Clinic melansir, gejala ini sering disebabkan oleh infeksi virus seperti virus influenza, gondongan, mononukleosis, dan campak. Selain itu, radang tenggorokan juga bisa terjadi akibat infeksi bakteri Streptococcus.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa penyebab radang tenggorokan yang penting untuk dikenali. Simak ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

1. Reaksi alergi
5 Penyebab Radang Tenggorokan, Tak Terlihat tapi Menyakitkan

Reaksi alergi bisa beragam gejalanya, seperti bersin, batuk, pilek, radang tenggorokan dan lain sebagainya. Reaksinya bisa beragam dari satu orang dengan orang lainnya.

Reaksi alergi, misalnya karena alergi terhadap debu, bulu binatang, atau serbuk sari dapat menyebabkan penderitanya rentan mengalami peradangan saluran pernapasan. Hal ini bisa memicu rasa sakit serta gatal pada tenggorokan.

2. Udara kering
5 Penyebab Radang Tenggorokan, Tak Terlihat tapi Menyakitkan

Udara kering di lingkungan dapat mengakibatkan saluran pernapasan menjadi kering, hal ini memicu iritasi pada tenggorokan. Saat udara terasa kering, sebagian besar orang akan bernapas melalui mulut, terlebih saat berada di dalam suhu yang lebih panas dan pengap.

3. Kebiasaan merokok
5 Penyebab Radang Tenggorokan, Tak Terlihat tapi Menyakitkan

Kebiasaan merokok bisa mengiritasi tenggorokan serta memicu peradangan. Kebiasaan buruk ini terbukti mampu meningkatkan risiko penyakit seperti kanker mulut, laring dan tenggorokan.

Polusi udara baik saat berada di luar ruangan maupun dalam ruangan akibat dari bahan kimia asap tembakau dapat menyebabkan sakit tenggorokan kronis. Hal ini tentu dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang tenggorokan yang bisa amat menyakitkan.

4. Cedera tenggorokan
5 Penyebab Radang Tenggorokan, Tak Terlihat tapi Menyakitkan

Cedera yang terjadi akibat makanan yang tanpa sengaja tersangkut di tenggorokan dapat menyebabkan luka. Hal ini dapat memicu terjadinya radang tenggorokan, bahkan jika disertai infeksi virus maupun bakteri, tentu dapat memperparah keadaan.

Berteriak dengan kencang dan dengan durasi terus-menerus juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Hal lain juga yang tidak boleh dianggap sepele adalah akibat ketegangan otot saat berbicara dalam kurun waktu yang lama tanpa istirahat.

5. Adanya penyakit serius
5 Penyebab Radang Tenggorokan, Tak Terlihat tapi Menyakitkan

Beberapa penyakit serius juga dapat menimbulkan gejala sakit pada tenggorokan. Beberapa di antaranya adalah:

• Penyakit refluks gastroesofagus (GERD): GERD merupakan gangguan sistem pada pencernaan di mana cairan asam lambung kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada kerongkongan akibat cairan asam.
  • Infeksi HIVpada kasus ini sakit tenggorokan mirip dengan gejala flu lainnya. Orang dengan HIV kemungkinan akan mengalami sakit tenggorokan kronis atau berulang akibat dari infeksi jamur (seriawan) atau karena infeksi sitomegalovirus (CMV).
  • Kanker tenggorokan, lidah, atau laring: penyakit keganasan ini juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Tanda atau gejala yang mungkin muncul seperti suara serak, pernapasan berisik, kesulitan saat menelan, dan benjolan pada leher.
  • Pembengkakan pada daerah tenggorokan: kondisi ini juga bisa menyebabkan nyeri pada tenggorokan serta mengganggu jalur pernapasan.