Beberapa Olahan Daging Sapi Khas Negara-Negara Eropa Barat

Beberapa Olahan Daging Sapi Khas Negara-Negara Eropa Barat

Beberapa Olahan Daging Sapi Khas Negara-Negara Eropa Barat – Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya.

Sebagai contoh has luar, daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steik sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Olahan daging sapi sangatlah populer di negara-negara Eropa Barat.

Hal ini membuatnya memiliki beragam makanan berbahan dasar sapi yang menggiurkan. Daging-daging sapi ini melalui proses olahan yang membuatnya memiliki cita rasa yang menggugah selera. Apa saja olahan daging sapi khas negara-negara Eropa Barat yang sukses bikin ngiler dari tampilan dan aromanya?

1. Bistecca alla Fiorentina
5 Olahan Daging Sapi Khas Eropa Barat yang Rasanya Mantap Banget! 

Bistecca alla fiorentina merupakan makanan sejenis steak yang berasal dari Italia. Makanan ini dibuat dengan menggunakan daging sapi muda yang dikombinasikan dengan persiapan khusus. Hal ini membuatnya menjadi salah satu makanan paling terkenal dari masakan Tuscan.

Makanan ini terdiri dari potongan tinggi termasuk tulang, lalu dimasak di atas bara api atau di atas panggangan. Hidangan ini biasanya didampingkan dengan kentang goreng dan biasanya menggunakan irisan lemon sebagai hiasan.

2. Espetada
5 Olahan Daging Sapi Khas Eropa Barat yang Rasanya Mantap Banget! 

Espetada merupakan makanan hidangan tradisional asal Portugal. Hidangan nikmat ini dibuat dari potongan besar daging sapi yang direndam dalam garam dan bawang putih. Selanjutnya daging ditusuk di atas batang daun salam. Tongkat lalu ditempatkan di atas bara panas hingga daging dimasak dengan sesuai.

Olahan daging sapi ini menjadi makanan paling terkenal untuk dihidangkan ketika piknik atau pesta di Madeira. Hidangan ini biasanya dinikmati dengan tusuk sate yang digantung secara vertikal dari pengait. Hal ini bertujuan agar jus beraroma dapat menetes ke piring yang diisi dengan irisan tebal roti kering.

Tak hanya menggunakan daging sapi, terkadang banyak orang yang menggantinya dengan daging babi, sosis, dan cumi-cumi.

3. Châteaubriand
5 Olahan Daging Sapi Khas Eropa Barat yang Rasanya Mantap Banget! 

Châteaubriand tidak hanya mengacu pada potongan daging sapi, namun juga teknik yang digunakan untuk memanggang potongan daging tenderloin yang tebal.

Pada tahun 1822, Montmireil yang merupakan seorang koki menyiapkan steak ini untuk seorang penulis, diplomat, dan negarawan asal Prancis yang bernama Francois René Vicomte de Chateaubriand.

Ketika dihidangkan di Prancis, makanan ini selalu disertai dengan saus dan paling sering menggunakan saus red wine tradisional atau bisa juga diganti dengan saus béarnaise.

Makanan ini umumnya dihidangkan dengan kentang panggang atau kentang chateau kecil.

4. Bitoque
5 Olahan Daging Sapi Khas Eropa Barat yang Rasanya Mantap Banget! 

Bitoque adalah makanan khas asal negara Portugal. Makanan ini dibuat dengan steak goreng tanpa lemak yang umumnya menjadikan kentang goreng, nasi, dan berbagai salad sebagai pendamping. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan utama yang juga disantap bersamaan dengan saus tomat atau mustard dan di atasnya diberi telur goreng yang renyah.

Makanan ini menjadi salah satu pilihan makan siang paling populer bagi banyak penduduk Portugal dan mudah dijumpai di menu banyak restoran tradisional di seluruh negeri.

5. Steak frites
5 Olahan Daging Sapi Khas Eropa Barat yang Rasanya Mantap Banget! 

Steak frites merupakan makanan yang berasal dari masakan nasional Prancis dan Belgia. Dalam hidangan ini, kentang goreng bervariasi dari irisan kentang pedesaan yang dipotong dengan tangan hingga jenis yang diproduksi di pabrik. Kentang lalu mengalami proses penggorengan yang akan memberikan kentang tekstur renyah dengan warna emas yang menggoda.

Walaupun kentang goreng menjadi pelengkap yang penting, namun steak menjadi bintang utama dari makanan ini. Biasanya steak yang digunakan dalam makanan ini adalah rib eye cut, namun dapat juga menggunakan steak sirloin atau T-bone.

Hidangan ini juga sering menggunakan saus sederhana, béarnaise, atau saus hollandaise sebagai pelengkap.

Olahan daging sapi khas Eropa Barat di atas sungguh bikin ngiler tak hanya dari visualnya saja. Aromanya pun sedap dan bikin gak tahan pengin cobain!

Daging sapi yang sudah di-trimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan merupakan sumber protein yang sangat baik (mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%), sumber omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA), lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi (terserap dengan cepat dan baik dibanding zat besi dari pangan nabati), seng, fosforus, selenium, mengandung kadar lemak yang relatif rendah, dan memiliki kadar komposisi kolesterol yang sesuai untuk tubuh.

Selain zat gizi tersebut daging tanpa lemak kaya akan sumber antioksidan dan senyawa bioaktif seperti taurin, karnitin, CLA (conjugated linoleic acid), carnosin, glutathione, kreatin, dan kolin.