Beberapa Masalah Kesehatan yang Menimbulkan Nyeri Siku

Beberapa Masalah Kesehatan yang Menimbulkan Nyeri Siku

Beberapa Masalah Kesehatan yang Menimbulkan Nyeri Siku – Tennis elbow adalah peradangan pada sendi di siku bagian luar yang menyebabkan nyeri dan kadang juga kelemahan di tangan. Kondisi ini terjadi akibat rusaknya otot di lengan bawah yang umumnya disebabkan oleh gerakan berulang. Pernahkah kamu mengalami nyeri siku? Biasanya, hal ini terjadi saat siku terbentur sesuatu yang keras atau akibat cedera.

Nyeri dan kelemahan di tangan akibat tennis elbow dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti menulis atau menggenggam suatu benda. Keluhan ini bisa berlangsung sampai berbulan-bulan. Oleh sebab itu, tennis elbow perlu ditangani agar tidak makin memburuk. Aktivitas yang melibatkan gerakan tangan berulang kali pun dapat memicu timbulnya nyeri pada siku.

Selain terasa sakit, nyeri siku juga dapat membatasi pergerakan lengan penderita sehingga menyulitkannya dalam melakukan aktivitas. Nah, apa saja yang dapat menyebabkan siku terasa nyeri? Berikut beberapa masalah kesehatan yang menimbulkan nyeri siku.

1. Tennis elbow
Siku terasa Nyeri? Mungkin 5 Masalah Ini Penyebabnya

Dilansir National Health Service, tennis elbow atau epikondilitis lateral merupakan kondisi yang menyebabkan rasa nyeri di siku bagian luar. Kondisi ini sering terjadi akibat penggunaan berlebihan atau tindakan yang berulang dari otot-otot lengan bawah, di dekat sendi siku.

Penderitanya akan merasakan nyeri di bagian luar siku dan dapat menjalar ke lengan bawah saat melakukan aktivitas, seperti :

  • Mengangkat atau menekuk lengan
  • Menggenggam benda-benda kecil, seperti pensil
  • Memutar lengan, seperti memutar pegangan pintu atau membuka stoples
  • Penderita mungkin juga kesulitan dan merasakan nyeri serta kaku saat merentangkan lengan sepenuhnya

Contohnya olahraga yang menggunakan raket, seperti bulutangkis, menggunakan perkakas tangan berulang kali (menggunting atau memutar obeng), mengetik, menjahit, memainkan alat musik, seperti biola.

2. Golfer’s elbow
Siku terasa Nyeri? Mungkin 5 Masalah Ini Penyebabnya

Golfer’s elbow atau epikondilitis medial adalah suatu kondisi yang menyebabkan nyeri pada tendon bagian dalam siku. Nyeri tersebut dapat menyebar ke lengan bawah dan pergelangan tangan.

Tidak hanya pemain golf, pemain tenis dan orang yang berulang kali menggunakan pergelangan tangan atau mengepalkan jari juga dapat mengalami kondisi ini. Mengangkat, melempar atau memukul dengan cara yang tidak tepat serta pemanasan yang terlalu sedikit juga dapat memicu golfer’s elbow.

Selain golf, aktivitas lain yang berisiko menyebabkan golfer’s elbow, antara lain tenis, baseball atau softball, sepak bola, panahan, lempar lembing dan angkat beban. Kondisi ini juga berisiko terjadi pada pekerjaan dengan gerakan tangan yang kuat dan berulang, seperti konstruksi, tukang pipa, dan pertukangan.

3. Olecranon bursitis
Siku terasa Nyeri? Mungkin 5 Masalah Ini Penyebabnya

Olecranon bursitis terjadi di bursa olecranon, yaitu kantung berisi cairan yang terletak di ujung tulang siku (olecranon). Bursa ini bertindak sebagai bantalan antara tulang dan jaringan lunak, seperti kulit. Namun, bursitis dapat terjadi jika bursa teriritasi atau mengalami peradangan.

Dilansir OrthoInfo, bursitis ini dapat disebabkan akibat trauma atau pukulan keras pada ujung siku, bersandar di ujung siku untuk waktu yang lama di permukaan yang keras, infeksi, kondisi medis tertentu, seperti artritis reumatoid dan asam urat.

4. Osteoartritis
Siku terasa Nyeri? Mungkin 5 Masalah Ini Penyebabnya

Mengutip OrthoInfo, osteoartritis siku terjadi ketika permukaan tulang rawan siku aus atau rusak. Umumnya, kondisi ini dipicu oleh cedera pada siku, seperti patah tulang atau dislokasi siku.

Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan, yaitu nyeri, berkurangnya rentang gerak, kesulitan menekuk siku, suara berderak saat digerakkan, sensasi siku seperti terkunci hingga pembengkakan.

Pengobatan osteoartritis biasanya dilakukan dengan pemberian obat-obatan dan terapi fisik. Sementara itu, tindakan operasi dapat menjadi pilihan untuk kasus yang lebih parah.

5. Osteochondritis dissecans
Siku terasa Nyeri? Mungkin 5 Masalah Ini Penyebabnya

Dikutip dari Healthline, osteochondritis dissecans, atau disebut juga Panner’s disease, terjadi ketika bagian kecil tulang rawan dan tulang terlepas di sendi siku. Kondisi ini kerap terjadi akibat cedera olahraga pada siku dan paling sering dialami oleh pria muda.

Kondisi dapat menimbulkan keluhan, seperti nyeri di bagian luar siku, kesulitan untuk merentangkan lengan dan sendi terasa seperti terkunci. Tidak menggerakkan sendi siku untuk sementara waktu dan menjalani terapi fisik dapat membantu mengobati kondisi ini.