Beberapa Makanan & Minuman yang Bisa Membuatmu Bersemangat

Beberapa Makanan & Minuman yang Bisa Membuatmu Bersemangat

Beberapa Makanan & Minuman yang Bisa Membuatmu Bersemangat – Kelelahan adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Setiap orang punya kesibukannya masing-masing. Kesibukan tingkat tinggi sering kali membuat kita merasa mengantuk atau kelelahan.

Kelelahan dapat akut dan datang tiba-tiba atau kronis dan bertahan. Menurut sumber lain kelelahan adalah suatu kondisi pada tubuh manusia merasa lelah secara alami, yang biasa terjadi setelah latihan fisik atau mental yang berat. Selain dengan istirahat sejenak, kamu juga bisa mengatasi kelelahan lewat pola makan.

Kelelahan dapat akut dan datang tiba-tiba atau kronis dan bertahan. Ya, apa yang kita makan berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita. Agar bisa semangat lagi, yuk, Dikutip dari idn poker android coba konsumsi beberapa makanan dan minuman lagi untuk mengusir kelelahan!

1. Sayur-sayuran dan buah-buahan
Kelelahan? Coba, deh, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Mengutip Healthline, makin segar makanan, makin banyak nutrisinya. Jadi, buah dan sayur bisa dikonsumsi untuk mengusir kelelahan.

Contoh lainnya adalah alpukat yang mengandung vitamin, mineral dan lemak sehat yang bisa memberikan energi hingga berjam-jam. Alpukat juga mengandung serat, yang mana ini membantu gula darah tetap stabil, mencegah gula darah melonjak dan selanjutnya turun dengan cepat yang bisa menyebabkan kelelahan.

Untuk sayuran, kamu bisa mengonsumsi bayam yang merupakan sumber baik vitamin C, folat, dan zat besi. Kadar semua nutrisi tersebut dalam tubuh esensial untuk produksi energi. Selain itu, tubuh yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan parah.

2. Makanan dan minuman yang tidak mengandung kafein
Kelelahan? Coba, deh, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Konsumsi sedang kafein memang terbukti dapat mendatangkan berbagai manfaat kesehatan. Walaupun bisa bikin melek, tetapi kafein sebenarnya tidak memberikan tubuh energi yang diperlukan.

Awalnya kafein memang memberikan tambahan energi, tetapi ini tidak dilengkapi nutrisi yang baik dan seimbang. Lama-lama, kamu pun kembali lelah, mengutip Healthline.

Lebih baik pilihlah makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Bila memang lebih memilih kopi, konsumsilah kopi hitam murni tanpa tambahan gula.

3. Makanan berprotein
Kelelahan? Coba, deh, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Dilansir Cleveland Clinic, protein butuh waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap. Saat kamu makan protein berbarengan dengan karbohidrat, itu akan memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Hasilnya, kamu pun akan mendapatkan energi berkelanjutan. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan satu porsi kacang-kacangan, selai kacang (tanpa tambahan gula), yoghurt tawar, atau hummus ke dalam makanan atau dijadikan sebagai camilan.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan
Kelelahan? Coba, deh, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Biji-bijian dan kacang-kacangan juga bisa membantu mengatasi dan melawan kelelahan serta rasa lapar. Konsumsi keduanya dapat memberikan nutrisi sehat sekaligus energi untuk menjalani hari.

Sebagai contoh, almon kaya akan nutrisi seperti lemak, serat, dan protein. Protein dan lemak memberikan perasaan kenyang yang lebih lama dan dapat membantu peningkatan energi, mengutip Medical News Today.

Menurut sebuah penelitian berskala kecil yang melibatkan enam atlet ketahanan dalam Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2011, konsumsi biji chia menawarkan energi sama banyaknya dengan minuman olahraga berkarbohidrat. Kamu bisa mencampurkan biji chia ke dalam smoothie atau yoghurt saat sarapan atau dijadikan sebagai camilan sehat.

5. Air
Kelelahan? Coba, deh, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Untuk fungsi tubuh yang optimal, kamu harus mencukupi asupan cairan setiap harinya. Dilansir Healthline, walaupun air tidak memberikan energi dalam bentuk kalori, tetapi air dapat memfasilitasi proses energik dalam tubuh. Idealnya, orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas atau 2 liter air per hari.

Akan tetapi, hindari minum air berlebihan karena bisa menyebabkan overhidrasi. Mengutip Mayo Clinic, minum terlalu banyak air malah dapat menyebabkan hilangnya energi, memunculkan rasa kantuk, atau rasa lelah yang konstan akibat ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

6. Suplemen
Kelelahan? Coba, deh, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Bila kamu tidak yakin dapat memenuhi kebutuhan gizi harian lewat pola makan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen makanan. Akan tetapi, sebaiknya sebelum mulai mengonsumsi suplemen apa pun, konsultasikan dulu ke dokter, ya.

7. Makanan segar, hindari makanan olahan
Kelelahan? Coba, deh, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Mengutip Nutritionist Resource, bila sebagian besar pola makananmu terdiri dari makanan olahan atau kemasan (misalnya keripik, minuman bersoda, makanan kalengan, daging olahan seperti bacon, cake dan biskuit, junk food, dan sebagainya), kamu mungkin akan mendapati peningkatan kelelahan dibandingkan dengan pola makan yang didominasi buah dan sayuran.

Makanan olahan umumnya mengandung pengawet, zat aditif, natrium, lemak trans, dan zat buatan lainnya yang dapat menyebabkan kelelahan.