Beberapa Kuliner Olahan Tahu Enak Sekaligus Menyehatkan Lho

Beberapa Kuliner Olahan Tahu Enak Sekaligus Menyehatkan Lho

Beberapa Kuliner Olahan Tahu Enak Sekaligus Menyehatkan Lho – Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu), yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”.

Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Tahu merupakan makanan yang tak bisa dipisahkan dengan lidah orang Indonesia. Makanan berbahan dasar kedelai ini terbilang fleksibel karena bisa diolah menjadi camilan atau lauk untuk pendamping makan nasi.

Di Indonesia sendiri olahan tahu amat banyak. Sebut saja tahu kupat, tahu gejrot, hingga tahu gimbal. Ada lagi olahan tahu di Indonesia yang mesti kamu ketahui karena keberadaannya kurang dikenal.

1. Tahu goreng aceh
6 Kuliner Olahan Tahu di Indonesia yang Kurang Dikenal, padahal Enak!

Bagi kamu yang berdomisili di luar Aceh, rasanya asing sekali dengan olahan tahu ini.

Tahu goreng aceh mempunyai komposisi terdiri dari tahu, daun selada, taoge, dan timun. Ketika semua komposisi bahan disatukan, dicampur dengan bumbu kacang. Sepintas, kuliner ini mirip dengan gado-gado.

2. Tahu mambo
6 Kuliner Olahan Tahu di Indonesia yang Kurang Dikenal, padahal Enak!

Namanya mengingatkan kita pada salah satu penyanyi wanita di Indonesia. Tahu mambo cukup populer di Kalimantan Barat. Olahan tahu ini tak lain adalah perkedel yang berbahan dasar tahu.

Bagi pencinta makanan pedas, biasanya tahu mambo diolah dengan tambahan irisan cabai rawit ke dalam adonan. Tahu mambo sendiri bisa dinikmati sebagai kudapan atau lauk tambahan saat makan.

3. Tahu jermal
6 Kuliner Olahan Tahu di Indonesia yang Kurang Dikenal, padahal Enak!

Tahu jermal sebenarnya merupakan usaha salah satu pedagang yang akhirnya menjadi bagian dari kuliner atau jajanan di Medan.

Tahu jermal umumnya berbentuk kotak yang dipotong kecil-kecil, dan disajikan dalam bentuk goreng. Ketika tahu matang, dilengkapi dengan guyuran saus kecap yang teksturnya sedikit padat dengan rasa pedas yang bikin keringat bercucuran.

4. Pempek tahu
6 Kuliner Olahan Tahu di Indonesia yang Kurang Dikenal, padahal Enak!

Pempek tahu sama seperti umumnya pempek yang disajikan dengan kuah cuko. Hanya saja, pempek ini memanfaatkan tahu kopong yang diisi dengan adonan pempek, kemudian digoreng kering.

5. Tahu jenglot
6 Kuliner Olahan Tahu di Indonesia yang Kurang Dikenal, padahal Enak!

Namanya memang sedikit menyeramkan, tapi rasanya bikin ketagihan terutama bagi kamu yang doyan makanan pedas.

Tahu jenglot seperti umumnya tahu goreng berbalut adonan tepung berisikan tumis wortel dan taoge yang dimasak dengan bumbu cabai.

6. Tahu kok
6 Kuliner Olahan Tahu di Indonesia yang Kurang Dikenal, padahal Enak!

Tahu kok khas Bangka punya kuah gurih yang rasanya nagih. Kuliner ini cocok sekali disantap saat cuaca sedang dingin atau hujan. Apalagi jika menambahkannya dengan sambal cabai, dijamin bikin lidah gak mau berhenti mengunyah.

Lalu, apa itu tahu kok? Tahu kok mirip dengan bakso yang berisikan irisan tahu, tahu isi adonan, dan bakso ikan. Supaya makin sedap, biasanya tahu kok disajikan dengan pakcoy, irisan daun bawang, dan bawang goreng.

Sedang berencana mengolah tahu supaya enggak melulu digoreng biasa? Sontek saja enam olahan tahu yang menginspirasi tadi.

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tahu sutra (絹漉し豆腐, kinugoshi tōfu). Tahu sutra lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan lebih lanjut, sehingga biasanya dikonsumsi mentah. Tahu secara umum dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takwa. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).